Home / Gresik / Pendidikan / Warta

Sabtu, 25 September 2021 - 18:45 WIB

Sebanyak 27 Wartawan Ikuti UKW KWG Angkatan Pertama

Reporter : Achmad Chidir Amirullah

GRESIK, Progresnews.id., – Sebanyak 27 wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan I yang diselengarakan oleh Komunitas Wartawan Gresik (KWG) kerjasama dengan PT Smelting, Sabtu (25/9) dan Minggu (26/9).

Ketua KWG, M Syuhud Almanfaluty menyampaikan bahwa para peserta sebagian besar adalah jurnalis yang bertugas di Kabupaten Gresik dan merupakan anggota KWG. Dari 27 peserta, 2 (dua) diantaranya mengikuti level Utama, 3 (tiga) Madya, dan 22 lainnya level Muda.

“Untuk tim penguji, kami menggandeng LUKW (Lembaga Uji Kompetensi Wartawan) Prgram Studi Ilmu Komunikasi FISIP Univesitas Muhammadiyah Jakarta,” ujarnya.

Baca Juga:  Nelayan di Tuban Terima Bantuan Konverter Kit Dari Kementerian ESDM

Syuhud menjelaskan, UKW merupakan upaya organisasi untuk meningkatkan kompetensi bagi anggotanya. Mengingat tugas utama wartawan tidak hanya menyampaikan infomasi, tapi juga mengedukasi publik sehingga diperlukan kompetensi khusus.

“Kalau sekedar share informasi, netizen sudah bisa melakukannya melalui media sosial, tidak bisa dipastikan kebenarannya. Tapi bagi seorang jurnalis harus mampu menginformasikan kebenaran dan berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ),” tandasnya.

Syuhud menambahkan, kompetensi bagi wartawan semakin penting karena kemajuan teknologi saat semakinnn pesat. Jika seorang jurnalis tidak mampu menjadikan tantangan ini sebagai peluang, maka mereka akan tertinggal.

Baca Juga:  Pimpin Lamongan Tiga Tahun Kedepan, Ini Angan dan Harapan Bupati Yuhronur

Sedangkan, Section Manager General Affairs PT Smelting,  Indra Setya Wibowo Junor, mengapresiasi kerjasama yang terjalin dengan KWG. Ia pun berharap kolaorasi ini bisa ditingkatkan.

“Saya berbangga bisa membantu teman-teman jurnalis untuk meningkatkan kompetensi. Saya beharap ada hubungan lebih dekat antara perusahaan dengan wartawan,” tandasnya.

Sementara, Direktur LUKW Prodi Ilmu Komunikasi FISIP-UMJ, Tria Patrianti mengaku pihaknya memiliki tanggungjawab meningkatkan SDM jurnalis.

“Saya berharap teman-teman jurnalis memiliki semangat positif,” tutupnya. (*)

Share :

Baca Juga

Petugas gabungan saat melakukan operasi yustisi di Resto Mie Gacoan, Rabu (27/1).

Tuban

Tindak Lanjut PPKM Jilid II, 27 Pelanggar Prokes Terjaring Razia
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, Direktur Eksekutif Perkumpulan Terbatas untuk Pengakajian Masyarakat Adat (PtPPMA) Papua Naomi Marasian, dan Sely Martini dari The Reform Initiatives (TRI) dalam Podcast Seri 3: Belajar Dari Penerapan TAKE Kabupaten Jayapura, Selasa (5/10).

Nasional

TAKE Jayapura Untuk Melindungi Masyarakat Adat dan Lingkungan
Koordinasi AKBP Nur Aziz (Kapolres Gresik), bersama KH Mansoer Shodiq (MUI Gresik) persiapkan vaksinasi.

COVID-19

Catat, Ini Tanggal Vaksinasi MUI Gresik bersama Polres Gresik
Kemendikbud Luncurkan Bantuan Subsidi Upah Kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non-PNS

Nasional

Kemendikbud Luncurkan Bantuan Subsidi Upah Kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non-PNS
Gus Yani dan Bu Min saat ditetapkan oleh KPU sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Foto: Ayu/Progresnews.id.

Gresik

Sah Jadi Bupati, Gus Yani Inginkan Kolaborasi Demi Memajukan Gresik

Gresik

Gus Yani dan Bu Min Resmi Dilantik, Forsis Gresik: Kami Akan Kawal Jargon Manut Kyai-nya
Deputi Pembangunan Ekonomi Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Ahmad Erani Yustika saat menjadi penanggap dalam Market Gathering bertajuk Membangun Kolaborasi Pasar UMKM bersama “ASMAT”, Selasa (24/8).

Nasional

Deputi Setwapres Apresiasi Pengembangan Komoditas Lokal Papua

Ekonomi

Nenek di Widang Kesulitan Beli Beras Usai Dicoret Dari KPM BPNT