Home / Jendela

Rabu, 10 November 2021 - 10:22 WIB

Selamat Hari Pahlawan 10 November! Berikut 3 Warisan Sikap Pejuang Bangsa

Ilustrasi Hari Pahlawan 2021.

Ilustrasi Hari Pahlawan 2021.

Jendela, Progresnews.id – Hari Pahlawan ditetapkan pada tanggal 10 November.  Pahlawan merupakan pejuang terdepan Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Sebagaimana fungsinya, Hari Pahlawan diperingati untuk mengingat kembali bagaimana tekad dan keberanian mereka dalam memperjuangkan apa yang sudah seharusnya dimiliki bangsa Indonesia.

Diketahui sejarah Hari Pahlawan bermula pada sebuah kota di Jawa Timur, yaitu Surabaya. Pada saat itu terjadi pertempuran antara pasukan Indonesia dan Inggris. Mulanya pasukan Inggris mengeluarkan instruksi untuk meminta pihak Indonesia menyerahkan persenjataan kepada pihak Inggris. Namun, ultimatum tersebut diabaikan oleh para pejuang, sehingga puncaknya adalah pertempuran yang mengakibatkan banyak korban berjatuhan. Sejak peristiwa ini, Kota Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan karena aksi heroik arek-arek Suroboyo.

Tema pada Hari Pahlawan 2021 kali ini adalah “Pahlawanku Inspirasiku” sebagaimana dikutip melalui situs resmi Kementerian Sosial (Kemensos). Tema kali ini menyerukan bangsa Indonesia untuk tidak hanya sekedar memperingati Hari Pahlawan secara seremonial saja, namun yang terpenting adalah bagaimana kita mampu mengambil makna yang tersarang di dalamnya. Melihat, mengamati, serta membaca kembali sejarah perjuangan mereka diharap dapat menginspirasi dan memotivasi bangsa Indonesia terutama para pemuda untuk meneruskan perjuangan mereka.

Baca Juga:  Kisah Bu Fina, Guru Sekolah Inklusi Ajarkan Semangat Literasi

Berikut Tiga Nilai Penting yang kemudian bisa menjadi warisan untuk bangsa Indonesia yang dapat diambil dari Para Pahlawan Pejuang Bangsa.

Persatuan

Tanpa adanya persatuan, akan sulit mewujudkan cita-cita bangsa. Salah satu faktor penting Para Pahlawan kita dalam keberhasilan mencapai tujuan adalah adanya persatuan. Jika pada saat itu mereka bersama-sama berjuang tanpa melihat Suku, Agama, Ras, dan Golongan untuk memperjuangkan bangsa, ini seharusnya bisa memotivasi kita dalam kehidupan berbangsa.

Tekad

Tekad memiliki arti kemauan yang pasti dari keyakinan yang teguh untuk mencapai suatu tujuan. Para pahlawan kita adalah salah satu contoh ketika sudah mencapai kata tekad, usaha ataupun kerja keras akan saling bahu-membahu bekerja sama untuk mewujudkan cita-cita. Oleh karenanya, sebagai generasi penerus bangsa kita bisa mengambil contoh ini dalam kehidupan sehari-hari, libatkan tekad pada setiap rencana masa depan.

Baca Juga:  Hari Guru Nasional 2021, Pulihkan Pendidikan

Antusiasme

Antusiasme merupakan sebuah energi penting dalam memperjuangkan kemerdekaan. Di sana tumbuhlah rasa semangat dan gelora dalam menumbuhkan karakter kuat untuk terus berjuang. Kita bisa mengambil contoh sikap ini dalam mewujudkan satu demi satu harapan yang ada dalam daftar mimpi kita. Tanpa Antusiasme sulit untuk mendapatkan pencapaian besar. Seperti yang dikatakan oleh Ralph Waldo Emerson, “Nothing great was ever achieved without ENTHUSIASM” yang artinya tidak ada hal hebat yang pernah dicapai tanpa Antusiasme.

Itu dia Tiga Nilai Penting yang bisa diambil dari para pejuang bangsa. Semoga tiga warisan sikap tersebut mampu menginspirasi dan memotivasi kita dalam aktivitas sehari-hari. Selamat Hari Pahlawan!

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

MENYESAL. Ayu menyesali dirinya sebab menganggap tradisi itu lapuk, dan tidak gaul. Foto: Tangkapan layar IG MTs Maarif Sidomukti/Progresnews.id

Film

Film Pendek “Ngidul”, Tegur Remaja Gresik Peduli Tradisi
Picture by gettyimages

Jendela

27 November Sebagai Hari Tanpa Belanja, Apa Itu?

Jendela

Aneka Menu Ikan Bandeng, Manakah Favoritmu?
Eko Jarwanto, guru sejarah inspiratif penuh prestasi, sedang menunjukkan salah satu buku sejarah karangannya, Ngandjoek. Foto: Progresnews.id.

Jendela

Eko Jarwanto, Guru Sejarah Inspiratif Penuh Prestasi
Gapura masuk Desa Bungah. Foto: Ipunk/Progresnews.id.

Jendela

Sekelumit Cerita Para Kepala Desa Bungah

Bojonegoro

“Lali Dalan” Lagu Baru Bupati Bojonegoro di Tahun 2021
Ilustrasi Drama Korea Angel's Last Mission Love. Foto: dianiopiari.com

Jendela

3 Alasan Mengapa Drama Korea Layak Digemari

COVID-19

Kemenkes Keluarkan SE Tentang Rapid Test Antigen Sebagai Metode Diagnosis