Home / Pendidikan / Warta

Kamis, 16 Desember 2021 - 14:42 WIB

Semula Jadi Buah Bibir, Atis Mahasiswi Gresik Malah Berhasil Sabet Penghargaan Diklatpimnas II 2021

Awalnya Jadi Buah Bibir, Atis Mahasiswi STAI Al Azhar Gresik Malah Berhasil Sabet Penghargaan Diklatpimnas II 2021. Foto: Arif/Progresnews.id

Awalnya Jadi Buah Bibir, Atis Mahasiswi STAI Al Azhar Gresik Malah Berhasil Sabet Penghargaan Diklatpimnas II 2021. Foto: Arif/Progresnews.id

Gresik, Progresnews.id – Hadirnya pelatihan yang diluncurkan oleh Kementerian Agama di bawah naungan pendidikan tinggi islam (Dikti), yakni Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Nasional (Diklatpimnas) ke II 2021, menjadi salah satu kunci mempersiapkan kader pemimpin di masa depan.

Dalam penyelenggaraan Diklatpimnas ke II tahun 2021 ini, sedianya 80 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di bawah Dikti terlibat.

Acara terbagi menjadi dua babak, mulai pada 6-12 Desember secara daring (zoom meeting), kemudian berlanjut pada tanggal 14-16 Desember 2021 secara luring melalui proses penjaringan peserta dengan tugas dan absensi minimal 90 persen.

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Azhar Gresik, menjadi salah satu kampus yang tidak pernah absen mengirim perwakilan. Kali ini, yang diutus yakni Atis Nikmatul Umah, seorang Mahasiswi dari Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) semester 5.

Baca Juga:  Tak Menampik Perdebatan, Dubes Uni Eropa Bantah Larangan Ekspor Minyak Kelapa Sawit Indonesia

Kendati demikian, munculnya nama Atis menjadi tantangan tersendiri. Sosoknya sebagai perwakikan perempuan pertama yang mewakili STAI Al Azhar Gresik dalam agenda Diklatpimnas II 2021, menjadi buah bibir.

Namun menanggapi hal itu, Ketua III Bagian Kemahasiswaan, Heri Prianto menjelaskan bahwa didelagasikannya mahasiswa perempuan bukan menjadi kelemahan, namun ini membukti bahwa semuanya mempunyai hak yang sama untuk mewakili kampus di kancah nasional.

“Kami selaku jajaran pimpinan kampus STAI Al Azhar Menganti terus memberikan pelayanan dan ruang gerak yang sama kepada seluruh mahasiswa,” tutur, Kamis. (16/12)

Buktinya, imbuh Heri, Atis muncul sebagai peraih penghargaan Diklatpimnas II tahun 2021 kategori Peserta Tergiat Aktif Berpartisipasi.

“Peserta terdiri dari 68 peserta pada acara Diklatpimnas II 2021, secara luring di Banten 14-16 Desember 2021,” pungkas pria asli kelahiran Gresik ini.

Baca Juga:  Kemendikbud Tingkatkan Diploma Tiga (D3) Menjadi Sarjana Terapan (D4)
SEMRINGAH. Atis Nikmatul Umah, Mahasiswi STAI AL AZHAR Menganti Gresik meraih penghargaan dalam Diklatpimnas II tahun 2021 kategori Peserta Tergiat Aktif Berpartisipasi. Foto: Arif/Progresnews.id

Sementara saat dikonfirmasi, Atis tidak menyangka bila dirinya mendapatkan penghargaan tersebut.

“Iya benar, mendapatkan penghargaan berupa peserta tergiat aktif dan berpartisipasi, saya juga tidak menyangka bahwa saya di panggil untuk mendapatkan penghargaan, rasanya sangat terharu utusan dari kampus swasta (STAI), tapi Alhamdulillah bisa memberikan bukti dikancah Nasional,” ujar perempuan berkacamata ini.

Lebih lanjut, Diklatpimnas II 2021 secara resmi akan ditutup pada tanggal 16 Desember 2021, hari ini. Hadir dalam kegiatan tersebut yakni M Sidiq Sisdiyanto, selaku Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. [rif/dir]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

DA'I MILENIAL. Ketua MUI Gresik, KH Mansoer Shodiq saat menyerahkan hadiah secara simbolik kepada Juara Festival Da'i Jawa Timur, (30/10). Foto: MUI Gresik/Progresnews.id

Warta

Gresik Punya Da’i Milenial, Siapakah dia?
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Rachmat Gobel dalam acara Handover Ceremony Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban Subang dan Ekspor Perdana kendaraan, Jumat (17/12). Foto: Yt Kemenhub.

Ekonomi

Pembangunan Pelabuhan Patimban Subang, Wakil Ketua DPR: Optimis Dongkrak Ekspor Indonesia

Sepak Bola

Respon UEFA Terhadap European Super League
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam konferensi pers Kinerja KPK Semester I 2020, Selasa (18/8/2020). Foto: Humas KPK.

Nasional

Dituntut Menyelesaikan Kasus Korupsi Dua Eks Menteri, KPK Angkat Bicara Tanggapi

Lamongan

Obati Rasa Rindu, Pemudik Asal Lamongan Buru Nasi Boranan
Kantor PMI Lamongan. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Minim Pendonor, Stok Plasma Konvalesan di PMI Lamongan Mulai Menipis
Gus Yani dan Bu Min saat ditetapkan oleh KPU sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Foto: Ayu/Progresnews.id.

Gresik

Sah Jadi Bupati, Gus Yani Inginkan Kolaborasi Demi Memajukan Gresik

Warta

Hindari Kepadatan Rute Konfercab PCNU Gresik, Berikut Pilihannya