Tak Hanya Untuk Umum, BMT Mekah Barokah Bantu Atasi Kesulitan Mahasiswa

Tak Hanya Untuk Umum, BMT Mekah Barokah Bantu Atasi Kesulitan Mahasiswa.
Tak Hanya Untuk Umum, BMT Mekah Barokah Bantu Atasi Kesulitan Mahasiswa. Foto:Progresnews.id/Alfa Kamila

BOJONEGORO – BMT Mekah Barokah adalah sebuah koperasi yang dibentuk oleh jajaran dosen dari Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro. Tujuan utama koperasi ini didirikan atas dasar melihat keresahan para mahasiswa khususnya di IAI Sunan Giri, sebab masih banyak dari mereka yang belum punya laptop dan hp, mengingat saat ini segala kebutuhan perkuliahan disampaikan secara daring.

Para mahasiswa yang merasa kekurangan dapat mengambil program ‘Pembiayaan Murobahah’ di BMT Mekah Barokah. Dengan sistem jual beli, yang kemudian dapat dicicil sesuai akad yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak.

Saat ditemui di kampus IAI Sunan Giri pada selasa (22/09/20), Miftahul Mufid selaku Manager BMT Mekah Barokah sekaligus dosen ini menjelaskan bahwa, BMT Mekah Barokah ini juga merambah ke pasaran. Agar masyarakat mulai terbiasa menabung dan menghindari adanya kebiasaan mengambil pinjaman kepada ‘Bank Titil’. Menabung di BMT Mekah Barokah sangatlah mudah, para anggota (sebutan untuk nasabah), tak perlu repot-repot datang ke kantor untuk menabung, hanya perlu duduk di rumah dan pengelola BMT akan datang setiap hari untuk mengambil tabungan.

“Kami juga ingin mengedukasi para anggota bahwa koperasi ini berbasis syariah serta menjelaskan kepada mereka tentang bagaimana dan seperti apa seharusnya koperasi berjalan sesuai syariat yang ada,” tambahnya.

Para pengelola BMT ini sendiri juga berlatar belakang pendidikan syariah, yang sebagian adalah lulusan dari IAI Sunan Giri, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES). BMT Mekah Barokah memastikan bahwa semua pengelolanya tau dan paham mengenai hukum-hukum syariah, sehingga BMT ini bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Koperasi yang terletak di Jl. Pemuda, No. 70 Bojonegoro ini juga memberikan keuntungan kepada para anggotanya. Anggota yang tabungannya sudah mencapai tiga juta lebih, akan mendapat souvenir dari pihak BMT sebagai wujud terima kasih telah percaya pada BMT Mekah Barokah ini.

Kontributor: Alfa Kamila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.