Home / Kesehatan / Warta

Sabtu, 9 Oktober 2021 - 23:46 WIB

RSI NAP Jadi Living Monumen 100 Tahun NU

GRESIK, Progresnews.id – Ketua Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya, Prof Muhammad Nuh mengatakan, Rumah Sakit Islam Nyai Ageng Pinatih (RSI NAP) merupakan salah satu Living Monumen 100 Tahun Nahdlatul Ulama. Pernyataan ini disampaikannya usai meresmikan pergantian nama Rumah Sakit Ibu dan Anak Nyai Ageng Pinatih menjadi RSI NAP, Sabtu (9/10).

“Kita tidak akan membuat tugu, tetapi kita akan membuat lembaga kesehatan, lembaga pendidikan, lembaga ekonomi. Ini sebagai bukti bahwa kehadiran NU mampu memberikan manfaat yang jauh lebih dahsyat lagi,” ujar tokoh nasional tersebut, seperti dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama Gresik.

Mantan Menteri Pendidikan RI ini menambahkan, bila transformasi RSI NAP yang berlokasi di jantung kota Gresik ini dikonsep dengan Small in Modernity, yang artinya Kecil namun Modern.

Baca Juga:  Riuh Masyarakat Gresik Utara Sambut Pasangan Niat

“Untuk ukuran kecil tetapi modern, rumah sakit islam Nyai Ageng Pinatih ini memiliki ruang operasi yang bisa bersaing dengan rumah sakit yang lain,” pungkas Pak Nuh.

Diketahui, pembangunan gedung RSI NAP dimulai sejak tahun 2020 hingga akhirnya rampung dan bertransformasi menjadi Rumah Sakit Umum kelas C. Rumah sakit ini, mengalami perluasan lahan dari yang awalnya 2.500 m², menjadi 2.800 m². Dengan memiliki bangunan 4 lantai seluas s4.500 m².

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) juga mengapresiasi transformasi yang dilakukan oleh RSI NAP. Dirinya juga berbahagia dalam kesempatan itu dapat ngalap barokah dan berkumpul dengan para Kiai NU. Gus Yani juga mengabadikan momen terbaik itu di akun instagramnya @fandiakhmadyani

Baca Juga:  Ketua MWC NU Dukun: Pemuda Ansor Harus Mau Sisihkan Pendapatan Untuk NU

“Betapa keren bila nanti kolaborasi terus ditumbuhkan dari berbagai tingkatan untuk melayani warga. MWC NU, Pengurus ditingkat Kecamatan, juga perlu memiliki klinik-klinik kecil yang bisa bersinergi dengan Rumah Sakit Nyai Ageng Pinatih. Demikian pula berbagai elemen masyarakat lainnya, bahu-membahu, meningkatkan derajat kesehatan warga Gresik,” tulis Gus Yani.

Peresmian RSI Nyai Agung Pinatih dihadiri banyak tokoh, diantaranya yakni, Rois Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Syuriah PBNU KH Ali Agus Masyhuri, Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Timur KH Marzuqi Mustamar, Sekretaris Daerah Gresik Achmad Washil, Plt Kadinkes Gresik Dr Mukhibatul Khusnah dan Camat Gresik Agung Endro.

Share :

Editor : Achmad Chidir Amirullah

Baca Juga

Divisi Profesionalitas dan Pengamanan Polri.

Nasional

Ramai Kasus Polisi yang Melanggar Hukum, Berikut Cara Melaporkannya ke Propam Polri

COVID-19

Tekan Angka Positif Covid-19, Bupati Tuban Terbitkan Edaran Pembatasan Kegiatan Masyarakat
Naomi Marasian dalam Podcast Perspektif Beritabaru.co yang bertemakan "Perempuan dan Keberlanjutan Perhutanan Sosial" pada Selasa (23/3).

Nasional

Keberlanjutan Perhutanan Sosial, Pengelolaan Hutan Harus dikembalikan Kepada Masyarakat Adat
Abu Janda usai menjalani 4 jam pemeriksaan. Foto: sindonews.

Nasional

Abu Janda Belum Ditahan, Pakar Hukum: Belum Cukup Bukti
Buruh Tani menggarap Lahan Petani. Foto: Nadia /Progresnews.id.

Lamongan

Terancam Gagal Panen, Petani di Lamongan Menjerit

Warta

Wagub Emil: Padatnya Penduduk Jatim Mutlak Membutuhkan Industri
Suasana berlangsungnya konferensi pers di ruang tunggu satreskrim Polres Lamongan. (Foto: Ammy)

Lamongan

Seorang Guru di Lamongan Diduga Perkosa Muridnya Lebih dari 10 Kali
Presiden Jokowi. Foto: Biro Pers Setneg.

COVID-19

Nilai PPKM Selama Ini Tidak Efektif, Jokowi Putuskan 09 Februari PPKM Skala Mikro