Home / Nasional / Warta

Kamis, 18 November 2021 - 12:15 WIB

Sudah Ambruk Sejak 2020, Garuda Indonesia Perlu Skema Bisnis Baru

Faisol Riza. Foto: Twitter @masfaisolreza

Faisol Riza. Foto: Twitter @masfaisolreza

Jakarta, Progresnews.idKetua Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Faisol Riza menekankan pentingnya menyusun skema bisnis baru secara komprehensif guna menyelamatkan PT Garuda Indonesia.

Hal itu disampaikannya dalam gelar wicara Bercerita ke-73 melalui Instagram Beritabaru.co pada Rabu (17/11) dengan tema “Menyelamatkan Nasib Garuda Indonesia.”

Faisol mengungkapkan, masalah Garuda Indonesia sudah ada sejak sebelum pandemi.

“Garuda sudah parah sebelum memasuki 2020 karena kewajiban Garuda terhadap lessor terlalu tinggi dari kemampuan Garuda untuk create laba. Ini menyebabkan Garuda terus-menerus memiliki beban yang nggak pernah berhenti atau selesai,” terangnya.

Hantaman pandemi Covid-19 turut meluluhlantakkan industri penerbangan menjadi sektor yang terpuruk dan kehilangan pendapatan hingga 99%. Pada kuartal pertama tahun 2020, BPS mencatat adanya penurunan drastis penumpang penerbangan sebesar 98,3%.

Garuda Indonesia juga disebut menderita rugi sebesar USD712 juta atau 10,34 triliun pada Semester I tahun lalu. Angka tersebut belum termasuk hutang Garuda yang menyentuh angka USD9,75 miliar atau setara Rp138,45 triliun.

Baca Juga:  Gus Yani Berharap OPD Responsif Terhadap Digitalisasi dan Potensi Anak Muda Gresik

Fasiol pun setuju bahwa Garuda Indonesia sudah sekarat. Namun belum ada kepastian langkah untuk menghentikan kerja BUMN tersebut.

“Menutup BUMN tidak semudah yang kita bayangkan. Ada proses yang begitu panjang. Sekarang ini ada lebih dari 40 BUMN kondisinya sekarat,” ujarnya.

Sokongan pemerintah untuk Garuda

Setelah terdampak pandemi, pemerintah memutuskan memberikan pinjaman kepada Garuda Indonesia senilai 8 Triliun yang menurut Faisol cukup untuk memperpanjang umur maskapai penerbangan tersebut.

Restrukturisasi yang direncanakan guna mengangkat Garuda Indonesia dari jurang pailit pun sudah dilakukan. Faisol mengatakan, langkah-langkah restrukturisasi sudah berjalan dengan bagus.

Lebih dari itu Faisol menitikberatkan solusi yang urgen dilakukan Garuda Indonesia adalah untuk bernegosiasi dan menentukan skema bisnis baru.

Baca Juga:  Dukung Pemerintah Kebut Herd Immunity, DMI Gresik Sebar 3000 Vaksin

“Yang penting bagaimana lessor bisa dikurangi,” imbuhnya.

Negosiasi lancar bersama lessor danharapan kenaikan penerbangan pasca-pandemi merupakan peluang yang dilihat Faisol dapat menjadi harapan hidup bagi Garuda Indonesia.

Skema “New Garuda”

Dalam acara tanya-jawab tersebut, Faisol memberikan pandangannya mengenai apa yang perlu dinomorsatukan oleh Garuda Indonesia.

“Paling penting ke depan, Garuda punya skema yang selalu saya sebut ‘New Garuda.’ Apa yang mau dilakukan dengan Perusahaan Garuda, jangan dibiarkan bertele-tele, kita tidak mau nasibnya seperti Merpati,” tandasnya.

Ia menganggap, menyelamatkan Garuda Indonesia bukan langkah yang sulit karena pemerintah telah memiliki insrumen untuk melakukan pertolongan. Masalahnya, apakah pemerintah sudah menyusun dan yakin dengan skema bisnis yang baru?

“Garuda dengan skema business to business masih bisa berjalan dengan kondisi tidak sesehat sebelumya tapi tetap bisa optimis,” ujar Faisol.

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Rapat koordinasi Operasi Lilin Semeru 2020 di Mapolda Jatim, Selasa (15/12).

Nasional

Antisipsi Kerawanan di Nataru, Polda Jatim Gelar Operasi Lilin Semeru

Nasional

Ibadah Haji Bakal Digelar Terbatas, Gus AMI Minta Pemerintah Aktif Komunikasi dengan Arab Saudi
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: perpustakaan.kpk.go.id.

Nasional

KPK di Bawah Komando Firli, ICW: Kami Beri Nilai E
Forum webinar dengan pembahasan Seni Thak-Thakan dari Desa Kenanti yang diikuti oleh Dosen Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang, Dr. Robby Hidajat, M.Sn.

Hiburan

Seni Thak-Thakan dari Tambakboyo yang Menyita Perhatian Budayawan Malang
Webinar Online pendidikan anti korupsi, Foto: Hidayah Nur Komariyah/Progresnews.id

Nasional

Tertib Aturan Pancasila, Generasi Muda Berusaha Membasmi Korupsi

Olahraga

Mampu Atasi Perlawanan Atalanta, Juventus Juara Coppa Italia
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar

Nasional

Pendaftaran Pilkada 2020, Kemendagri: Aparat Harus Tertibkan Massa

Pupuk

Tahun 2021, Harga Pupuk Subsidi Mengalami Kenaikan