Home / Nasional / Warta

Kamis, 21 Oktober 2021 - 19:47 WIB

RMI-PBNU Dorong Santri Galakkan Transformasi Digital di Pesantren

Saiful Umam moderator, Sumanto Al-Qurtubi King Fahd University, Miftakhul Huda Nagoya University Jepang, dan Sidrotun Naim Harvard Kennedy School dalam Webinar Internasional RMI-PBNU hari kedua, Kamis (21/10).

Saiful Umam moderator, Sumanto Al-Qurtubi King Fahd University, Miftakhul Huda Nagoya University Jepang, dan Sidrotun Naim Harvard Kennedy School dalam Webinar Internasional RMI-PBNU hari kedua, Kamis (21/10).

Jakarta, Progresnews.id – Rabithah Maahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI-PBNU) mengadakan Webinar Internasional selama dua hari, 20 dan 21 Oktober, untuk merayakan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2021.

Dalam acara tersebut, Ketua Lembaga RMI-PBNU Abdul Ghofar Rozin menegaskan bahwa salah satu tujuan diselenggarakannya webinar adalah supaya para santri segera melakukan transformasi digital di pesantrennya masing-masing.

“Yang terpenting di sini, yang menjadi pelaksana dari transformasi ini harus dari kalangan santri,” ungkap Gus Rozin, sapaan akrabnya, pada Kamis (21/10)

Baca Juga:  Perihatin Nasib Warga Terdampak, Begini Aksi Kapolres Lamongan Tangani Banjir Bengawan Jero

“Sebab pesantren itu memiliki kultur dan karakteristiknya sendiri. Hanya santri yang bisa memahaminya, sehingga ketika kendali transformasi digital dipegang pihak lain, maka akan sangat berbahaya,” imbuhnya.

Gus Rozin juga memaparkan bahwa untuk konteks perkembangan teknologi yang semakin tidak terbendung ini, peradaban yang akan menang adalah peradaban yang memiliki karakter.

Baca Juga:  Rehabilitasi Sungai Bengawan Jero Ditarget 2022

Santri dan pesantren, ungkapnya, memiliki hal tersebut. Akibatnya, santri penting untuk menyadarinya dan lantas mampu untuk semaksimal mungkin mempertahankan karakter santrinya.

“Di mana pun berada, jadi apa pun juga, karakter santri harus selalu dibawa,” jelas Gus Rozin dalam Webinar Internasional hari kedua yang bertajuk Santri Membangun Negeri: Sudut Pandang Politik, Ekonomi, Budaya, dan Revolusi Teknologi ini.

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Tuban

Beras Premium BPNT di Tuban Rp11.000, Ini Tanggapan Diskoperindag
Pejabat di Lingkungan Kementerian Perhubungan yang akan menandatangani Perjanjian Kinerja dan Fakta Intergritas Tahun 2021. Foto: Youtube Kemenhub.

Nasional

Kemenhub Tandatangani Perjanjian Kinerja dan Fakta Intregitas Tahun 2021
Kusnadi Rusmil saat presentasi daring Temu Media Perkembangan Vaksinasi, Sabtu (23/1).

COVID-19

Perkembangan Vaksinasi di Indonesia, Kusnandi Rusmil: Keuntungan Vaksinasi Jauh Lebih Banyak Daripada Efek Samping

Nasional

Rencana Seleksi Guru Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja 2021 Telah Diumumkan
Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi seusai melawat ke rumah duka. Foto: Ammy.

Lamongan

Wafat Susul Sang Ibunda, Kisah Awak KRI Nanggala 402 Asal Lamongan Ini Bikin Terenyuh
Rektor Unisla, Bambang Eko Mulyono saat menerima vaksin. (Foto: Istimewa)

Lamongan

Ratusan Dosen Divaksin, Unisla Siap Laksanakan Perkulihan Tatap Muka
Perwakilan Pemerintah Desa saat menkonfirmasi terkait dampak polusi kepada PT. Jayabrix Indonesia. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Resahkan Warga, Polusi PT. Jayabrix Indonesia Dinilai Ancam Kesehatan

Nasional

Angka Kemiskinan Bertambah, Gus AMI: Persoalan Ekonomi Jadi PR Serius