Home / Warta

Senin, 13 Desember 2021 - 10:39 WIB

Turun ke Jalan, BEM STAI Al Azhar Galang Donasi Untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Turun ke jalan, Badan Eksekutif Mahasiswa STAI Al Azhar Gresik galang donasi untuk korban erupsi Gunung Semeru Lumajang. Foto: Arif/Progresnews.id

Turun ke jalan, Badan Eksekutif Mahasiswa STAI Al Azhar Gresik galang donasi untuk korban erupsi Gunung Semeru Lumajang. Foto: Arif/Progresnews.id

Gresik, Progresnews.id – Dengan menenteng kotak dari kardus, sekelompok Mahasiswa memakai jas almamater warna hijau Army itu tak lelah bergerak. Dari satu tempat, ke tempat lainnya.

Berdiri di tengah keramaian. Pasang badan di bawah terik matahari, raut aktifis mahasiswa ini begitu riang. Beberapa anak muda itu dengan gesit menghampiri jendela mobil yang tiba-tiba terbuka lalu mengulurkan sejumlah uang kertas.

Sudah dua hari lalu, sejak 11 desember hingga 12 desember kemarin, puluhan Aktifis mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasisa (BEM) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Azhar Gresik ini turun jalan memetik kedermawanan pelintas kendaraan.

“Aksi penggalangan dana ini kerja sama seluruh elemen kampus mulai dari BEM, DMP, serta HMP Prodi PGMI, Ekonomi Syariah dan PIAUD dan mulai hari Sabtu kemarin di lanjut hari ini,” kata Presiden BEM STAI Al Azhar Menganti Gresik, Wachidul Qohar, Minggu (12/12).

Baca Juga:  Puasa Kedua di Masa Pandemi, Kemenag Lamongan Serukan Ngabuburit di Rumah Saja

Wachid menjelaskan, selama dua hari perolehan donasi yang terkumpul yakni sebanyak Rp 6,115,000. Dana tersebut sedianya akan disalurkan 100 persen untuk para korban erupsi Gunung Semeru Lumajang, Jawa Timur.

Presiden BEM STAI AL Azhar Gresik ini juga mengucapkan terima kasih kepada para dermawan dan pengguna jalan di wilayah Menganti, Driyorejo dan Kedamean. Ia juga bangga rekan-rekannya tulus ikhlas melakukan kegiatan tersebut.

Kemanusiaan. Para Aktifis mahasiswa STAI Al Azhar Gresik usai melalukan penggalangan dana untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Foto: Arif/Progresnews.id

Sementara itu, menanggapi aksi sosial tersebut Pembantu Ketua III Bagian Kemahasiswaan, Heri Prianto, mengapresiasimahasiswa yang tanggap dan peduli. Menurutnya penguatan kepedulian terhadap realitas sosial menjadi hal yang penting.

“Tentang pentingnya menanamkan karakter peduli sosial pada diri mahasiswa. Pengalangan dana dimulai pada setiap program studi dan aksi turun jalan dalam rangka membantu beban saudara kita yang terdampak bencana erupsi gunung Semeru di Lumajang, kami mengapresiasinya,” ujarnya.

Baca Juga:  Percepat Penyerahan PSU, Pemkab Gresik Gelar FGD

Ditambahkan, Mahasiswa sedianya memiliki mandat sosial yang tinggi. Sehingga, menurut Heri, energi positif dan sumber daya yang dimiliki tentu akan sangat ditunggu aksi nyatanya, seperti halnya bergerak menggalang donasi tersebut.

“Inilah tugas inti dari mahasiswa sebagai agent of change, membantu yang sedang membutuhkan tanpa mengenal rasa takut akan panasnya terik matahari dan derasnya air hujan. Sehingga munculnya karakter peduli sosial bukan menjadi hasil dari proses yang tepat,” pungkasnya.

Kendati telah sepuluh hari bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang berlalu, namun perhatian dan respon masyarakat Gresik dan sekitarnya terus mengalir. Hampir seluruh anak bangsa tergerak membantu warga yang terdampak bencana alam tersebut. [rif/dir]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Gresik

Sebanyak 27 Wartawan Ikuti UKW KWG Angkatan Pertama
Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi. Foto: foto: fk.ui.ac.id.

Nasional

CDC AS Sebut Indonesia Sebagai Negara Terendah Penularan Covid-19
Humas PT BKMS, Miftih Haris saat menyerahkan nota kesepahaman kepada Ketua Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin, Nawawi pada Selasa (21/12) di Universitas Qomaruddin. Foto: Ipunk/Progresnews.id.

Gresik

Tingkatkan Kualitas Ketenagakerjaan dan Kerohanian, YPP Qomaruddin dan PT BKMS Teken Nota Kesepahaman
Kepala Staff Kepresidenan RI, Moeldoko dalam Webinar Jurnalisme Berkualitas "Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan dan Penerbitan Pers Guna Menyehatkan Demokrasi di Tengah Gempuran Disrupsi Digital" pada Minggu, (7/2).

Nasional

Moeldoko Akui Lebih Takut Todongan Wartawan Daripada Senjata
Pidato Presiden Joko Widodo dalam rangka Laporan Tahunan Ombudsman di Istana Negara, Senin (8/2/2021). Foto: Sekretariat Kabinet.

Nasional

Jokowi Minta Dikritik, Pakar Kebijakan Publik: Cuma Pidato Normatif

Lamongan

Penyalagunaan Narkoba Masih Mendominasi kasus Kejahatan di Lamongan
Bappeda Litbang Provinsi Kaltara Ahmad Iqbal, Bappeda Litbang Kabupaten Tana Tidung Siti Aisyah dan pembawa acara Novita Kristiani dalam Podcast “Kepala daerah Penggagas Insentif Fiskal Berbasis Ekologi” seri ke-2 Transfer Anggaran Provinsi berbasis Ekologi (TAPE) Provinsi Kaltara, Selasa (28/9)

Warta

Belajar Inovasi Kebijakan TAPE dari Kalimantan Utara
Akhmad Roni saat dijumpai awak media usai berlangsungnya acara.

Gresik

Pengesahan Bupati-Wabup, KPU Gresik Pastikan Taat Prokes