Home / Nasional / Warta

Selasa, 10 Agustus 2021 - 22:09 WIB

Undang Puluhan Media, LeaN On dan BNPB Gelar Diseminasi Pembelajaran Komunikasi Covid-19 yang Setara

Reporter : Progresnews

Sesi foto bersama acara  diseminasi dan press briefing bertajuk Sinergi dan Pelibatan Aktif Kelompok Rentan Termarginalkan untuk Komunikasi Risiko dan Perlindungan Pandemi yang Setara secara daring yang diselenggarakan oleh Mercy Corps Indonesia dan BNPB, Selasa (10/8).

Sesi foto bersama acara diseminasi dan press briefing bertajuk Sinergi dan Pelibatan Aktif Kelompok Rentan Termarginalkan untuk Komunikasi Risiko dan Perlindungan Pandemi yang Setara secara daring yang diselenggarakan oleh Mercy Corps Indonesia dan BNPB, Selasa (10/8).

Jakarta, Progresnews.id – Sebagai inisiatif tambahan dari program INVEST DM, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang didukung oleh United State Agency for International Development (USAID) melalui program Empowering Access to Justice (MAJu) – The Asia Foundation (TAF), LeaN On mengadakan Diseminasi dan Press Briefing sebagai agenda terakhirnya pada Selasa (10/8).  

Acara yang dihadiri oleh Kontributor Public Health Pandemic Talks Pritania Astari, Isma Novitasari Yusadiredja dari CIRCLE Indonesia, Program Director Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) Egi Abdul Wahid, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Sistem Penanggulangan Bencana BNPB Robi Amri, dan Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana BNPB Agus Wibowo ini diadakan untuk menjembatani dukungan media dalam mengedukasi publik terkait penanganan pandemi COVID-19, khususnya program Tes, Telusur, dan Tindak lanjut (3T).    

Baca Juga:  Gus Jazil Usulkan UU ITE Dirombak Total, Transaksi dan Informasi Elektronik Dipisah

Salah satu isu yang dibahas dalam acara ini adalah vaksinasi yang tidak inklusif. Berdasarkan paparan Pritania Astari dari Pandemi Talks, vaksinasi yang tidak inklusif bisa berdampak pada kelangkaan vaksin.

“Ini disebabkan salah satunya oleh tidak adanya pembedaan data antara kelompok rentan dan yang biasa, sehingga distribusi vaksin terhambat. Dan pada akhirnya, ini berdampak pada kelangkaan vaksin,” ungkapnya dalam acara yang bertema ‘Sinergi dan Pelibatan Aktif Kelompok Rentan Termarginalkan untuk Komunikasi Risiko dan Perlindungan Pandemi yang Setara’ ini. 

Baca Juga:  Saling Bergandengan Tangan, Kunci Sukses Mengembangkan Produk Papua

Menurut Pritania, perhatian pada kelompok rentan seperti ini mendasar, karena mereka lemah baik secara ekonomi dan sosial, yang sebab itu mereka harus tetap bekerja meski pandemi, sehingga resiko terpaparnya tinggi.

Kontributor Public Health Pandemic Talks Pritania Astari saat memaparkan materi dalam acara  diseminasi dan press briefing bertajuk Sinergi dan Pelibatan Aktif Kelompok Rentan Termarginalkan untuk Komunikasi Risiko dan Perlindungan Pandemi yang Setara secara daring, Selasa (10/8).
Kontributor Public Health Pandemic Talks Pritania Astari saat memaparkan materi dalam acara  diseminasi dan press briefing bertajuk Sinergi dan Pelibatan Aktif Kelompok Rentan Termarginalkan untuk Komunikasi Risiko dan Perlindungan Pandemi yang Setara secara daring, Selasa (10/8).

“Dengan ungkapan lain, dengan beberapa langkah seperti menjadikan mereka prioritas, memberi mereka pendampingan melalui promotor, dan lantas memberi mereka kesempatan untuk terlibat, sebenarnya kita sudah mencegah penularan COVID-19,” tegas Pritania.

“Karena dengan begitu, mereka mau untuk lapor ketika merasakan gejala, sehingga tidak ada lagi istilahnya majikan tertular oleh ART. Karena ART sudah berkenan untuk melaporkan,” lanjutnya.

Share :

Baca Juga

Kondisi banjir di lamongan saat ini. (Foto: Progresnewsm.id/Ammy)

Lamongan

Rehabilitasi Sungai Bengawan Jero Ditarget 2022
Warga Desa Pomahanjanggan Kecamatan Turi Lamongan saat memperbaiki pipa penyalur air yang rusak. Foto : Istimewa

Lamongan

Ramai Didatangi Pemudik, Desa Pomahanjanggan Kewalahan Penuhi Kebutuhan Air Selama Libur Lebaran
Menteri Kesehatan Budi Gunadi dalam Webinar Vaksinasi Covid-19 yang bertajuk 'Peran Wanita Dalam Sukseskan Vaksinasi Covid-19 Mendukung Terwujudnya Ketahanan Keluarga' pada Senin (1/2).

Nasional

Sampaikan Dua Langkah Penting, Menkes Minta Bantuan Ibu-Ibu

Tuban

Ban Kempes, Dump Truck Terjun ke Jurang Sedalam 20 Meter
Sambut PTM, Pergunu Bungah Dukung Penuh Setiap Program LP Ma’arif

Daerah

Adakan Reformasi Pengurus, Sukri Ghozali Resmi Terpilih Menjadi Ketua Pergunu Bungah

Nasional

Gus Jazil Usulkan UU ITE Dirombak Total, Transaksi dan Informasi Elektronik Dipisah
PTM Terbatas, Ini yang Harus Diperhatikan Sekolah.

Nasional

Ini yang Harus Diperhatikan Sekolah Saat PTM Terbatas
Lokasi pertambangan yang makin meluas kearah timur, kegiatan terus dilakulam meski penambangan makin dekat dengan sumber air Mazoola. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Melihat Ganasnya Aktivitas Penambangan di Zona Wisata Yang Rugikan Lamongan