Home / Gresik

Jumat, 20 Agustus 2021 - 06:14 WIB

Stok Darah Menipis, BAMAG Gresik Gelar Donor Darah

Reporter : Progresnews

Stok Darah Menipis, BAMAG Gresik Gelar Donor Darah

Stok Darah Menipis, BAMAG Gresik Gelar Donor Darah

Gresik, Progresnews.id.– Besarnya kebutuhan darah serta menipisnya stok di rumah sakit, direspon oleh Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG) Kabupaten Gresik. Mereka menggelar aksi donor darah, pada Kamis (19/08/2021), di RS Eka Husada Kecamatan Menganti.

Puluhan orang nampak antusias dalam aksi sosial donor darah yang digelar BAMAG Gresik. Setelah mendonorkan darahnya, peserta menikmati kudapan makanan yang telah disajikan Warteg Gratis Jatim.

Ketua Umum BAMAG Gresik, Royke Willem David mengatakan, pihaknya bersyukur dapat kembali menggelar kegiatan sosial donor darah. Adapun latar belakang dari bakti sosial ini, karena stok darah di PMI menipis hingga BAMAG merasa perlu untuk memberikan dukungan.

“Kami mendengar akhir-akhir ini stok darah memang sedang menipis. Maka dari itu kami ingin bantu sesama dengan gerakan ini. Sebalumnya juga kami menggelar kegiatan serupa, antusias peserta juga banyak,” katanya.

Baca Juga:  Riuh Masyarakat Gresik Utara Sambut Pasangan Niat

Ditambahkannya, kegiatan ini hasil kolaborasi dari berbagai elemen organisasi masyarakat. Dia berharap ke depan agar bisa bermanfaat untuk sesama.

Selain donor darah, Royke menyatakan organisasinya juga aktif memberikan suplai makanan ke masyarakat yang tengah isolasi mandiri di rumah.

“Di era pandemi ini kami tidak diam. Tentunya saling membantu sesama,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama RS Eka Husada Menganti, dr Indrawati menambahkan bahwa sejak beberapa bulan terakhir rumah sakit tengah membutuhkan stok darah. Maka dari itu, dirinya mendukung aksi yang digelar BAMAG.

“Selama ini Bamag ke RS Eka Husada kerjasama dalam menyuplai stok darah. Semoga ini berlanjut. Memang, akhir-akhir ini permintaan darah tinggi, misalnya untuk pasien Anemia dan lain sebagainya,” ujarnya.

Baca Juga:  Raih Penghargaan Internasional, Setigi Disebut-sebut Setara dengan Borobudur

Sementara itu, Wakapolres Gresik, Kompol Eko Iskandar, yang turut hadir dalam kesempatan itu sangat mengapresiasi donor darah kali ini. Menurut dia, keberagaman yang ada di Indonesia harus terus dipelihara.

Melalui kegiatan ini, Kompol Eko berkata dapat mempererat persatuan antar umat beragama. Selain itu, tentu dapat bermanfaat untuk kepentingan sosial.
“Tentu kami mengapresiasi, ini upaya agar stok darah dalam membantu sesama,” ucapnya.

Kompol Eko berpesan, dalam situasi pandemi seperti ini protokol kesehatan harus terus dilakukan. Upaya menjaga 5-M harus terus disosialisasikan ke masyarakat.

Kendati saat ini Gresik zona oranye, dirinya meminta agar upaya vaksinasi terus digelar dan masyarakat bisa mengikutinya. “Imbauan kami kuncinya jangan lepas 5M, 3T terus dimasifkan dan melakukan vaksinasi,” tutup Eko.

Share :

Baca Juga

Vaksinasi menyasar di rumah ibadah, Masjid Agung Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik (25/9). Foto : Chidir

COVID-19

Dukung Pemerintah Kebut Herd Immunity, DMI Gresik Sebar 3000 Vaksin
Fandi Akhmad Yani saat mengikuti webinar Beritabaru.co, Selasa (9/2).

Gresik

Pengembangan Pendidikan Melalui APBD Berbasis Manut Kiai
MWC NU Balongpanggang bagi-bagi sembako

Gresik

Kembali Terendam Banjir, MWC NU Balongpanggang Bagi-bagi Sembako
Gus Yani dan Bu Min.

Daerah

Bupati Gresik Gus Yani dan Wabup Bu Min, Resmikan Klinik Pratama Muslimat NU Bungah
Surat penundaan PTM dengan Nomor: 360/987/437.96/2020 tertanggal 30 Desember 2020 yang ditandatangani oleh Wakil Bupati Gresik, Dr. H. Moh Qosim, M.Si.

COVID-19

Kasus Covid-19 di Gresik Kembali Tinggi, Pembelajaran Tatap Muka Ditunda

Gresik

Dikukuhkan, PC IPNU-IPPNU Gresik Fokus Kembangkan SDM Kader

Gresik

Dai dan Mubaligh di Gresik dapat Vitamin dan Masker dari MUI

Daerah

Peringati Harlah Ke-92, LP Maarif NU Gresik Gelar Doa Bersama dan Potong Tumpeng