Semangat Lestarikan Batik, PAC IPNU IPPNU Panceng Adakan Pelatihan Batik Tulis

Para peserta menunjukkan hasil membatik saat mengikuti kegiatan pelatihan menulis batik, Sabtu 16 Oktober 2020. Foto: Mudzakkir/Progresnews.id.
Para peserta menunjukkan hasil membatik saat mengikuti kegiatan pelatihan menulis batik, Sabtu 16 Oktober 2020. Foto: Mudzakkir/Progresnews.id.

Gresik, Progresnews.id – Pada hari Sabtu (17/10), Pimpinan Anak Cabang IPNU IPPNU Kecamatan Panceng telah melaksanakan agenda kegiatan pelatihan menulis batik.

Kegiatan tersebut diadakan bekerja sama dengan Sahabatik Yerial Surowiti dan bertempat di rumahnya.

Bambang Heri Ardianto selaku Ketua PAC IPNU saat dihubungi Progresnews.id ia menjelasakan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut juga untuk menjalin silaturahmi.

“Selain pelatihan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar IPNU IPPNU dan Sahabatik Yerial Surowiti. Kami juga berharap para peserta juga bisa ikut serta melestarikan budaya batik kita,” terangnya.

Selain itu, Bambang juga berharap kepada peserta pelatihan agar terus belajar mengembangkan ilmunya, sehingga nanti rekan-rekanita peserta bisa membantu melestarikan batik tulis khususnya di Kecamatan Panceng.

Salah satu peserta dalam kegiatan itu, rekanita Angel, menganggap kegiatan tersebut menyenangkan.

Salah satu proses pembuatan batik tulis. Foto: Progresnews.id/Mudzakir.

“Kegiatan membatik ini sangat menyenangkan dan berkesan bagi saya. Di samping sebagai tempat silaturahmi, saya juga bisa memperoleh ilmu tentang bagaimana langkah-langkah membatik mulai dari mendesain sampai pada langkah akhirnya, saya senang sekali. Kegiatan ini juga cukup bagus, dapat mengasah dan mengembangkan potensi karya batik tulis di wilayah kami,” kata Angel.

Salah satu pelatih dari Sahabatik Yerial Surowiti dalam kegiatan itu sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena para pemuda dan pelajar NU Panceng mau belajar bersama mengenai batik tulis.

“Kami sangat senang para peserta sangat antusias, dibuktikan meskipun proses pembuatannya agak rumit, mereka tetap fokus sehingga bisa menyelesaikan proses batiknya,” ujar pelatih dari Sahabatik Yerial Surowiti.

Kegiatan ini diikuti sebabyak 15 peserta anggota dan kader dari berbagai ranting atau desa di Kecamatan Panceng. (Mzkr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.