Home / Lamongan / Warta

Rabu, 19 Mei 2021 - 16:49 WIB

Ramai Didatangi Pemudik, Desa Pomahanjanggan Kewalahan Penuhi Kebutuhan Air Selama Libur Lebaran

Reporter : Adyad Ammy Iffansah

Warga Desa Pomahanjanggan Kecamatan Turi Lamongan saat memperbaiki pipa penyalur air yang rusak. Foto : Istimewa

Warga Desa Pomahanjanggan Kecamatan Turi Lamongan saat memperbaiki pipa penyalur air yang rusak. Foto : Istimewa

Lamongan, Progresnews.id — Ramai didatangi pemudik lokal, Warga Desa Pomahanjanggan mulai dipusingkan dengan pasokan air bersih yang mulai langka.

Oleh karenanya, Pemdes Desa Pomahanjanggan Kecamatan Turi Lamongan terpaksa harus memberlakukan pemadaman air bergilir.

Berkurangnya pasokan air bersih jelas mempengaruhi aktifitas warga desa, jika biasanya kebutuhan air bersih tercukupi, namun sejak libur lebaran banyak warga mengeluh air di rumah mereka mampet.

Setelah diselidiki, kuat dugaan memang benar jika pompa air milik Desa Pomahanjanggan tidak mampu memenuhi kebutuhan air bagi seluruh warga beserta keluarga yang datang berkunjung ke Desa Pomahanjanggan.

Baca Juga:  Berkolaborasi dengan Sekolah Meksiko, Smadiga Gresik Lakukan Program Internasional Collaboration

Pengurus Hippamms Zam-zam Desa Pomahanjanggan, M. Sholihuddin mengungkapkan permasalahan langkahnya air bersih sudah menemui solusi meski bersifat sementara.

“Akhirnya, untuk menyiasati itu dilakukan pemadaman, tapi digilir. Giliran itu dilakukan saat siang hari, dengan durasi 3 jam bergantian tiap dusun,” ungkap Sholihuddin, Selasa (18/5).

Langkah cepat dengan mengalirkan air secara bergantian dirasa cukup berhasil, terbukti dari mulai terisinya penampung air di tiap dusun.

“Alhamdulillah, keputusan ini sangat terasa bagi konsumen. Sebelumnya air cuma mengalir sedikit, sekarang air bisa mengalir deras lagi dari kran-kran yang ada di rumah warga,” tuturnya.

Baca Juga:  Sempat Diwarnai Kericuhan, Ratusan Warga Kecamatan Turi Tuntut Banjir Segera Diatasi
Pipa penyalur air rusak di Desa Pomahanjanggan.
Pipa penyalur air rusak di Desa Pomahanjanggan.

Dari tiga dusun, masing mendapat porsi yang sama, pemadaman di Dusun Gowah dilakukan pada 08:00 – 11:00 sedangkan untuk Dusun Janggan terjadi pada pukul 11:00 – 14:00, sementara Dusun Pomahan tidak dimatikan lantaran konsumsi air masih stabil.

Selanjutnya, meningkatnya penggunaan air secara maksimal biasanya terjadi pada pukul 15.00 – 18:00 Wib. Kran-kran air di rumah warga mengalirnya tidak deras, tetapi penampungan sudah terisi penuh saat dilakukan giliran.

Share :

Baca Juga

Duta Besar Uni Eropa Vincent Piket bersama Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D dan Dekan FISIP UI Dr Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc., dalam kuliah umum ”The EU Strategy in Coping with Multidimensional Impacts and Challenges of COVID-19 Pandemic” pada Jumat (26/2).

Nasional

Tekankan Bidang Penelitian, Uni Eropa Eratkan Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Indonesia
Sesi foto bersama acara diseminasi dan press briefing bertajuk Sinergi dan Pelibatan Aktif Kelompok Rentan Termarginalkan untuk Komunikasi Risiko dan Perlindungan Pandemi yang Setara secara daring yang diselenggarakan oleh Mercy Corps Indonesia dan BNPB, Selasa (10/8).

Nasional

Undang Puluhan Media, LeaN On dan BNPB Gelar Diseminasi Pembelajaran Komunikasi Covid-19 yang Setara
Menteri Perdagangan, Agus Gumiwang menyampaikan Presiden Joko Widodo telah menyetujui rencana relaksasi penjualan barang mewah sepanjang tahun 2021, Sabtu (13/2). Foto: kompastv.

Ekonomi

PPnBM Dihapus, Beli Mobil Baru Dapat Banyak Diskon
Momentum saat kemenag bersama unsur organisasi maupun lembaga islam menantikan Rukyatul hilal di Pantai Tanjung Kodok Lamongan. Foto : Progresnews.id/ Ammy.

Lamongan

Detik-detik Munculnya Hilal di Tanjung Kodok Lamongan

Ekonomi

Nenek di Widang Kesulitan Beli Beras Usai Dicoret Dari KPM BPNT
Deputy Representative The Asia Foundation (TAF), Sandra Hamid saat membuka webinar bertajuk Memperkuat Kolaborasi Pasar untuk Pengembangan UMKM di Tanah Papua, Jumat (27/8).

Nasional

4 Strategi Program PAPeDA dalam Pengembangan Produk Lokal Papua
Video conference Ketua MUI, KH. Cholil Nafis dengan Hersubeno Arief membahas buzzer yang meresahkan masyarakat. Sumber: kanal YouTube Hersubeno Point.

Nasional

Buzzer Biang Keresahan, MUI: Buzzer Pemakan Bangkai
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Brigjen Pol. Rusdi Hartono. Foto: Humas Polri.

Hukum dan Kebijakan

Promosi Nikah Anak, Polri Akan Usut Aisha Wedding