Home / Nasional / Warta

Rabu, 28 April 2021 - 23:25 WIB

Usai Dilantik Menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim: Ini Kabar Gembira Bagi Universitas

Menteri Nadiem Makarim saat konfrensi pers usai dilantik menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Foto: Setkab RI.

Menteri Nadiem Makarim saat konfrensi pers usai dilantik menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Foto: Setkab RI.

Nasional, Progresnews.id – Presiden Jokowi Widodo resmi melantik Menteri baru hasil resuffle kabinet Indonesia maju untuk masa sisa jabatan 2021-2024.

Diantara menteri baru yang dilantik adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek). Kementrian baru tersebut hasil penggabungan dua kementrian yang sudah ada, yakni Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementrian Riset dan Teknologi.

Usai dilantik dalam konfrensi pers, Nadiem mengatakan akan melaksanakan tugas barunya dengan baik dan hati nurani yang tulus.

Baca Juga:  Pastikan Badan Ad Hoc Sehat, KPU Kembali Gelar Rapid Test
Presiden Jokowi ketika melantik Menteri Baru hasil resuffle kabinet Indonesia maju, sisa masa jabatan 2021-2024. Foto : setkab RI.

Dalam pembukaan konferensi persnya, Nadiem mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas kepercayaan dan amanah yang diberikan untuk memimpin Kemendikbud Ristek.

Menurutnya, riset dan teknologi merupakan salah satu bidang yang dekat di hatinya. Ia mengatakan, dengan dileburnya Kemendikbud dan Kemenristek  menjadi kabar gembira bagi universitas.

“Karena sekarang dari sisi riset dan transformasi pendidikan ada di dalam satu kementerian, sehingga satu pintu dan rektor juga semakin mudah untuk bisa berkoordinasi dengan pemerintah pusat,” katanya.

Baca Juga:  Selain Imported Case, Kemenkes Temukan Transmisi Lokal Omicron di Indonesia

Selain itu, Nadiem juga berharap agar kalangan akademisi bisa melahirkan penelitian-penelitian sebanyak mungkin.

“Kita ingin sekali begitu banyak, walaupun tridarma dan penelitian universitas itu ada di bawahnya Kemendikbud-Ristek, tetapi kami menginginkan sebanyak mungkin murid-murid kita mahasiswa-mahasiswa kita dan dosen-dosen kita melakukan penelitian dan melakukan program-program seperti Kampus Merdeka,” lanjutnya.

Share :

Editor : Alex

Baca Juga

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia (Sekjen Kemenag RI) Nizar Ali di Kantor Kemenag RI. Foto: Kemenag.go.id

Nasional

4 Dirjen Diberhentikan, Kemenag: Silahkan Gugat ke PTUN

Tuban

Peras Kepala Desa di Jenu, Oknum LSM Diringkus Polisi
Kantor Kememterian Agama Kabupaten Lamongan. Foto: Ammy.

Lamongan

Impikan Ibadah Haji, Keberangkatan 1.643 Calon Jamaah Asal Lamongan Terancam Terus Tertunda
Foto BPNT.

Gresik

Graduasi BPNT Tanpa Konfirmasi, Kepala Desa di Gresik Adukan Hal Ini ke TKSK
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. Foto: Setpres.

Nasional

Pemerintah Cabut Aturan Wajib PCR Untuk Penerbangan

Nasional

Gus Muhaimin: Pajak Pendidikan Bertentangan dengan Tugas Negara Mencerdaskan Kehidupan Bangsa
Ilustrasi: Irfan Hidayat/Progresnews.id.

Nasional

Program Food Estate Jokowi, KPA: Mirip Sistem Tanam Paksa
Ilustrasi: Irfan Hidayat/Progresews.id

COVID-19

Dorong Vaksinasi, Pemerintah Distribusikan 3 Tahap Vaksin Baru