Ratusan Bonsai Ramaikan Kontes dan Pameran Bonsai PPBI di Gressmall

Ratusan Bonsai Ramaikan Kontes dan Pameran Bonsai PPBI di Gressmall
Ratusan bonsai milik para pecinta bonsai se-Kabupaten Gresik meramaikan kontes dan pameran bonsai Gressmall, Gresik.

Progresnews.id, Gresik – Ratusan bonsai milik para pecinta bonsai se-Kabupaten Gresik meramaikan kontes dan pameran bonsai Gressmall, Gresik.

Sebanyak 303 pohon dari berbagai macam jenis yang berasal dari seluruh peserta yang dipamerkan dalam kontes dan pameran ini. Termasuk pohon asal Pulau Bawean.

Kontes dan pameran yang digelar oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Gresik itu berlangsung selama sepekan sejak 31 Agustus 2020 sampai 7 September 2020. Acara ini bekerjasama dengan Pemda, Dinas Periwisata dan Gressmall. Mengingat masa pandemi, ia mengatakan panitia tetap mengedepankan protokol kesehatan. Yakni semua pengunjung diwajibkan cuci tangan, jaga jarak dan pakai masker.

Ketua pelaksana Kontes dan Pameran PPBI, Dedy Kurniawan mengatakan, kontes dan pameran bonsai ini digelar sebagai pemersatu dari sekian banyak komunitas penggemar bonsai yang ada di Kabupaten Gresik.

“Selain untuk menampilkan hasil karya masing-masing peserta yang terdiri dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Gresik, acara ini juga digelar untuk silaturrahim seluruh komunitas penggemar bonsai,” ucapnya.

Kontes dan pameran, kata Dedy, secara umum ada sejumlah penilaian yang dilakukan oleh para juri. Hasil penilaian selanjutnya akan menentukan juara masing-masing kategori.

“Jadi, secara umum penilaiannya ada 4 unsur yakni, penampilan, gerak dasar, keserasian, kematangan. Adapun kategori terbagi menjadi 2 yakni, kategori regional dan prospek,” terang Dedy.

Dalam pembukaan kontes dan pameran ini, secara resmi dihadiri sejumlah perwakilan dari Pemkab Gresik, diantaranya Asisten 3 Bupati Gresik, Tursilowanto, perwakilan Dinas Pariwisata, dan perwakilan dari Gressmall.

Asisten 3 Bupati Gresik, Tursilowanto menyampaikan apresiasi dan kagum dengan karya-karya bonsai dari masyarakat lokal Gresik.

“Ini sangat bagus, dan nantinya selain bernilai seni juga bisa bernilai ekonomi tinggi, pastinya ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat ditengah pandemi,” ujarnya.

Hal senada disampaikan General Manager Gressmall Yudi PWR, pihaknya mengaku senang dengan kegiatan seperti ini, karena bisa meningkatkan sektor pelestarian alam dan wisata.

“Kami sangat senang dan apresiasi dengan kegiatan seperti ini, karena dengan bonsai ini kita bisa meningkatkan sektor pelestarian alam dan wisata, dan Gressmall sangat terbuka bagi masyarakat Gresik, terutama dalam kegiatan-kegiatan positif seperti ini,” kata Yudi. [rfk]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.