Home / Nasional / Warta

Rabu, 29 Desember 2021 - 18:53 WIB

Serah Terima Jabatan Mabes Polri, Listyo Minta Polisi Sigap Hadapi Bencana

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Irjen Pol Rusdi Hartono (tengah) menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam acara Serah Terima Jabatan dan Korp Raport di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/12). Foto: /instagram/Divisi Humas Polri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Irjen Pol Rusdi Hartono (tengah) menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam acara Serah Terima Jabatan dan Korp Raport di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/12). Foto: /instagram/Divisi Humas Polri.

Jakarta, Progresnews.id – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan amanat dalam acara serah terima jabatan pejabat utama Mabes Polri serta sejumlah kapolda, di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/12). Salah satunya mengenai kesigapan personel Polri dalam menghadapi bencana di daerah masing-masing.

Amanat tersebut disampaikan oleh Irjen Pol Rusdi Hartono selaku Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri setelah kegiatan serah terima jabatan serta Korp Raport kenaikan pangkat perwira tinggi Polri.

“Masalah bencana, seperti longsor, banjir, gempa bumi, erupsi gunung merapi dan lainnya, Polri harus menyiapkan setiap sumber daya yang dimiliki dalam upaya penanganan bencana alam itu sendiri di masing-masing daerah,” kata Rusdi dalam acara Sertijab tersebut sebagaimana disiarkan akun instagram Divisi Humas Polri, Rabu (29/12).

Baca Juga:  Jelang Pendidikan Non Formal, Pramuka Unisla Tetap Produktif di Tengah Pandemi

Rusdi menegaskan, amanat Kapolri harus benar-benar ditindaklanjuti oleh seluruh jajaran Polri yang berada di wilayah, terlebih Indonesia saat ini memasuki musim penghujan, yang mana bencana alam longsor, banjir, dan lainnya berpotensi terjadi.

Kemudian, Rusdi juga menjelaskan sumber daya yang dimiliki harus dipersiapkan dengan matang, supaya personel Polri dapat sigap dalam melakukan penanggulangan bencana di wilayahnya masing-masing.

“Sehingga, Polri benar-benar cepat tanggap dan cepat sigap dalam penanganan bencana yang terjadi,” tegas Rusdi.

Diketahui, Polri telah terlibat dalam penanggulangan bencana yang terjadi di Tanah Air. Seperti letusan Gunung Semeru, Tim DVI Polri turut membantu mengidentifikasi korban yang meninggal dunia.

Baca Juga:  Puncak Hari Perempuan Sedunia, The Asian Foundation Tampilkan Testimoni Lima Pemimpin Perempuan

Polri memiliki rencana kontijensi yang akan berlaku selama satu tahun. Dalam kontijensi tersebut terdapat tiga operasi, yaitu Operasi Aman Nusa I penanganan konflik sosial, Operasi Aman Nusa II penanganan bencana, dan Operasi Aman Nusa III penanganan terorisme.

Operasi Aman Nusa II, Polri telah mempersiapkan personel dan peralatan yang dibutuhkan untuk membantu penanggulangan bencana yang terjadi di wilayah-wilayah.

Ketika Operasi Aman Nusa II diberlakukan, personel Polri di wilayah akan melakukan inventarisir dampak bencana, data korban bencana, serta menginventarisir kebutuhan apa saja yang diperlukan dalam penanggulangan bencana tersebut. (irf)

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Tersangka tertunduk malu saat dilakukan konfernsi pers di mapolres Lamongan.

Lamongan

Lancarkan Aksi Tipu-Tipu Hingga Raup Untung Rp4,1 Milyar, Tuan Tanah di Lamongan Ditangkap di Jawa Barat
Ilustrasi: Irfan Hidayat/Progresnews.id.

Nasional

Program Food Estate Jokowi, KPA: Mirip Sistem Tanam Paksa
Momentum saat kemenag bersama unsur organisasi maupun lembaga islam menantikan Rukyatul hilal di Pantai Tanjung Kodok Lamongan. Foto : Progresnews.id/ Ammy.

Lamongan

Detik-detik Munculnya Hilal di Tanjung Kodok Lamongan
BMI Beri Apresiasi Atas Kesuksesan Kongres IMDI Pertama

Nasional

BMI Beri Apresiasi Atas Kesuksesan Kongres IMDI Pertama
Inassabihah moderator beritabaru.co dan Widi Arsanti Kepala Pusat Pendidikan Pertanian – BPPSDMP dalam Podcast Petani Milenial seri I, Senin (25/10).

Nasional

Dengan Passion, Petani Punya Potensi yang Luar Biasa

Lamongan

Banjir Luapan Anak Bengawan Solo Meluas Ke Pemukiman Warga Di Lamongan
Menteri Kesehatan Budi Gunadi. Foto: Persi.or.id

COVID-19

PKK Bisa Ubah Disiplin Prokes, Menkes: Apa Sih Yang Ditakuti Suami Selain Istri?
Kondisi banjir di lamongan saat ini. (Foto: Progresnewsm.id/Ammy)

Lamongan

Rehabilitasi Sungai Bengawan Jero Ditarget 2022