Home / Gresik / Warta

Rabu, 28 April 2021 - 22:28 WIB

Santri Pesantren Zainal Abidin Gresik, Peringati Nuzulul Quran Dengan Doakan Kru KRI Nanggala 402

Reporter : Rifqi Badruzzaman

Suasana peringatan Nuzulul Quran santri Ponpes Zainal Abidin Bungah Gresik. Foto  : Progresnews.id / Rifqi

Suasana peringatan Nuzulul Quran santri Ponpes Zainal Abidin Bungah Gresik. Foto : Progresnews.id / Rifqi

Gresik – Malam 17 Ramadhan selalu diperingati sebagai malam Nuzulul Quran oleh seluruh kaum muslimin di manapun berada, tak terkecuali seperti yang dilakukan oleh santri Pondok Pesantren (Ponpes) Zainal Abidin Bungah Gresik.

Ponpes Zainal Abidin peringati Nuzulul Quran dengan menggelar khataman Quran, tahlil, dan doa bersama. Tidak kurang dari 50 santriwan-santriwati mengikuti kegiatan dengan protokol kesehatan ketat. Mereka diwajibkan menjaga jarak dan menerapkan 3 M (Memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun).

Nah, rangkaian acara pesantren yang berlokasi di sebelah utara Masjid Kiai Gede Bungah Gresik ini digelar di dua tempat, yakni di Musholla utama dan Musholla putri. Khotmil Qur’an itu dihadiri oleh Ibu Nyai Hj Maisaroh, masing-masing santri diwajibkan membaca 1 juz Al Qur’an, kemudian dilanjut dengan Tahlil dan Doa bersama yang dipimpin oleh Ust. Suwarno, salah satu guru sepuh di pesantren tersebut.

Baca Juga:  Gandeng Dinas Pertanian, DPRD Pantau Kelangkaan Pupuk
Suasana peringatan Nuzulul Quran santri Ponpes Zainal Abidin Bungah Gresik. Foto : Progresnews.id / Rifqi

Pengurus Pesantren Zainal Abidin, Ust. Zainal Arifin mengatakan, rutinitas kegiatan ini telah berjalan selama puluhan tahun di setiap malam 17 Ramadhan. Khusus tahun ini, para santri bermunajat mendoakan agar bangsa indonesia diberikan keselamatan dari segala macam wabah dan bencana, terlebih dari wabah Covid-19.

“Kegiatan ini bagian dari rutinitas pesantren selama puluhan tahun disetiap malam 17 ramadhan, khusus tahun ini para santri mendoakan agar bangsa indonesia selalu diberikan keselamatan dan terhindar dari wabah bencana khusunya Covid-19,” ungkap pria yang akrab disapa Ipin.

Lebih lanjut, Ipin menjelaskan, berbagai macam bencana melanda Indonesia akhir-akhir ini menjadi keprihatinan bagi para santri. Tidak terkecuali musibah tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 di perairan Bali. Dimana dari 53 prajurit Kru KRI Nanggala 420, 5 prajurit diantaranya adalah warga Gresik.

Baca Juga:  Masalah Mikroplastik di Sungai Bengawan Solo Kian Serius

Munajat juga mendoakan agar Kabupaten Gresik terhindar dari segala macam tindak kejahatan di tengah masyarakat, “Para santri juga mendoakan para prajurit Kru KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali, apalagi 5 diantara 53 Kru adalah warga Gresik, secara khusus kami juga mendoakan Kabupaten Gresik agar diberikan keselamatan dan terhindar dari segala macam tindak kejahatan yang akhir-akhir ini sangat meresahkan masyarakat, seperti pencurian, perampokan, narkoba, dan banyak lagi,” terangnya.

Share :

Baca Juga

Poster JadwPoster Jadwal dan serangkaian acara Kolaborasi Peringatan IWD 2021.al Podcast Kolaborasi Peringatan IWD 2021.

Nasional

Usung Tema Kepemimpinan Perempuan, TAF Hadirkan Kolaborasi Peringatan IWD 2021
Hj Aminatun Habibah (Bu Min) saat mengunjungi keluarga keluarga korban, Sabtu (30/1).

Gresik

Kunjungi Keluarga 3 Bocah SMP Tenggelam di Waduk Cerme, Bu Min Janjikan Bangun Rumah
BPBD dan Warga Desa Kramat baksos membersihkan sungai, Minggu (31/1).

Warta

Normalkan Aliran Sungai, BPBD dan Warga Desa Kramat Baksos Bersihkan Sungai
Lokasi terjadinya pembacokan. Foto: Ammy.

Lamongan

Sukodadi Berdarah, Ternyata Pelaku Pernah Urungkan Niat Karena Kasihan
Diki Alamsyah saat mengisi Seminar Literasi yang diadakan oleh HMPS Pendidikan Bahasa Arab di Auditorium STAI At-Tanwir, Sabtu (11/4).

Bojonegoro

HMPS PBA STAI At-Tanwir Adakan Seminar Literasi

Lamongan

Banjir Luapan Anak Bengawan Solo Meluas Ke Pemukiman Warga Di Lamongan
Rahmawati Husein, Wakil Ketua MDMC dalam Talkshow live via Berita Baru Program BERCERITA: Ketahanan Perempuan Menghadapi Bencana Ekologis, Selasa (30/3)

Nasional

Bencana Ekologis di Indonesia, Masyarakat Butuh Pendidikan Politik
Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom saat menjadi pemateri seri 3 diskusi daring pengelolaan produk inovatif dengan tajuk Pala dan Budaya Fakfak yang menjadi bagian dari Program PAPeDA, Jumat (20/8).

Nasional

Wakil Bupati Fakfak: Sampai Kapanpun, Pala akan Menjadi Bagian dari Identitas Kami