Home / Gresik / Warta

Rabu, 28 April 2021 - 22:28 WIB

Santri Pesantren Zainal Abidin Gresik, Peringati Nuzulul Quran Dengan Doakan Kru KRI Nanggala 402

Suasana peringatan Nuzulul Quran santri Ponpes Zainal Abidin Bungah Gresik. Foto  : Progresnews.id / Rifqi

Suasana peringatan Nuzulul Quran santri Ponpes Zainal Abidin Bungah Gresik. Foto : Progresnews.id / Rifqi

Gresik – Malam 17 Ramadhan selalu diperingati sebagai malam Nuzulul Quran oleh seluruh kaum muslimin di manapun berada, tak terkecuali seperti yang dilakukan oleh santri Pondok Pesantren (Ponpes) Zainal Abidin Bungah Gresik.

Ponpes Zainal Abidin peringati Nuzulul Quran dengan menggelar khataman Quran, tahlil, dan doa bersama. Tidak kurang dari 50 santriwan-santriwati mengikuti kegiatan dengan protokol kesehatan ketat. Mereka diwajibkan menjaga jarak dan menerapkan 3 M (Memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun).

Nah, rangkaian acara pesantren yang berlokasi di sebelah utara Masjid Kiai Gede Bungah Gresik ini digelar di dua tempat, yakni di Musholla utama dan Musholla putri. Khotmil Qur’an itu dihadiri oleh Ibu Nyai Hj Maisaroh, masing-masing santri diwajibkan membaca 1 juz Al Qur’an, kemudian dilanjut dengan Tahlil dan Doa bersama yang dipimpin oleh Ust. Suwarno, salah satu guru sepuh di pesantren tersebut.

Baca Juga:  Buka Pelatihan GP Ansor Gresik, Wagub Emil Bagikan Konsep Kepemimpinan 360 Derajat
Suasana peringatan Nuzulul Quran santri Ponpes Zainal Abidin Bungah Gresik. Foto : Progresnews.id / Rifqi

Pengurus Pesantren Zainal Abidin, Ust. Zainal Arifin mengatakan, rutinitas kegiatan ini telah berjalan selama puluhan tahun di setiap malam 17 Ramadhan. Khusus tahun ini, para santri bermunajat mendoakan agar bangsa indonesia diberikan keselamatan dari segala macam wabah dan bencana, terlebih dari wabah Covid-19.

“Kegiatan ini bagian dari rutinitas pesantren selama puluhan tahun disetiap malam 17 ramadhan, khusus tahun ini para santri mendoakan agar bangsa indonesia selalu diberikan keselamatan dan terhindar dari wabah bencana khusunya Covid-19,” ungkap pria yang akrab disapa Ipin.

Lebih lanjut, Ipin menjelaskan, berbagai macam bencana melanda Indonesia akhir-akhir ini menjadi keprihatinan bagi para santri. Tidak terkecuali musibah tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 di perairan Bali. Dimana dari 53 prajurit Kru KRI Nanggala 420, 5 prajurit diantaranya adalah warga Gresik.

Baca Juga:  Ponpes di Lombok Dirusak Massa, Kemenag: Aparat Harus Bertindak

Munajat juga mendoakan agar Kabupaten Gresik terhindar dari segala macam tindak kejahatan di tengah masyarakat, “Para santri juga mendoakan para prajurit Kru KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali, apalagi 5 diantara 53 Kru adalah warga Gresik, secara khusus kami juga mendoakan Kabupaten Gresik agar diberikan keselamatan dan terhindar dari segala macam tindak kejahatan yang akhir-akhir ini sangat meresahkan masyarakat, seperti pencurian, perampokan, narkoba, dan banyak lagi,” terangnya.

Share :

Editor : Rifqi Badruzzaman

Baca Juga

Sumber Foto: Situs resmi komnas perempuan.

Nasional

Komnas Perempuan Minta Pemerintah Terbitkan Aturan Perlindungan Terhadap PPHAM
Foto: Youtube DPR RI.

Nasional

Kemenkes Siap Vaksinasi Anak Awal Tahun 2022
Aktivis 98 sekaligus Pengamat Politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyampaikan suatu pernyataan. Foto: IG UbedilahbadrunOfficial.

Nasional

Ada Hubungan dengan Sinar Mas Group, Ubedilah Badrun Laporkan Kaesang dan Gibran ke KPK
Vaksinasi dosis kedua kepada tenaga medis di Puskesmas Mantup. Foto: Ammy.

COVID-19

Vaksinasi Tahap Pertama di Lamongan Ternyata Menyisakan 1900 Tenaga Kesehatan
Gus Yani dan Bu Min saat di temui media usai ditetapkan oleh KPU.

Gresik

HPN ke-75, Gus Yani-Bu Min Ungkap Harapan Agar Pers Indonesia Anti Hoaks
Anggota DPRD Jatim, Muhammad Bin Muafi Zaini ditemui di DPRD Jatim. Foto: Kominfo Jatim.

COVID-19

Kiai dan Ulama Jatim Diharapkan Jadi Prioritas Penerima Vaksin
Mantan Ketua PP. Muhammadiyah, Din Syamsuddin dilaporkan GAR-ITB ke Komisi Aparatur Sipil Negara atas dugaan radikalisme. Foto: Kumparan.

Nasional

Dituduh Radikal, Sejumlah Tokoh Bela Din Syamsuddin
Penyanyi Indonesia Idol, Nowela Elizabeth Mikhelia Auparay dan Manager Program PUPUK Jawa Barat untuk Pengembangan Masyarakat Papua, Endang Sri Agustini saat menjadi pemateri dalam rangkaian acara Festival Torang Pu Para Para, Seri Podcast 2: Semangat Mengembangkan Produk Asli Papua!, Kamis (26/8).

Nasional

Saling Bergandengan Tangan, Kunci Sukses Mengembangkan Produk Papua