Home / Nasional / Warta

Rabu, 28 April 2021 - 23:25 WIB

Usai Dilantik Menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim: Ini Kabar Gembira Bagi Universitas

Reporter : Alex

Menteri Nadiem Makarim saat konfrensi pers usai dilantik menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Foto: Setkab RI.

Menteri Nadiem Makarim saat konfrensi pers usai dilantik menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Foto: Setkab RI.

Nasional, Progresnews.id – Presiden Jokowi Widodo resmi melantik Menteri baru hasil resuffle kabinet Indonesia maju untuk masa sisa jabatan 2021-2024.

Diantara menteri baru yang dilantik adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek). Kementrian baru tersebut hasil penggabungan dua kementrian yang sudah ada, yakni Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementrian Riset dan Teknologi.

Usai dilantik dalam konfrensi pers, Nadiem mengatakan akan melaksanakan tugas barunya dengan baik dan hati nurani yang tulus.

Baca Juga:  PA 212 Pesimis Abu Janda Bakal Ditahan
Presiden Jokowi ketika melantik Menteri Baru hasil resuffle kabinet Indonesia maju, sisa masa jabatan 2021-2024. Foto : setkab RI.

Dalam pembukaan konferensi persnya, Nadiem mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas kepercayaan dan amanah yang diberikan untuk memimpin Kemendikbud Ristek.

Menurutnya, riset dan teknologi merupakan salah satu bidang yang dekat di hatinya. Ia mengatakan, dengan dileburnya Kemendikbud dan Kemenristek  menjadi kabar gembira bagi universitas.

“Karena sekarang dari sisi riset dan transformasi pendidikan ada di dalam satu kementerian, sehingga satu pintu dan rektor juga semakin mudah untuk bisa berkoordinasi dengan pemerintah pusat,” katanya.

Baca Juga:  AJI dan KSI Dorong Ekosistem Riset dan Kebijakan Berbasis Bukti, Bagaimana Peran Media?

Selain itu, Nadiem juga berharap agar kalangan akademisi bisa melahirkan penelitian-penelitian sebanyak mungkin.

“Kita ingin sekali begitu banyak, walaupun tridarma dan penelitian universitas itu ada di bawahnya Kemendikbud-Ristek, tetapi kami menginginkan sebanyak mungkin murid-murid kita mahasiswa-mahasiswa kita dan dosen-dosen kita melakukan penelitian dan melakukan program-program seperti Kampus Merdeka,” lanjutnya.

Share :

Baca Juga

Deddy Corbuzier Podcast. Foto : akun YouTube Deddy Corbuzier.

Nasional

Syech Ali Jaber Wafat, Deddy Corbuzier: Kita Kehilangan Sosok Luar Biasa Yang Mendamaikan
Plt. Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tuban, Didik Mukrianto.

Pilkada 2020

Lindra-Riyadi Menang Pilkada, Didik Mukrianto: Banyak PR yang Harus Diselesaikan

Nasional

Presiden Jokowi Lantik Menteri Baru
Nureza Dwi Anggraeni sebagai host bersama ratusan partisipan dalam webinar bertajuk Memperkuat Kolaborasi Pasar untuk Pengembangan UMKM di Tanah Papua, Jumat (27/8).

Nasional

Festival Torang Pu Para-Para: Kembangkan UMKM di Papua, Butuh Kolaborasi Lintas Pihak
Foto: Gema.id

Lamongan

Jelang Pergantian Musim, DPU-SDA Lamongan Siaga Cegah Kekeringan
Vaksinasi dosis kedua kepada tenaga medis di Puskesmas Mantup. Foto: Ammy.

COVID-19

Vaksinasi Tahap Pertama di Lamongan Ternyata Menyisakan 1900 Tenaga Kesehatan

Sepak Bola

Atalanta Imbang, Inter Milan Raih Scudetto
Cita Rasa Khas, Wingko Babat Lamongan Diajukan Untuk Miliki Hak Paten. Foto: Kumparan.

Lamongan

Cita Rasa Khas, Wingko Babat Lamongan Diajukan Untuk Miliki Hak Paten