Home / Jendela / Pendidikan

Jumat, 5 Februari 2021 - 13:45 WIB

UN 2021 Resmi Dihapus, Ini Pengganti Syarat Kelulusan

Reporter : Ayu Fatmatuz Zahroh - Telah dibaca 29 kali

Ilustrasi Ujian Nasional. Sumber: Freepik.

Ilustrasi Ujian Nasional. Sumber: Freepik.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim resmi menetapkan bahwa Ujian Nasional ditiadakan. Tak hanya Ujian Nasional, namun beberapa pelaksanaan ujian lain juga ditiadakan seperti, Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah. Terkait penetapan tersebut, Nadiem mengeluarkan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Dalam Surat Edaran yang diterbitkan di Jakarta pada 1 Februari lalu tersebut menjelaskan bahwa Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kesetaraan untuk tahun 2021 ditiadakan. Maka dari itu, UN dan Ujian Kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan maupun untuk seleksi masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya. Adapun peserta didik dinyatakan lulus dengan menyelesaikan program pembelajaran pada masa Pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan hasil rapor ditiap semesternya. Serta perolehan nilai sikap atau perilaku minimal baik, dan juga mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan masing-masing.

Baca Juga:  Penerapan PPKM Gresik, STAIDA Tetapkan Sistem UAS Drive Thru

Untuk pelaksanaan Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan ini berbentuk portofolio yang berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap atau perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes secara luring atau daring, dan atau bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan. Begitupum dengan peserta didik penyetaraan, selain Ujian dari satuan pendidikan, peserta didik SMK dapat juga mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga:  Kemenkeu Tempatkan 1.014 Mahasiswa Lulusan PKN STAN di Kementrian, Lembaga dan Pemda

Sementara itu, untuk Ujian Kenaikan Kelas Nadiem menetapkan Ujian dilakukan dalam bentuk portofolio, penugasan, tes secara luring maupun daring, dan atau bentuk kegiatan lain. Ujian tersebut dimaksud untuk menggugah aktivitas belajar bermakna, dengan tanpa mengukur kentuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh.

Untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) seuai Permendikbud Nomor 1 tahun 2021 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Kemendikbud siapkan bantuan teknis untuk daerah yang memerlukan mekanisme PPDB secara daring.

Share :

Baca Juga

IAI Sunan Giri Dirikan Program Magister Pertama Di Bojonegoro

Daerah

IAI Sunan Giri Dirikan Program Magister Pertama Di Bojonegoro
Gus Jazil Sebut Manajemen Pendidikan di Era Pandemi Perlu Pembenahan Serius. Foto: adm.

Nasional

Gus Jazil Sebut Manajemen Pendidikan di Era Pandemi Perlu Pembenahan Serius

Nasional

Pendaftaran Kuota Internet Gratis Diperpanjang Kemendikbud
Kemendikbud Tanamkan Nilai Pancasila Saat PJJ

Nasional

Kemendikbud Tanamkan Nilai Pancasila Saat PJJ
KoPSI 2020 Kemendikbud digelar secara daring.

Nasional

Pandemi Bukan Halangan, KoPSI 2020 Kemendikbud Digelar Daring
Video Converence pemberian beasiswa Perguruan Tinggi kepada putra putri TNI-Polri oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

Nasional

Peringati Hari Pahlawan, BUMN dan PT SIG Berikan Beasiswa Pada Putra Putri TNI-Polri
Memasuki Era Keemasan Indonesia 2045, Universitas Terbuka Surabaya Beri Model Pembelajaran

Pendidikan

Memasuki Era Keemasan Indonesia 2045, Universitas Terbuka Surabaya Beri Model Pembelajaran
Para peserta menunjukkan hasil membatik saat mengikuti kegiatan pelatihan menulis batik, Sabtu 16 Oktober 2020. Foto: Mudzakkir/Progresnews.id.

Pendidikan

Semangat Lestarikan Batik, PAC IPNU IPPNU Panceng Adakan Pelatihan Batik Tulis