Home / Gresik / Warta

Jumat, 22 Oktober 2021 - 15:03 WIB

Roadshow Ngaji Kitab Kuning, Gagasan Baru RMI-MWC NU Bungah di Hari Santri Nasional 2021

Gelaran acara Peringatan Hari Santri Nasional 2021 MWC NU Bungah, Jumat (22/10). Foto: Ipung/Progresnews.id.

Gelaran acara Peringatan Hari Santri Nasional 2021 MWC NU Bungah, Jumat (22/10). Foto: Ipung/Progresnews.id.

Gresik, Progresnews.id — Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 202, Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Bungah munculkan gagasan baru, yaitu Roadshow Ngaji Kitab Kuning ke pengurus ranting-ranting di kecamatan Bungah.

“Termasuk rencana saya ini, ngaji kitab kuning ke ranting-ranting. Semacam roadshow, rencananya juga menggandeng para pemuda-pemuda atau mungkin ibu muslimat yang pernah mengaji kitab kuning itu kita gandeng. Tapi ini masih gagasan,” kata Ketua RMI-MWC NU Bungah, Moh. Nasikh Ali.

Hal itu diungkapkan Nasikh Ali yang juga merupakan pengasuh Pondok Pesantren Assafiiyah Bungah dalam acara gelaran peringatan Hari Santri Nasional 2021 MWC NU Bungah di kantor MWC NU Bungah, Jumat (22/10).

Acara itu di mulai dari upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2021 pada pagi hari, dilanjut dengan istighosah dan sholawat maulid. Pasca salat Jumat, acara dilanjutkan dengan gelaran selawat khusus santri-santri muda.

Baca Juga:  Diskon Ramadan Oleh Pemprov Jatim Bagi Pemilik Kendaraan Bermotor

“Supaya anak-anak muda ini semangat untuk memperingati maulid nabi Muhammad Saw dan hari santri,” ujar Nasikh Ali, yang juga merupakan ketua panitia acara.

Ketua RMI-MWC NU Bungah, Moh. Nasikh Ali saat berada di Gedung MWCNU Bungah. Foto: Ipunk/Progresnews.id.
Ketua RMI-MWC NU Bungah, Moh. Nasikh Ali saat berada di Gedung MWCNU Bungah. Foto: Ipunk/Progresnews.id.

Secara teknis, karena masih dalam masa pandemi, pelaksanaan acara peringatan Hari Santri Nasional itu hanya dibatasi 250 santri.

“Yang siang ini hanya dibatasi 250. Kalau sebelum pandemi ribuan orang di lapangan dan karena masih pandemi, dibatasi setiap Pondok 10 santri,” kata Nasikh Ali, menambahkan gelaran peringatan Hari Santri Nasional itu rutin dilakukan rutin setiap tahun.

Nasikh Ali juga mengatakan bahwa RMI-MWC NU Bungah berkomitmen untuk mendorong para santri agar semakin giat berjuang demi agama dan masyarakat.

“Alhamdulillah para pengurus MWC NU semangat untuk mendorong para santri untuk giat. Termasuk sekarang banyak pengurus yang turut aktif di kegiatan-kegiatan IPNU-IPPNU, jadi kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan bisa hidup,” kata Nasikh Ali yang juga merupakan pengasuh Pondok Pesantren Assafiiyah Bungah.

Baca Juga:  Usulan 3.636 Vaksin Sinovac Dinkes Tuban Belum Final

Peringatan Hari Santri Nasional kali ini, bagi MWC NU Bungah, adalah untuk mencetak generasi muda yang cinta pada ulama.

“Cinta pada kiai cinta, pada pesantren. Karena sekarang banyak anak muda yang jauh dari ulama dan jauh dari pesantren. Nauzubillah,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, RMI-MWCNU Bungah berharap para santri di Bungah untuk mau terus berjuang demi masyarakat dan agama.

“Kami dari pengurus MWC NU RMI mengajak generasi muda sekarang untuk betul-betul berjuang untuk agama termasuk harus belajar agama yang lebih serius untuk menjadikan generasi yang lebih baik, yang sholeh dan bisa mengajak orang-orang untuk ke jalan Allah,” tutupnya.

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Ilustrasi sampel darah Covid-19. Foto: Freepic.

COVID-19

Obat Alternatif Covid-19 Plasma Konvalesan Mulai Dipakai, Ini Tanggapan IDI Lamongan
Usai Membuka PKL PC GP Ansor Gresik, Wakil Gubernur melihat Pondok Pesantren Ushulul Hikmah Al Ibrohimi, Manyar Gresik. Kamis (18/11). Foto: Chidir/Progresnews.id

Warta

Pemprov Jatim Terus Mendorong Ponpes Mencetak Santriprenuer
Ketua DKC Forsis Gresik, Ahmad Sodiq (Jaket Hijau). Foto: Dok. Progresnews.id.

Gresik

Peringati Hari Santri, Forsis Gresik Berharap Santri Makin Progresif dan Inspiratif
Penampakan lokasi pembakaran dan sisa abu rak sepatu di Ponpes Al-furqon, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, (Foto: Ist.)

Hukum dan Kebijakan

Kasus Pembakaran Ponpes Muhammadiyah di Lamongan Mulai Menemukan Titik Terang
Kejagung RI, ST Burhanuddin. Foto: CNN

Nasional

Kawal Korupsi Asabri, Jaksa Agung: Siapapun yang Beking, Kita Sikat!
TRIBUTE UMAR ISMAIL. Ketua Lesbumi PBNU KH M Jadul Maula, saat menutup Rakornas IV Lesbumi, Jumat (29/10). Foto: Tangkapan Layar Youtube Pesantren Kaliopak/Progresnews.id

Nasional

Anugerah Pahlawan Nasional Usmar Ismail, Ketua Lesbumi PBNU: Kado Istimewa Rakornas IV

COVID-19

Muncul Isu Penerapan PSBB, Endah: Tidak Ada PSBB di Tuban
Foto: Kemenkominfo.

Nasional

Ketua PB IDI Sebut Pandemi Indonesia Bisa Masuk Endemi Jika Kasus Stabil Melandai