Home / Nasional / Warta

Rabu, 25 Agustus 2021 - 14:58 WIB

RPJMN 2020-2024, KLHK Tegaskan Komitmen Pembangunan Adil Gender

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Staf Ahli Menteri Bidang Energi Winarni Monoarfa saat mengikuti webinar Praktik Baik Ibu Bumi dalam mengelola hutan bertajuk Memperkuat Peran kelompok Perempuan dalam program Perhutanan Sosial Di Indonesia, Rabu (25/8).

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Staf Ahli Menteri Bidang Energi Winarni Monoarfa saat mengikuti webinar Praktik Baik Ibu Bumi dalam mengelola hutan bertajuk Memperkuat Peran kelompok Perempuan dalam program Perhutanan Sosial Di Indonesia, Rabu (25/8).

Jakarta, Progresnews.idKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Staf Ahli Menteri Bidang Energi Winarni Monoarfa menyampaikan komitmennya untuk mendukung secara penuh pembangunan yang adil gender di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Dalam Webinar yang diselenggarakan oleh KLHK bekerja sama dengan The Asia Foundation (TAF) ini, Winarni menengarai bahwa ada dua (2) hal yang menjadi komitmen KLHK.

Pertama, memberikan kesempatan yang sama pada laki-laki dan perempuan terkait akses pengelolaan perhutanan sosial.

Kedua, pembangunan di bidang lingkungan hidup harus selalu memperhatikan kearifan lokal, potensi hutan, peluang pasar, dan aspek pengarusutamaan gender.

“Ini tidak lain adalah turunan dari pilar ke-2 dan ke-4 RPJMN 2020 – 2024, yaitu kesejahteraan masyarakat yang meningkat dan terjaganya keanekaragaman hayati di hutan,” ungkapnya pada Rabu (25/8).

Baca Juga:  KOPSI 2021, Kemendikbud Pilih 175 Naskah Penelitian Terbaik Siswa SMA

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024. Winarni melanjutkan, termuat empat (4) jenis pengarusutamaan yang salah satunya adalah adil gender.

“Empat itu meliputi pembangunan berkelanjutan, gender mainstreaming, pengarusutamaan modal sosial dan budaya, dan transformasi digital sebagai pembangunan inovatif,” papar Winarni.

“Karena itu juga lah, kami berupaya keras untuk mendorong adanya peningkatan perempuan, sehingga bisa tercipta kesetaraan gender dalam pembangunan nasional kita,” imbuhnya.

Perhutanan sosial dan pemerataan ekonomi

Dalam acara bertajuk Praktik Baik Ibu Bumi dalam Mengelola Hutan: Memperkuat Peran Kelompok Perempuan dalam Program Perhutanan Sosial di Indonesia ini, Winarni juga menyampaikan tentang tujuan dari adanya Perhutanan Sosial (Perhutsos) dan upaya pemerintah untuk mendukungnya.

Baca Juga:  Belajar Inovasi Kebijakan TAPE dari Kalimantan Utara

Menurut Winarni, Perhutsos merupakan strategi pemerintah untuk mencapai pemerataan ekonomi melalui penumbuhan sentra-sentra ekonomi baru.

 “Selain itu, Perhutsos bisa dibilang pula sebagai langkah korektif terhadap kebijakan masa lalu ketika konsesi kawasan hutan banyak diberikan pada perusahaan besar,” tegasnya.

Melalui Perhutsos masyarakat mendapatkan akses kelola hutan selama kurang lebih 30 tahun dan untuk menunjang ini, kata Winarni, pemerintah sudah menyiapkan rencana penunjang.

Rencana tersebut meliputi dukungan untuk melakukan penguatan kelembagaan kelompok, pendampingan, dan penyembuhan serta memfasilitasi rencana penyusunan usaha. “Termasuk pula di dalamnya adalah bantuan permodalan dan akses pasar,” ungkap Winarni dalam acara yang ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube Pengarusutamaan Gender KLHK ini, mewakili Menteri KLHK Siti Nurbaya.

Share :

Editor : Admin 2

Baca Juga

Abu Janda usai menjalani 4 jam pemeriksaan. Foto: sindonews.

Nasional

Abu Janda Belum Ditahan, Pakar Hukum: Belum Cukup Bukti
Eva Eryani (Warga Taman Sari) dan Deti Sopansi (Pembela HAM) menceritakan kronologi kasus penyerangan saat penggusuran rumah deret Taman Sari dalam Konferensi Pers Online PBHI.

Nasional

Kekerasan Terhadap Warga dan Pembela HAM Taman Sari, PBHI Akui Belum Ada Tindak Lanjut Atas Laporannya

Nasional

Jokowi Teken Perpres Dana Abadi Pesantren, Gus Jazil: Kado Istimewa Jelang Hari Santri
Gedung RS Citra Medika yang diduga berdiri tanpa Izin. Foto : Progresnews.id/Ammy.

Lamongan

RS Citra Medika Lamongan Diduga Berdiri Tanpa Izin

Gresik

Arah Kepemimpinan Baru, Gus Yani Fokuskan Tangani Banjir dan Perbaikan Infrastruktur
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar

Nasional

Pendaftaran Pilkada 2020, Kemendagri: Aparat Harus Tertibkan Massa

Nasional

Punya Basis Pemilih Kultural Kuat, PKB Optimistis Rebut Dua Besar Pemilu 2024
Acara pelantikan pegawai Kemendikbud Ristek, Senin (8/11). Foto: Kemendikbud.

Nasional

Sekjen Kemendikbud Lantik 56 Pegawai Baru