Rencana Seleksi Guru Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja 2021 Telah Diumumkan

Pengumuman pelaksanaan seleksi Guru PPPK oleh menteri Nadiem Makarim. Foto: Progresnews.id/Alfa

Jakarta, Progresnews.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali mengumukan kabar terkait pendidikan, yakni perihal Rencana Seleksi Guru Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021.

Pengumuman ini disampaikan melalui channel youtube kemendikbud RI, Senin (23/11). Dalam acara ini juga tampak hadir Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta beberapa menteri kabinet kerja jilid 2.

Rencana Seleksi Guru PPPK ini dilaksanakan berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Kemendikbud mengestimasi bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri mencapai satu juta guru (di luar guru PNS yang saat ini mengajar). Dan pembukaan seleksi untuk menjadi guru PPPK dilakukan sebagai sebuah upaya untuk menyediakan kesempatan yang adil untuk guru-guru honorer yang kompeten agar mendapat penghasilan yang layak.

Dalam seleksi ini pemerintah membuka kesempatan bagi dua golongan, yaitu guru honorer di sekolah negeri dan swasta yang terdaftar di Dapodik dan lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar.

Ada beberapa hal yang membedakan seleksi guru PPPK tahun ini dengan tahun sebelumnya, yakni:

1. Jika pada tahun sebelumnya formasi guru PPPK terbatas, maka tahun 2021 nanti semua guru honorer dan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) bisa mendaftar dan mengikuti seleksi. Dan semua yang lulus seleksi akan menjadi guru PPPK hingga batas satu juta guru.

2. Tahun-tahun sebelumnya, setiap pendaftar hanya diberi kesempatan mengikuti seleksi satu kali dalam setahun, tetapi tahun 2021 mendatang pendaftar diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi sampai tiga kali. Jika pada kesempatan pertama gagal, maka bisa belajar dan mengulang ujian hingga dua kali lagi di tahun yang sama atau berikutnya.

3. Tahun lalu tidak ada materi persiapan untuk para pendaftar, sedangkan tahun 2021 kemendikbud akan menyediakan materi Pembelajaran secara daring untuk membantu pendaftar mempersiapkan diri sebelum ujian seleksi.

4. Sebelumnya Pemerintah Daerah harus menyiapkan anggaran gaji peserta yang lulus seleksi guru PPPK, tahun 2021 Pemerintah Pusat memastikan tersedianya anggaran bagi gaji semua peserta yang lulus seleksi guru PPPK.

5. Biasanya biaya penyelenggaraan ujian ditanggung oleh Pemerintah Daerah, tetapi tahun 2021 biaya penyelenggaraan ujian seleksi ditanggung oleh kemendikbud.

Editor: Elsalim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.