Home / Nasional / Warta

Jumat, 20 Agustus 2021 - 18:31 WIB

Wakil Bupati Fakfak: Sampai Kapanpun, Pala akan Menjadi Bagian dari Identitas Kami

Reporter : Progresnews

Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom saat menjadi pemateri seri 3 diskusi daring pengelolaan produk inovatif dengan tajuk Pala dan Budaya Fakfak yang menjadi bagian dari Program PAPeDA, Jumat (20/8).

Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom saat menjadi pemateri seri 3 diskusi daring pengelolaan produk inovatif dengan tajuk Pala dan Budaya Fakfak yang menjadi bagian dari Program PAPeDA, Jumat (20/8).

Jakarta, Progresnews.id – Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom menyatakan sampai kapanpun, pala akan menjadi bagian dari identitas masyarakat Fakfak Papua Barat serta berkomitmen untuk memberikan sarana penunjang dan fasilitas yang dibutuhkan untuk meningkatkan pengolahan buah pala.

Hal ini disampaikan Yohana dalam acara serial diskusi ketiga Festival Torang Pu Para Para ketiga bertajuk Pala dan Budaya Fakfak, Jumat (20/8).

“Pala itu melambangkan perempuan Fakfak. Oleh sebab itu Komitmen kami, kami akan jaga dan lindungi pohon pala sebagai identitas kami, dan kami kembangkan. Sampai kapanpun, pala akan menjadi bagian dari identitas kami,” tutur Yohana.

Komitmen tersebut diutarakan oleh Yohana khususnya agar masyarakat bisa mengembangkan pengolahan di bagian daging buah, sehingga tidak hanya bagian biji dan kulit buah pala.

“Selama ini, yang diolah oleh Mama-Mama Fakfak adalah bagian biji dan kulit buah pala. Dagingnya dibuang, padahal itu sangat bisa dimanfaatkan. Jadi, melalui komitmen penyediaan fasilitas ini, kami berharap masyarakat bisa melakukan pengembangan ke arah tersebut,” ungkap Yohana melalui Webinar yang ditemani oleh Al Muiz Liddinillah sebagai moderatornya ini.

Baca Juga:  IMB Bermasalah, RS Citra Medika Lamongan Diduga Banyak Kondisikan Pejabat Elektoral

Yohana menyebut, komitmen untuk mendukung usaha kecil buah pala oleh masyarakat ini sudah ia lakukan ketika menjabat sebagai Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop).

“Ketika masih di koperasi, saya juga selalu mendorong Mama-Mama untuk mengembangkan daging dari buah pala dan kami pun sudah memfasilitasi baik dari segi alat dan pelatihan sumber daya manusianya atau keterampilan,” katanya dalam acara yang juga ditayangkan melalui Youtube Asmat Papua Official, Youtube Beritabaruco, dan Facebook Beritabaru.co ini.

Meski demikian, Yohana menegaskan bahwa ke depan ia akan mencoba untuk melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, khususnya Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, untuk menunjang pengolahan pala di Fakfak.

Yang ia sasar adalah adanya fasilitas alat-alat untuk mengolah daging pala menjadi sirup, dodol, kerupuk, dan bahkan kecap. Selain, itu pelatihan juga harus tetap dilakukan untuk meningkatkan keterampilan mama-mama Fakfak, kata Yohana.

Baca Juga:  HPN ke-75, Gus Yani-Bu Min Ungkap Harapan Agar Pers Indonesia Anti Hoaks

Hingga hari ini, di luar gambaran pengembangan, Yohana masih menayangkan perihal pemasaran. “Pemasaran adalah pekerjaan rumah kita bersama. Sementara ini, pemasaran produksi pala masih secara internal dan karenanya kami juga sedang mencoba memperluas jaringan agar pemasarannya bisa keluar dan bahkan sampai ke luar negeri,” ungkapnya.

“Salah satu yang kami rencanakan adalah pengadaan semacam pameran berskala nasional untuk mempromosikan potensi pala Fakfak,” tambah Yohana dalam acara yang dihadiri pula oleh Mama Amina Ahek dari Koperasi Syangga dan Nikholas Djemris Direktur Gemapala sebagai narasumber.

Perlu diketahui, gelaran serial diskusi Festival Torang Pu Para Para ini menjadi bagian dari Program Pertanian Berkelanjutan di Tanah Papua (PAPeDA) yang diselenggarakan oleh Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK) dan didukung oleh The Asia Foundation (TAF).

Share :

Baca Juga

RSCM Lamongan yang dikritisi sejumlah LSM karena pelanggaranya dalam perijinan. Foto: Progresnews.id/Ammy.

Lamongan

Kebal Hukum? Kontroversi RS Milik Mantan Bupati Lamongan Disorot Sejumlah LSM

Tuban

Upgrade Kualitas Kader, Kartar Tuban Gelar Pelatihan Kepemimpinan
Penyanyi Indonesia Idol, Nowela Elizabeth Mikhelia Auparay dan Manager Program PUPUK Jawa Barat untuk Pengembangan Masyarakat Papua, Endang Sri Agustini saat menjadi pemateri dalam rangkaian acara Festival Torang Pu Para Para, Seri Podcast 2: Semangat Mengembangkan Produk Asli Papua!, Kamis (26/8).

Nasional

Saling Bergandengan Tangan, Kunci Sukses Mengembangkan Produk Papua

Pendidikan

Keputusan Bersama Tiga Menteri Terkait Penggunaan Atribut Keagamaan di Lingkungan Sekolah
Suasana evakuasi korban kecelakaan lalu lintas di pertigaan Deket. (Foto: Ammy)

Lamongan

Tewaskan Warga Lamongan, Sopir Truk Trailer Jalani Tes Urine dan Uji Kalayakan Kendaraan

Militer

HUT Satpam ke-40, Polres Tuban Gelar Tasyakuran
Massa FPI terliht mengendarai motor melalui Jalan Tol saat menjemput Habib Rizieq. Foto: Detik.com

Nasional

Massa FPI Kendarai Motor Lewat Jalan Tol Saat Jemput Habib Rizieq, Alasan Masih Dipertanyakan
Salah satu keluhan hasil survei kekerasan seksual pada jurnalis.

Nasional

Kekerasan Seksual Pada Jurnalis, Dewan Pers Beri Lampu Hijau Pembuatan SOP