Home / Pariwisata / Warta

Selasa, 19 Oktober 2021 - 19:59 WIB

Tradisi “Angkatan Berkat” di Pulau Bawean, Didorong Jadi Event Wisata Tradisi

Maulid Nabi. Antusiasme warga Pulau Bawean saat merayakan Kelahiran Nabi Muhammad Tradisi Angkatan Berkat (19/10). Foto: Chidir/Progresnews.id

Maulid Nabi. Antusiasme warga Pulau Bawean saat merayakan Kelahiran Nabi Muhammad Tradisi Angkatan Berkat (19/10). Foto: Chidir/Progresnews.id

Gresik, Progresnews.id – Perayaan yang menjadi tradisi warga masyarakat memang memiliki keunikan tersendiri. Di setiap wilayah, daerah, desa bahkan dusun, bentuk dan pelaksanaan tradisi memang beraneka rupa. Keragaman ini sekaligus menjadi kekayaan nusantara. Peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW, di Pulau Bawean Kabupaten Gresik misalnya, nampak digelar dengan sangat unik hingga menarik perhatian pengunjung.

Warga secara bergotong-royong melakukan penghormatan setinggi-tingginya atas peran dan jasa besar Nabi Muhammad SAW. Tidak sedikit warga masyarakat yang mengekspresikan dengan cara berbagi. Di Pulau Bawean membuat Berkat (bingkisan) yang berukuran raksasa sudah menjadi tradisi

Tak sedikit warga yang rela merogoh kocek hingga jutaan rupiah demi membuat Berkat berukuran raksasa. Pasalnya, isi dari Berkat itu terdiri dari aneka sembako, buah-buahan, serta hasil tangkapan laut. Semua dikemas dan dirias secara rapi hingga menjulang tinggi.  Di atas bingkisan itu dihiasi dengan bunga serta pecahan uang mulai dari Rp 1.000 sampai Rp 10.000.

Baca Juga:  Polres Lamongan Pastikan Anggota Pengaman TPS Bebas Covid-19

Lantaran bobotnya yang sangat berat, tak heran untuk membawa Berkat ini dari rumah menuju ke Masjid atau Musala. Rangkaian pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad sendiri digelar sejak pagi hingga siang hari. Usai melantunkan dzikir, shalawat nabi secara berjamaah, warga juga mendengarkan Tausiyah. Berkat lantas dibagikan kepada warga dengan pengundian. Hal ini biasa dilakukan penyelenggara demi menghindari perebutan.

Berderet. Sejumlah warga melihat-lihat Angkatan Berkat yang tertata berderet-deret di serambi Masjid Sangkapura, Bawean (19/10). Foto: Chidir/Progresnews.id

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani), yang hadir di tengah tradisi Angkatan Berkat menilai bahwa Tradisi Maulid Nabi Muhammad di Pulau Bawean patut dilestarikan dan didukung. Bahkan di tahun depan, Gus Yani berjanji akan mengajak serta seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk dapat menyaksikan budaya yang sudah berjalan sejak lama.

Baca Juga:  Mendikbud Pastikan Dana BOS Papua Barat Meningkat 30 Persen di Tahun 2021


“Meski kita berada pada era digitalisasi, tradisi Angkatan Berkat bisa dijadikan promosi wisata budaya selain wisata alam di Pulau Bawean,” kata Gus Yani, saat di sela-sela berlangsungnya iven religi, Selasa (19/10), di Alun-alun Sangkapura Bawean Gresik.

Sementara Takmir Masjid Masjid Sa’adatuddarain Alun-Alun Sangkapura, R Ali Masyhar menjelaskan, Angkatan Berkat ini dibagikan menurut nomor urut yang telah ditentukan oleh panitia Masjid Sa’adatuddarain.

“Setiap tahun peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pulau Bawean sangat meriah, dan ini sangat pas karena dihadiri juga oleh Bupati Gresik,” tutupnya.

Share :

Editor : Achmad Chidir Amirullah

Baca Juga

Gerilya Vaksinasi di Lamongan Dinilai Efektif

Lamongan

Gerilya Vaksinasi di Lamongan Dinilai Efektif
Ilustrasi: Freepik.

Pendidikan

Mendikbud Putuskan Tetap Menjatah Kuota Gratis Pada Maret Mendatang
Vaksin Covid-19 tiba di Puskesmas Gaji dengan pengawalan ketat aparat gabungan TNI dan Polri, Kamis (28/1).

COVID-19

Dinkes Tuban Distribusikan 1.307 Vaksin Bagi Tenaga Kesehatan di Tuban
Kepala Dinas Sosial Lamongan, Mohammad Kamil. (Foto: Ig. Dinsoslamongan)

Lamongan

Kemensos RI Hentikan Santunan Bagi Korban Covid-19, Jatah 54 Pengaju Asal Lamongan Belum Cair

COVID-19

PMI Tuban Siap Terima Donor Plasma Konvalesen dari Penyintas Covid-19
Gusnadi saat memberikan sambutan di sela-sela acara Musncab DPC PDIP Lamongan. Foto : Ammy.

Lamongan

Kisruh Elit Memanas, Loyalitas DPC PDIP Lamongan Bikin Merinding
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam Keterangan Pers Evaluasi PPKM 15 November 2021. Sumber Foto: setkab.go.id.

COVID-19

Evaluasi PPKM, Menkes Siapkan 276 Juta Dosis Vaksin
Salah satu spot warung pedagang di area lokasi Wisata Pantai Kutang. Foto: Nasih/Progresnews.id.

Ekonomi

Pengunjung Pantai Kutang Mulai Ramai, Jadi Berkah Pedagang di Masa Pandemi