Redaksi

Era digital saat ini menciptakan persaingan perusahaan media yang luar biasa. Pada tahun 2019, Persatuan Wartawan Indonesia menyebutkan ada sekitar 47 ribu media daring di Indonesia. Puluhan ribu media daring itu saling bersaing dengan mengedepankan ciri khas dan keungulan masing-masing agar dapat memenuhi tugas perusahaan pers: menginformasikan, mendidik, menghibur dan mempengaruhi.

Tugas perusahaan pers untuk mempengaruhi itu kemudian menjadikan masyarakat mempertanyakan dan meragukan keberpihakan perusaan pers. Masyarakat kemudian hanya dijejali dengan informasi yang sebelah pihak, dan tidak berimbang. Ditambah fakta bahwa sebagian besar perusahaan pers cenderung berpihak kepada kepentingan pemerintah dan perusahaan besar, dan meminggirkan kepentingan mayarakat kecil. Kebutuhan masyarakat kecil untuk menyalurkan informasi, dengan demikian, kurang mendapat tempat di perusahaan pers.

Pewarta perusahaan media merupakan ujung tombak perkembangan pers di Indonesia. Karena itu, Indonesia membutuhkan pewarta yang benar-benar aspiratif, inovatif, segar, jernih dan berkepentingan kepada masyarakat kecil. Untuk mewujudkan itu, dibutuhkan media baru dengan tekad untuk menciptakan perusahaan pers yang evolutif dalam hal informasi.

Berangkat dari hal itu, dengan mengajak para pemuda sebagai penerus bangsa yang mempunyai integritas tinggi untuk menjadi pewarta, kami menciptakan media informasi baru Progresnews.id. Dengan mengedepankan semangat kebaruan dan orisinalitas, Progresnews.id diwujudkan untuk lebih bernyali dalam menyampaikan aspirasi dari masyarakat kecil.

Dengan demikian, Progresnews.id adalah portal berita yang memberikan informasi, berita, investigasi dan analisis kepada khalayak umum terkait dengan isu-isu terkini dan fokus pada tingkat regional Jawa Timur. Namun, tidak dipungkiri bahwa Progresnews.id juga tertarik dengan isu-isu di tingkat nasional dan internasional yang berhubungan dengan isu-isu regional.

Setiap publikasi yang disajikan oleh Progresnews.id merupakan mempunyai prinsip kebaruan, kelugasan, kemandirian, keberimbangan dan dapat dipertanggung jawabkan sebagaimana diamanatkan dalam UU Pers No. 40 Tahun 1999 serta menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

Dalam pelaksanaannya, Progresnews.id mencoba mengemas setiap berita dari sudut pandang lain (anti-mainstream) dengan sumber data utama dari reporter di setiap daerah dan sumber-sumber data lain dengan harapan mampu menghadirkan karya jurnalistik yang berkualitas dan evolusioner.

Dasar konsep dan tujuan tersebut menjadi pijakan awal dari kawan-kawan pewarta muda untuk melangkah. Bertepatan pada 17 Agustu 2020, kawan-kawan pewarta muda itu mendirikan Progresnews.id dengan legalitas dan izin resmi di bawah PT Progres Muda Nusantara.

Kami pun menyadari, Progresnews.id memang masih muda dan kami akan terus melakukan berbagai perbaikan-perbaikan hingga menjadi media yang dekat dengan masyarakat serta mewarnai perubahan dan perkembangan zaman. Untuk itu, kami juga menerima kritik dan saran, hak jawab dan hak koreksi kepada pihak yang merasa keberatan dengan setiap publikasi dari Progresnews.id.

VISI

Menjadi Media Informasi yang aspiratif, inovatif, inspiratif, segar, dan jernih.

MISI

1) Memberikan informasi, berita dan wawasan pada masyarakat dengan berprinsip pada kebaruan, kelugasan, kemandirian, keberimbangan dan dapat dipertanggung jawabkan;

2) Melahirkan jurnalis profesional;

3) Mengembangkan basis pengetahuan masyarakat terhadap daerah; dan

4) Mengawal pembangunan daerah;

TUJUAN

1) Menjadi Media Informasi tentang Jawa Timur;

2) Menjadi media informasi sosialisasi kebijakan serta program pemerintah, baik lokal, provinsi serta nasional;

3) Menjadi wadah bagi masyarakat dalam menyampaikan informasi serta aspirasi kepada pemerintah; dan

4) Melahirkan jurnalis yang berkualitas, berkarakter, dan mampu menjaga independensi wartawan.

DETIL PROFIL

NAMA                                       : PROGRESNEWS.ID

BAHASA                                   : INDONESIA

PERUSAHAAN                        : PT. PROGRES MUDA NUSANTARA

ALAMAT                                                   : Jl. Sumberagung RT 011 RW 004 Desa Petung Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Kode Pos: 61152

KONTAK                                                   : +62852 3400 8080, +62815 1522 4710

EMAIL                                       : partnership@progresnews.id (iklan), redaksi@progresnews.id (redaksional)

STRUKTUR PENGURUS

Direktur Utama                     : Muhammad Muslih, S. Pd., ME.

Penasihat                                : Abdul Hamid

Kuasa Hukum : Azrul Idris, S.Ag., SH., MH.

Administrasi-Keuangan     : Ahmad Shodiq

Iklan dan Kerjasama            : Alek Salim

Pimpinan Redaksi                 : Ahmad Maghfur

Redaktur Pelaksana            : Achmad Chidir Amirullah

Editor                                        : Kholish Nashruddin

Tim IT                                        : Masykur

Tim Kreatif                              : Mahrus

Koordinator Liputan           

Bojonegoro                            : Saindro Pamuji

Gresik                                       : Fitrotin Nufus

Lamongan                               : Nasih Fahruddin

Tuban                                        : Alfan Niam

Pewarta                                                  

Bojonegoro                               : Dela Winda Setiara, Bagas Antariksa, Alfa Kamila

Gresik                                       : Ayu Fatmatuz Zahroh, Tiary Ayu Syarifah, M. Mudzakkir, Betty Indah Cahyaningtias, Nadia Sari Pertiwi,

Lamongan                               : Nasih Fahruddin, Hidayah nur khomariyah, Julianda Dwi,

Tuban                                        : Gagas Galang Mabrur