Home / Nasional / Warta

Senin, 8 Februari 2021 - 19:11 WIB

Tiga Pesan Penting M. Nuh Untuk Insan Pers Indonesia

Ketua Dewan Pers memberi sambutan pada Konvensi Nasional Media Masa

Ketua Dewan Pers memberi sambutan pada Konvensi Nasional Media Masa "Pers Nasional Bangkit dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 & Tekanan Disrupsi Digital", pada sesi pertama, Senin (8/2).

Jakarta, Progresnews.id – Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh menyampaikan tiga pesan penting untuk keberlangsungan pers Indonesia dan Hari Pers Nasional dalam acara Konvensi Nasional Media Masa “Pers Nasional Bangkit dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 & Tekanan Disrupsi Digital”, pada sesi pertama, Senin (8/2).

M. Nuh mengatakan, saat ini adalah waktu yang tepat untuk insan pers berkontemplasi mengenai kondisi saat ini. Semua pihak berhak memberi makna apapun mengenai pandemi Covid-19 ini, namun ia menekankan tiga pesan untuk insan pers.

Pertama, media dan insan pers harus mulai bergerak mengikuti perkembangan digital. Sebenarnya perubahan ke era digital sudah dimulai sejak 20 tahun lalu, semua bidang membutuhkan teknologi.

Baca Juga:  Konvensi Nasional Media Massa, Menkominfo Beri Dorongan Kepada Insan Pers

“Tapi ya itulah ciri khas kita, kalau taruhannya sudah dengan hidup dan mati, baru mau berubah. Pandemi ini mendesak selain pada kebiasaan baru, juga untuk menerapkan digital dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Kedua, pentingnya insan pers untuk membangun kekuatan. Meskipun ini fenomena kesehatan, namun semua bidang terkena dampaknya. Maka kekuatan yang ada dalam diri harus ditambah terus. Ketua Dewan Pers juga mengucapkan terima kasih kepada insan pers, karena terus menggelorakan optimisme dan empati kemanusiaan.

Baca Juga:  Penderitaan Warga Berlanjut, Banjir Susulan Kembali Genangi Kecamatan Turi Lamongan

Ketiga, adalah pentingnya kerukunan. Maka insan pers harus tetap mengedepankan kecerdasan dalam menyajikan berita. Substansi atau muatan sangat penting agar mencerdaskan publik. Jika hal ini tidak diutamakan, maka akan malah membodohi.

Selain itu, ia juga menyebut bahwa pers adalah pilar demokrasi, maka tentulah negara harus hadir dan bersama-sama saling membangun. Dan pers tetaplah untuk memberi kritik dan saran sosial, ia juga berharap semoga pers semakin jaya dan demokrasi semakin berkualitas.

Share :

Editor : Alfa Kamila

Baca Juga

Presiden Joko Widodo memberikan arahan pada acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, Senin, 29 November 2021. Foto: BPMI Setpres/Lukas

Warta

Jokowi Tekankan APBN 2022 Harus Wujudkan Aksi Nyata Komitmen Hijau
Suasana bakti sosial kepada warga. Foto: Ivan/Progresnews.id.

Lamongan

Salurkan Bantuan Sambil Gowes, Kodim 0812 Lamongan Ungkap Rasa Syukur Terselenggaranya HUT TNI
Salah satu lokasi banjir di Lamongan, terlihat Kasi Tanggap Bencana BPBD sedang membangu warga yang motornya mogok. (Foto: Ammy)

Lamongan

Sempat Surut, Lamongan Kembali Dilanda Banjir, 62 Desa dari 5 Kecamatan Jadi Korbanya
Deputi Pembangunan Ekonomi Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Ahmad Erani Yustika saat menjadi penanggap dalam Market Gathering bertajuk Membangun Kolaborasi Pasar UMKM bersama “ASMAT”, Selasa (24/8).

Nasional

Deputi Setwapres Apresiasi Pengembangan Komoditas Lokal Papua
Peluncuran Mobil Sehat LAZISNU Wonokerto, Kecamatan Dukun Gresik dilakukan oleh Rais Syuriah MWCNU Dukun, KH Ahmad Toyib Mas’udi bersama Ketua LAZISNU Wonokerto, Harun Arrosyid, pada Jumat (19/11). Foto: LAZISNU Wonokerto/Progresnews.id

Warta

Belajar dari Pandemi, LAZISNU Wonokerto Kini Miliki Mobil Sehat
Staf Data dan Riset dari Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran Provinsi Riau (Fitra Riau), Aksiza Utami Putri saat menjadi narasumber dalam Seri 1 Podcast Kepala Daerah Penggagas Insentif Fiskal Berbasis Ekologi, TAKE Kabupaten Siak, Selasa (21/9).

Nasional

FITRA Riau Dorong Penerapan TAKE Sebagai Inovasi Kebijakan

Nasional

Dosen Polteknaker ; Siswa mengalami Shock Culture
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani dalam menyampaikan Keterangan Pers yang diterima Parlementaria, Jum'at (31/12). Foto: dpr.go.id

Warta

Maraknya Kasus Kekerasan Seksual, Puan Maharani: DPR Segera Selesaikan RUU TPKS