Home / Film / Jendela / Warta

Jumat, 29 Oktober 2021 - 04:15 WIB

Rayakan Ulang Tahun Satu Dekade, Gresik Movie Gelar Tasyakuran

BERSYUKUR. Ketua Komunitas Gresik Movie Sanov Fajar, membagikan tumpeng kepada Dewi Musdalifah (Penyair Gresik) saat perayaan 10 tahun Gresik Movie, Kamis (28/10). Foto: Dokumentasi Gresik Movie/Progresnews.id

BERSYUKUR. Ketua Komunitas Gresik Movie Sanov Fajar, membagikan tumpeng kepada Dewi Musdalifah (Penyair Gresik) saat perayaan 10 tahun Gresik Movie, Kamis (28/10). Foto: Dokumentasi Gresik Movie/Progresnews.id

Gresik, Progresnews.id – Sejumlah pelaku kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Gresik, turut hadir merayakan ulang tahun ke-10, atau satu dekade komunitas film, Gresik Movie di Creative-Hub Gresiknesia, Jl Bougenville Dalam, Perumahan BP Wetan, Gresik.

Meski dihelat dengan bersahaja, yakni bincang santai dan tumpengan, namun kebahagiaan dari segenap personil Gresik Movie dalam acara tasyakuran terlihat begitu nyata.

Selain mengucap syukur, Ketua Gresik Movie Sanov Fajar berasumsi jika bertahannya komunitas kreatif ini secara mandiri, tidak luput dari peran dan komitmen semua anggota Gresik Movie.

“Integritas dan komitmen yang tinggi dalam mempersembahkan karya, membuat Gresik Movie dapat bertahan selama 10 tahun secara mandiri karena semangat dan kekompakan tim dalam mendedikasikan dunia perfilman untuk Gresik,” ujar Sanov kepada Progresnews.id, Kamis (28/10) malam, usai acara tasyakuran dan ngobrol santai dengan sejumlah pegiat seni budaya Gresik.

Baca Juga:  Belajar dari Pandemi, LAZISNU Wonokerto Kini Miliki Mobil Sehat
Pencapaian Luar Biasa. Gresik Movie bertahan selama 10 tahun dengan karya 32 film, 170 kali menggelar workshop film, dan memutar film di 16 Kecamatan dari total 18 kecamatan di Kabupaten Gresik. Foto : Tangkapan Layar Youtube Gresik Movie/Progresnews.id

Pemuda berkacamata ini juga mengatakan jika film yang telah diproduksi Gresik Movie selama satu dekade, baik bergenre fiksi, webseries, dokumenter, filler, yakni sebanyak 32 film.

Diketahui selama 10 tahun terdapat 170 program seperti workshop, dan pemutaran film di 16 kecamatan dari 18 kecamatan di Kabupaten Gresik dilakukan komuntas ini. Ada pun workshop bertujuan untuk menemukan sineas baru, sedangkan pemutaran film sebagai upaya mengenalkan film kepada masyarakat luas.

Sementara ditambahkan oleh salah satu Pendiri Gresik Movie, Irfan Akbar Prawiro, berdirinya komunitas ini sejak 2011 silam, kemudian disambut dengan Gresiknesia di tahun 2018, merupakan upaya dalam mendukung karya film Gresik Movie yang diharapkannya semakin baik.

“Karena kami menyadari film adalah semesta yang tidak bisa dilepaskan dari Seni Teater, Musik, Rupa, dan Sastra,” tutupnya.

Baca Juga:  Bahas Bansos, Komisi IV DPRD Kabupaten Tuban Kunjungi Dinsos P3A

Selain dihadiri oleh para pelaku seni dan budaya di Gresik, pada Ulang Tahun Gresik Movie Satu Dekade yang berbarengan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, juga jadi ajang silaturrahmi para aktor dan aktris yang pernah terlibat berperan di film produksi Gresik Movie.

Semangat! Para pelaku seni dan budaya di Gresik turut hadir mengapresiasi Satu Dekade Gresik Movie, Kamis (28/10). Foto: Dokumentasi Gresik Movie/Progresnews.id

Tak hanya itu, ucapan selamat ulang tahun secara virtual juga mengalir dari sejumlah tokkoh dan masyarakat. Di antaranya Rita Manu Mona dari Teater Koma, Arief Akhmad Yani dari Lensa Mata & IFCN, Aktor Pantomim Banon Gautama,  Yurico Abi Pratama dari IFCN, Fadlol dari Kebumen Movie, Sanggar Budaya Reinannce Malang, Sanggar Gayo Symphony Aceh, Siswi SLBI Bhayangkari 2 Gresik, Imas Setyo Rini dari Komunitas Pesinden Blitar (Pesintar), Aktris & Model Reihana Hanif, hingga Anggas Art dari Papua Barat.

Share :

Editor : Achmad Chidir Amirullah

Baca Juga

Situasi di salah satu jalan kampung Desa Balun Kecamatan Turi. Foto : Ammy.

Lamongan

Tak Ada Peringatan Hari Lahir Pancasila di Desa Pancasila, Kok bisa?
Kepala Divisi Hubungan Masyarakat, Irjen Pol Argo Yuwono. Foto: ANTARA.

Nasional

6 Oknum Polisi Penganiaya Herman Ditetapkan Sebagai Tersangka
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangannya di kantor presiden (4/2). Sumber Foto: BPMI Setpres.

Nasional

Imlek di Tengah Pandemi, Pemerintah Imbau Perayaan Dilakukan Dengan Sederhana dan Taat Prokes
Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani (Gus Yani) bersama Istri, Ning Nurul Ali Haromaini di Pulau Bawean. Foto: Instagram @FandiAkhmadYani/Progresnews.id

Tokoh

Gus Yani Masuk Deretan 12 Tokoh Muda NU Jatim Versi FJN
Potret Lamongan Mart, Rabu (21/4). Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Program Andalan Pemkab Lamongan Rezim H. Fadeli Mangkrak, Bangunanya Kosong dan Terbengkalai
Kapolres Lamongan, AKBP Miko Indrayana didampingi Kasat Reskrim AKP Yoan saat menunjukan barang bukti kasus pencabulan. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Setubuhi Anak Usia 8 Tahun, Tersangka Mengaku Hiperseksual
Suasana Konrensi pers ungkap terduga pelaku perusakan mobil patroli Polsek Brondong, terlihat AKBP Miko menunjukan sejumlah barang bukti. Foto: Progresnews.id/Ammy.

Lamongan

Beralasan Tak Suka Figur Polisi, Pemuda di Lamongan Nekat Rusak Mobil Patroli
Warga Desa Pomahanjanggan Kecamatan Turi Lamongan saat memperbaiki pipa penyalur air yang rusak. Foto : Istimewa

Lamongan

Ramai Didatangi Pemudik, Desa Pomahanjanggan Kewalahan Penuhi Kebutuhan Air Selama Libur Lebaran