Home / Nasional / Warta

Rabu, 25 Agustus 2021 - 14:58 WIB

RPJMN 2020-2024, KLHK Tegaskan Komitmen Pembangunan Adil Gender

Reporter : Admin 2

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Staf Ahli Menteri Bidang Energi Winarni Monoarfa saat mengikuti webinar Praktik Baik Ibu Bumi dalam mengelola hutan bertajuk Memperkuat Peran kelompok Perempuan dalam program Perhutanan Sosial Di Indonesia, Rabu (25/8).

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Staf Ahli Menteri Bidang Energi Winarni Monoarfa saat mengikuti webinar Praktik Baik Ibu Bumi dalam mengelola hutan bertajuk Memperkuat Peran kelompok Perempuan dalam program Perhutanan Sosial Di Indonesia, Rabu (25/8).

Jakarta, Progresnews.idKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Staf Ahli Menteri Bidang Energi Winarni Monoarfa menyampaikan komitmennya untuk mendukung secara penuh pembangunan yang adil gender di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Dalam Webinar yang diselenggarakan oleh KLHK bekerja sama dengan The Asia Foundation (TAF) ini, Winarni menengarai bahwa ada dua (2) hal yang menjadi komitmen KLHK.

Pertama, memberikan kesempatan yang sama pada laki-laki dan perempuan terkait akses pengelolaan perhutanan sosial.

Kedua, pembangunan di bidang lingkungan hidup harus selalu memperhatikan kearifan lokal, potensi hutan, peluang pasar, dan aspek pengarusutamaan gender.

“Ini tidak lain adalah turunan dari pilar ke-2 dan ke-4 RPJMN 2020 – 2024, yaitu kesejahteraan masyarakat yang meningkat dan terjaganya keanekaragaman hayati di hutan,” ungkapnya pada Rabu (25/8).

Baca Juga:  Kurang Maksimal, Direktur Gemapala Dorong Pengelolaan Pala Berkelanjutan di Fakfak

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024. Winarni melanjutkan, termuat empat (4) jenis pengarusutamaan yang salah satunya adalah adil gender.

“Empat itu meliputi pembangunan berkelanjutan, gender mainstreaming, pengarusutamaan modal sosial dan budaya, dan transformasi digital sebagai pembangunan inovatif,” papar Winarni.

“Karena itu juga lah, kami berupaya keras untuk mendorong adanya peningkatan perempuan, sehingga bisa tercipta kesetaraan gender dalam pembangunan nasional kita,” imbuhnya.

Perhutanan sosial dan pemerataan ekonomi

Dalam acara bertajuk Praktik Baik Ibu Bumi dalam Mengelola Hutan: Memperkuat Peran Kelompok Perempuan dalam Program Perhutanan Sosial di Indonesia ini, Winarni juga menyampaikan tentang tujuan dari adanya Perhutanan Sosial (Perhutsos) dan upaya pemerintah untuk mendukungnya.

Baca Juga:  Peras Kepala Desa di Jenu, Oknum LSM Diringkus Polisi

Menurut Winarni, Perhutsos merupakan strategi pemerintah untuk mencapai pemerataan ekonomi melalui penumbuhan sentra-sentra ekonomi baru.

 “Selain itu, Perhutsos bisa dibilang pula sebagai langkah korektif terhadap kebijakan masa lalu ketika konsesi kawasan hutan banyak diberikan pada perusahaan besar,” tegasnya.

Melalui Perhutsos masyarakat mendapatkan akses kelola hutan selama kurang lebih 30 tahun dan untuk menunjang ini, kata Winarni, pemerintah sudah menyiapkan rencana penunjang.

Rencana tersebut meliputi dukungan untuk melakukan penguatan kelembagaan kelompok, pendampingan, dan penyembuhan serta memfasilitasi rencana penyusunan usaha. “Termasuk pula di dalamnya adalah bantuan permodalan dan akses pasar,” ungkap Winarni dalam acara yang ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube Pengarusutamaan Gender KLHK ini, mewakili Menteri KLHK Siti Nurbaya.

Share :

Baca Juga

Nasional

Gus AMI Ajak Bersholawat Nabi untuk Palestina dan Wabah Covid-19
Menko Polhukam Mahdud MD di kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin 17 Februari 2020.

Hukum dan Kebijakan

Terkait Dinasti Politik, Menko Polhukam: Tidak Ada Hukum yang Melarang Praktik Nepotisme
Lokasi terjadinya pembacokan. Foto: Ammy.

Lamongan

Sukodadi Berdarah, Ternyata Pelaku Pernah Urungkan Niat Karena Kasihan

Lamongan

Perhelatan Piala Menpora Semakin Dekat, Persela Lamongan Gelar Laga Uji Coba
Kepala Desa Kebonsari Kecamatan Sidodadi Lamongan, Suharto. Foto : Istimewa.

Lamongan

Korupsi Dana Desa, Inspektorat Lamongan Bakal Periksa Kades Kebonsari

Tuban

Petani Desa Kasiman Terima Bantuan Sumur Bor dari PT. Semen Indonesia
DPRD Gresik menandatangani Pakta Integritas yang menolak disahkannya UU Ciptaker, Kamis, 8 Oktober 2020. Foto: Nufus/Progresnews.id.

Nasional

DPRD Gresik Sepakat Tolak UU Ciptaker
Jelang Timnas U-19 vs Bosnia, Shin Tae Yong Dihantui Rekor Buruk

Nasional

Jelang Timnas U-19 vs Bosnia, Shin Tae Yong Dihantui Rekor Buruk