Home / Maklumat

Jumat, 12 Februari 2021 - 21:09 WIB

Wujudkan Transformasi Digital Inklusif, Pemerintah Target Peluncuran Satelit Troughput Tinggi SATRIA-1

Reporter : Alfa Kamila - Telah dibaca 213 kali

Sekjen Menkominfo Mira Tayyiba. Sumber Foto: kominfo.go.id.

Sekjen Menkominfo Mira Tayyiba. Sumber Foto: kominfo.go.id.

Jakarta, Progresnews.id – Kementerian Kominfo mengeluarkan Siaran Pers pada Selasa (9/2) yang berisikan bahwa pemerintah akan berkomitmen untuk mengikis kesenjangan akses internet dan literasi digital melalui transformasi digital inklusif. Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba meyakini bahwa melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) komitmen ini dapat rampung pada Tahun 2022.

Mira mengatakan bahwa Indonesia akan membangun masyarakat yang inklusif secara digital, lebih dari 83.000 desa di seluruh Indonesia akan terkoneksi jaringan 4G. Tak berhenti sampai di situ saja, pemerintah bahkan mencanangkan akan meluncurkan Satelit Troughput Tinggi SATRIA-1 pada kuartal ketiga Tahun 2023 mendatang. Nantinya satelit ini akan membantu mendukung sektor pendidikan, kesehatan, pertahanan, dan layanan publil dengan 501.000 titik akses internet di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Kepercayaan Masyarakat Menurun, Dewan Pers Tingkatkan Regulasi Media Masa Ke Media sosial

Selain itu untuk memperluas jaringan dalam hal ini, Sekjen Kominfo akan bekerja sama dengan sektor publik dan swasta mengenai pembangunan infrastruktur.

“UU Cipta Kerja 2020 Indonesia menjadi salah satu instrumen utama yang mendorong kerja sama untuk pembangunan, khususnya melalui sharing infrastruktur. Kami juga secara konsisten melaksanakan program kewajiban layanan universal (USO) untuk menopang pembangunan infrastruktur telekomunikasi di pelosok Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga:  Televisi Analog Akan Berakhir, Kominfo Dorong Digitalisasi Penyiaran

Sekjen Mira juga mengingatkan bahwa harus ada keseimbangan dalam berjalannya inklusif digital dan literasi digital di masyarakat. Menurutnya, transformasi digital bukan hanya soal infrastruktur fisik, tapi juga bagaimana teknologi ini dapat dirasakan oleh masyarakat secara inklusif dan humanis.

Share :

Baca Juga

Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch. Bangun. Foto: Youtube Google Indonesia.

Maklumat

Kepercayaan Masyarakat Menurun, Dewan Pers Tingkatkan Regulasi Media Masa Ke Media sosial
Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: Dok Humas Setkab)

Maklumat

Mendikbud Buka Satu Juta Peluang Bagi Guru Honorer Jadi PPPK