Home / Lamongan / Warta

Kamis, 18 Maret 2021 - 21:14 WIB

Rehabilitasi Sungai Bengawan Jero Ditarget 2022

Reporter : Adyad Ammy Iffansah

Kondisi banjir di lamongan saat ini. (Foto: Progresnewsm.id/Ammy)

Kondisi banjir di lamongan saat ini. (Foto: Progresnewsm.id/Ammy)

Lamongan, Progresnews.id — Dijuluki lumbung padi nasional, Kabupaten Lamongan semakin terpuruk kala dihadapkan dengan bencana banjir dan kekeringan.

Tek heran, hal itu menempatkan Pemerintah Daerah Lamongan pada posisi yang dilematis. Namun, pada 2022 mendatang rehabilitasi akan dilakukan guna menghentikan masalah yang terjadi setiap tahun itu.

“Semua persiapan sudah matang, tinggal eksekusi,” tutur Djadi, Kabid Operasi dan Pemeliharaan Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air Lamongan, Kamis (18/3).

Djadi mengungkapkan, persipan dari mulai detail desain, skema eksekusi, hingga analisis dampak sosial dan ekonomi (Larap) telah dilakukan.

Baca Juga:  Ditengah Badai Ekonomi, Pemkab Lamongan Adakan Job Market Fair

“Koordinasi dengan Balai Besar Sungai Wilayah Bengawan Solo (BBSWBS) sering kita lakukan, 2022 kalau gak ada rekofusing akan maksimal proyek ini” ungkapnya

Untuk stategi penyelesaian banjir, kata Djadi, selain normalisasi sungai yang mengarah ke muara laut juga akan menambah kapasitas pompa hingga 20.000 liter/detik.

Djadi kabid Operasi dan Pemeliharaan. DPU SDA Lamongan kala memberi penjelasan. (Foto: Ammy)

“Penambahan kapasitas pompa air hingga 20.000 liter/detik di waduk Kuro, mengoptimalkam bengawan mati hingga normalisasi sungai ke muara laut,” katanya.

Seperti yang diamanatkan Perpres No. 80 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi kawasan Gresik – Bangkalan – Mojokerto – Surabaya – Sidoarjo – Lamongan (Gerbangkertosusilo). dituliskan bahwa rehabilitasi saluran irigasi Sungai Bengawan Jero menjadi prioritas penangnan.

Baca Juga:  Yuk Ikut! UPT BLK Tuban Gelar Pelatihan Kerja Sebulan Penuh

Meski, diproyeksikan untuk peningkatan hasil pertanian padi dengan membangun saluran irigasi ke lahan persawahan, proyek yang mendapat estimasi anggaran 100 Milyar ini juga secara otomatis berdampak pada penyelesaian Banjir.

“Jika irigasi dan drainase di maksimalkan pada proyek 2022 mendatang, secara otomatis juga mengatasi banjir yang bertahun-tahun terjadi,” ucapnya.

Share :

Baca Juga

Ketua DPRD Abdul Qodir saat Jumpa Pers di Gedung DPRD

Gresik

Dukung Visi-Misi, DPRD Gresik Minta Gus Yani-Bu Min Segera Usung RPMJD
Kepala Staff Kepresidenan RI, Moeldoko dalam Webinar Jurnalisme Berkualitas "Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan dan Penerbitan Pers Guna Menyehatkan Demokrasi di Tengah Gempuran Disrupsi Digital" pada Minggu, (7/2).

Nasional

Moeldoko Akui Lebih Takut Todongan Wartawan Daripada Senjata

Nasional

Kampus Mengajar Angkatan Pertama, Empat Kampus Telah Mendaftar

Nasional

Demokrat Diguncang, BMI Jawa Timur Tetap Bergerak Perkuat Barisan Partai Demokrat
Ratna Mutia Marhaeni, Sosok Kartini masa kini. Sukses menjadi politisi muda di DPRD Lamongan dan ketua F-Partai PDI Perjuangan.

Lamongan

Agungkan Derajat Wanita dan Humanisme, Ratna Mutia Marhaeni Cerminan Kartini Masa Kini

Gresik

Berkolaborasi dengan Sekolah Meksiko, Smadiga Gresik Lakukan Program Internasional Collaboration
Kiri: Pasubag Humas Polres Lamongan, Iptu Estu Kwindardi.

Lamongan

Polisi Langgar Aturan, Polres Lamongan Sarankan Warga Lapor lewat APK Dumas Presisi
Penyanyi Indonesia Idol, Nowela Elizabeth Mikhelia Auparay mempromosikan produk Papua saat menjadi pemateri dalam rangkaian acara Festival Torang Pu Para Para, Seri Podcast 2: Semangat Mengembangkan Produk Asli Papua!, Kamis (26/8).

Nasional

Nowela Ajak Masyarakat Promosikan Produk Papua