Home / Tokoh / Warta

Rabu, 27 Oktober 2021 - 01:58 WIB

Puncak HSN2021, GP Ansor Dukun Gelar Parade Banjari 1000 Terbang

SERIBU TERBANG. Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Ansor Kecamatan Dukun Gresik menggelar puncak HSN 2021 di Desa Tebuwung, (26/10). Foto: Chidir/Progresnews.id

SERIBU TERBANG. Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Ansor Kecamatan Dukun Gresik menggelar puncak HSN 2021 di Desa Tebuwung, (26/10). Foto: Chidir/Progresnews.id

Gresik, Progresnews.id – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Dukun, menggelar peringatan Hari Santri Nasional (HSN 2021), sekaligus Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa (26/10) malam.

Gelaran Puncak HSN 2021 berjuluk Parade Al Banjari Seribu Terbang ini berlokasi di Pondok Pesantren Hidayatullah, Desa Tebuwung Kecamatan Dukun, Gresik.

Hadir memberikan dukungan terhadap kegiatan para pemuda NU di wilayah tersebut antara lain yakni, Ketua Majelis Wilayah Cabang (MWC NU Dukun) KH M Sholeh, Rais Syuriah MWC NU Dukun KH Ahmad Toyib Mas’udi, dan Kepala Desa Tebuwung M Hita’wajdi.

Hadir pula Direktur Utama PT Deva Muda Nusantara, yang juga Wakil Bendahara Pengurus Cabang GP Ansor Kabupaten Gresik M Muslih Muandar, selaku sponsor utama turnamen voli yang digelar PAC GP Ansor Dukun.

Melu Urun. Pengusaha muda, M Muslih Muandar bersama Ketua PAC GP Ansor Dukun Syahidin, saat penyerahan hadiah berupa uang pembinaan. Foto: Chidir/Progresnews.id

Dalam sambutannya, Kepala Desa Tebuwung, M Hita’wajdi, menyatakan apresiasinya kepada PAC GP Ansor Dukun yang telah menjadikan desanya tuan rumah puncak acara bertajuk Parade Banjari 1000 Terbang ini. Dirinya mempersilahkan para pemuda NU ini sering-sering menggelar kegiatan di desanya.

Baca Juga:  Warga Bale Keling Klarifikasi Tuduhan Nitizen: Bukan Menjarah, Tetapi Diberi

Kami sangat mengapresiasi rangkaian kegiatan Hari Santri tahun ini. Meski tim voli kami kalah, tapi kami tetap welcome kalau ada kegiatan Ansor. Sudah jelas di Mars Banser ‘Tidak kembali pulang sebelum kita yang menang’ artinya kan, harus digelar lagi kegiatan turnamen lainnya di desa kami,” guyon Kades Tebuwung, disambut tawa para pengurus lain yang nampak kompak memakai jas hijau dan songkok.

Sementara Ketua PAC GP Ansor Dukun, M Syahidin, mengatakan kegiatan pada malam hari ini merupakan acara puncak dari timeline peringatan HSN 2021 yang diprogram oleh PAC GP Ansor Kecamatan Dukun sejak 5 Oktober hingga malam ini sebagai acara pemungkas.

Dikatakannya, keseluruhan event semarak Hari Santri dari Turnamen Bola Voli, Ngonthel Bareng, hingga Ziarah Masyayikh telah berjalan dengan sangat sukses. Semua itu, kata Syahidin, tidak terlepas dari semangat kemandirian dan inisiatif yang gemilang dalam khidmat kepada NU.

Para Juara. Juara Turnamen voli dalam rangka HSN 2021 menerima uang pembinaan dan trophy di puncak acara. Foto: Chidir/Progresnews.id

“Terima kasih atas partisipasi sahabat-sahabat GP Ansor dan Banser Dukun dari awal yakni 5 Oktober hingga malam ini. Sahabat semua telah memberikan kerelaannya mensukseskan kegiatan turnamen voli, ngontel dan ziarah masyakih, dan ini merupakan kesuksesan kita semua,” ungkapnya.

Baca Juga:  Lewat Twitter, Mahfud MD Tegaskan Pemerintah tak Proses Pelaporan Din Syamsuddin

Syahidin juga memohon para Kiai dan sesepuh diberikan kesabaran dan kesehatan. Sehingga dapat selalu membimbing anak-anak muda NU di PAC GP Ansor Dukun.

Dalam kesempatannya, Ketua MWC NU Dukun merasa bangga dengan semaraknya HSN 2021. Sebab disukseskan dengan kerjasama yang baik dan menggandeng semua lembaga NU dan Badan Otonom NU di Dukun.

“Khidmat yang seperti ini harus terus menerus ditanamkan, dikokohkan. Sebab gerak bersama secara tenaga dan harta yang akan memajukan NU,” tuturnya.

Ditambahkannya, jika perlu diprogramkan empat hal penting perlu diketahui oleh lembaga dan Banom-banom NU. Empat poin tersebut adalah

“Pertama Al Ma’rifatu bi nahdlatul ulama’, teguh keyakinan terhadap NU. Kedua, Ats-tsiqatu bi Nahdlatil Ulama, kuat dan mantap bersama NU. Al Jihadu fi Nahdlatul Ulama, mau berjuang di dalam NU. Kemudian yang terakhir As shabru bi Nahdlatil Ulama bersabar dan istiqomah bersama NU. Ini harus diperkokoh,” tutupnya.

Share :

Editor : Achmad Chidir Amirullah

Baca Juga

Tokoh

Survei Caketum PBNU Unggul, KH Marzuki Mustamar: Kami Rumusnya Manut Masyayikh
Foto: Kemendikbud.

Nasional

Kemendikbud Libatkan Ibu Penggerak untuk Kampanye Program dan Kebijakan
Gus Yani dan Bu Min.

Daerah

Bupati Gresik Gus Yani dan Wabup Bu Min, Resmikan Klinik Pratama Muslimat NU Bungah
Dua dari kiri Ketua PCNU Gresik KH Chusnan Ali bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Gresik Asep Heri, beserta Rais Syuriah PCNU Gresik KH Mahfudz Ma'sum dan Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir, (23/10). Foto: Official NU gresik/Progresnews.id

Tokoh

Kejutan HSN 2021, Balai Rukyat Condrodipo Jadi Milik NU Gresik
Deputi Pembangunan Ekonomi Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Ahmad Erani Yustika saat menjadi penanggap dalam Market Gathering bertajuk Membangun Kolaborasi Pasar UMKM bersama “ASMAT”, Selasa (24/8).

Nasional

Deputi Setwapres Apresiasi Pengembangan Komoditas Lokal Papua

COVID-19

Putus Penyebaran Covid-19, Karyawan BNNK Tuban Jalani Rapid Test Antibodi
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Minggu (14/2). Foto: tangkapan layar kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Nasional

Hari Ini, Presiden Resmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan
DA'I MILENIAL. Ketua MUI Gresik, KH Mansoer Shodiq saat menyerahkan hadiah secara simbolik kepada Juara Festival Da'i Jawa Timur, (30/10). Foto: MUI Gresik/Progresnews.id

Warta

Gresik Punya Da’i Milenial, Siapakah dia?