Home / Lamongan / Warta

Kamis, 22 April 2021 - 19:57 WIB

Wisata Soda Lamongan, Solusi Ngabuburit Aman di Masa Pandemi

Reporter : Adyad Ammy Iffansah

Suasana sore dan kegiatan lomba melukis di Wisata Soda, dengan menerapkan prokes ketat. Foto: Istimewa

Suasana sore dan kegiatan lomba melukis di Wisata Soda, dengan menerapkan prokes ketat. Foto: Istimewa

Lamongan, Progresnews.id — Komitmen majukan desa lewat ekowisata makin menggema, seperti tampak di Desa Tanggungprigel Kecamatan Glagah, Lamongan, yang tak henti-hentinya tawarkan potensi desa lewat Wisata Sogo Dayo (Soda).

Wisata alam khas pedesaan nan-apik dipadukan unsur edukatif pada bidang perikanan, membuat Wisat Soda dinilai bisa jadi lokasi rekomendasi ngabuburit yang wajib dikunjungi.

Kepala Desa Tanggungprigel, Hasif Mengungkapkan, Wisata Soda punya keunggulan dalam keindahan alamnya, mulai dari semburat senja di sore hari hingga rimbunnya suasanya alam yang ciamik.

“Protokol kami ketatkan di sini, sore biasanya pengunjung berdatangan, warga desa kami gerakan untuk berjualan, seperti arahan Bupati,”ungkapnya, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (22/4).

Baca Juga:  Ramai Didatangi Pemudik, Desa Pomahanjanggan Kewalahan Penuhi Kebutuhan Air Selama Libur Lebaran

Ia mengaku sejak bulan Ramadan pengunjung wisata makin banyak, meski didominasi warga sekitar desa.

“Karena sudah punya tempat wisata kami tinggal menambah ornamen biar makin menarik, tiap sore selalu jadi rujukan ngabuburit meski masih di dominasi warga lokal,” akunya.

Keberhasilanya menyulap telaga menjadi lokasi ekowisata itu menjadi daya tarik tersendiri, apalagi setelah Bupati mengarahkan untuk membuat taman tematik tiap desa, ia makin percaya diri wisata Soda bisa jadi solusi wisata aman nan nyaman dikunjungi saat pandemi.

Baca Juga:  Meski Ops Yustisi Digiatkan, Masih Ada Masyarakat Yang Tidak Disiplin

“Sebelum Ramadan pun kami ketatkan Prokes, saat dapat instruksi dari Bupati kami langsung buat pasar dadakan di lokasi wisata, inovasi juga kami hadirkan untuk menarik minat pengunjung seperti lomba melukis hingga fashion show,” jelasnya.

Kepala Dinas PMD Lamongan, Khusnul Yaqin
Kepala Dinas PMD Lamongan, Khusnul Yaqin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lamongan, Khunul Yaqin turut mengapresiasi upaya dari Desa Tanggungprigel dalam menungkatkan pendapatan desa melalui wisata.

“Disana sudah punya tempat keren, tinggal eksekusi, inovasi-inovasi yang di gagas sang kadeng juga cukup solutif,” ucap Khusnul saat ditemui Progresnews.id beberapa waktu yang lalu di Kantor DPMD Lamongan.

Share :

Baca Juga

Salah satu lokasi banjir di Lamongan, terlihat Kasi Tanggap Bencana BPBD sedang membangu warga yang motornya mogok. (Foto: Ammy)

Lamongan

Sempat Surut, Lamongan Kembali Dilanda Banjir, 62 Desa dari 5 Kecamatan Jadi Korbanya

COVID-19

Kantor Kepala Desa Semanding Lakukan Lockdown Usai Perangkat Desa Positif Covid-19

Olahraga

Mampu Atasi Perlawanan Atalanta, Juventus Juara Coppa Italia
Lokasi pertambangan yang makin meluas kearah timur, kegiatan terus dilakulam meski penambangan makin dekat dengan sumber air Mazoola. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Melihat Ganasnya Aktivitas Penambangan di Zona Wisata Yang Rugikan Lamongan
Kondisi saat ini nenek Mutiah.

Lamongan

Viral!! Video Nenek Tak Terurus di Lamongan Hebohkan Warganet, Begini Reaksi Pemdes Setempat
Pencanangan dan Vaksinasi pertama di Bojonegoro dilaksanakan di RSUD Sosodoro Djatikoesoemo, Kamis 28/1). Foto: Suhaili Fawwaz.

Bojonegoro

Pencanangan dan Vaksinasi Pertama, Bupati Bojonegoro Ajak Masyarakat Bersahabat dengan Situasi
Andriani Salman Wally dan Yessi dalam Podcast Perspektif Beritabaru.co "Keadilan Akses Perempuan Terhadap Informasi SDA", pada Rabu (24/3).

Nasional

KIP Papua Ajak Perempuan untuk Berani Bertanya
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Staf Ahli Menteri Bidang Energi Winarni Monoarfa saat mengikuti webinar Praktik Baik Ibu Bumi dalam mengelola hutan bertajuk Memperkuat Peran kelompok Perempuan dalam program Perhutanan Sosial Di Indonesia, Rabu (25/8).

Nasional

RPJMN 2020-2024, KLHK Tegaskan Komitmen Pembangunan Adil Gender