Home / Warta

Senin, 22 November 2021 - 01:48 WIB

Pulau Bawean Dirintis Jadi Pulau Pusat Pendidikan Bahasa

Gresik, Progresnews.id – Potret masyarakat Pulau Bawean yang begitu kokoh menggengam nilai-nilai agama, membuat kepulauan yang memiliki pesona wisata alam bahari itu berat langkah untuk dijadikan “Balinya Gresik”.

Meski segala upaya telah gencar dilakukan untuk membranding Pulau Bawean sebagai Primadona Wisata Gresik dan Jawa Timur, baik melalui jalur event oleh Pemerintah maupun dari berbagai komunitas, serta sentuhan tangan kreatif milenial melalui visual media sosial. Namun, semua progres Bawean sebagai destinasi wisata tidak bergerak dengan baik.

Kini, rencana perwujudan program Nawa Karsa Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Wakil Bupati Aminatun Habibah, yakni Gresik Cerdas akan dilakukan di Pulau Bawean.

Hal ini sebagaimana yang telah disampaikan oleh Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan Gresik, saat berkunjung di Bawean dan bertemu dengan masyarakat setempat di Pendopo Kecamatan Tambak, Bawean, Gresik.

“Orang Bawean itu sangat religius, sehingga jika Pulau Bawean dibuat menjadi Pulau Pariwisata seperti di Bali menjadi tidak cocok,” ujar Bu Min, nama pendek Aminatun Habibah, Sabtu (20/11).

Baca Juga:  Jatah Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Sudah Tiba di Tuban

Ada pun konsep Pulau Pendidikan yang akan diterapkan di Bawean yakni menjadikannya sebagai tempat tujuan bagi siswa-siswi yang ingin mendalami disiplin ilmu bahasa. Bentuknya yakni akan berdiri pusat pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa Arab dan bahasa Inggris.

“Kami ingin menjadikan Bawean sebagai Pare-nya Kabupaten Gresik, tetapi tidak hanya berhenti di bahasa Inggris, melainkan juga bahasa Arab, karena Bawean kental dengan pendidikan pesantrennya,” jelasnya.

Wabup Gresik Perempuan pertama ini berharap, realisasi Bawean sebagai Pulau Pendidikan nantinya akan memberikan manfaat tidak hanya untuk masyarakat Pulau Bawean, namun untuk seluruh pelajar yang ingin belajar bahasa dan tertarik untuk datang ke Bawean.

Karena itu, dirinya memohon doa dan masukan dari masyarakat agar program ini dapat diwujudkan dengan baik. “Jadi tidak hanya bermanfaat bagi pelajar, tetapi juga dapat mengangkat UMKM yang ada di Pulau Bawean, ekonomi masyarakat akan bergerak maju dan sejahtera,” sambungnya.

Baca Juga:  Antisipasi Lonjakan Kasus Covid 19 Pada Libur Natal dan Tahun Baru, Forkopimda Lakukan Rapat Koordinasi

Dari respon undangan, terlihat sangat besar harapannya agar program ini bisa segera berjalan. “Masukan dari panjenengan semua sudah saya catat dan akan kita jadikan bahan pertimbangan untuk perkembangan Pulau Bawean kita bersama,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Hariyanto dalam laporannya mengatakan bila Pemkab Gresik berkonsentrasi untuk meningkatkan sarana-prasarana (Sarpras) pendidikan dan peningkatan kualitas pendidik.

Menurut Hariyanto, 75 persen Sarpras pendidikan dalam keadaan kurang baik. Pemetaan Sarpras juga dilakukan pihaknya di Pulau Bawean. Sehingga tahun ini APBD Gresik menganggarkan tiga milyar untuk perbaikan Sarpras pendidikan di Bawean.

“Kami juga akan mengajak perusahaan-perusahaan di Kabupaten Gresik untuk bersama-sama menyelesaikan masalah sarana dan pra-sarana dengan dana CSR mereka,” kata Hariyanto.

Selain Wakil Bupati B Min dan Plt Kepala Dinas Pendidikan Gresik, tampak hadir pula Anggota DPRD Gresik asal Bawean Musa, Camat Kecamatan Tambak Subhan, serta Faiz selaku staf ahli pemerintah Kabupaten Gresik.

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto , dalam Bimtek dan Pendampingan Penyelenggaraan Program Diploma Dua Jalur Cepat. Sumber Foto: Situs resmi Kemendikbud.

Nasional

Kemendikbud Buka Program D2 Jalur Cepat Tahun 2022/2023
Perpres Pendanaan Pesantren Disahkan, DPC PKB Lamongan Gelar Syukuran

Lamongan

Perpres Pendanaan Pesantren Disahkan, DPC PKB Lamongan Gelar Syukuran

Gresik

Muncul Berita Hoax Kasdim 0817 Meninggal, Ketua Formagam Gresik Ingatkan Jangan Terpedaya Berita Bohong
Kegiatan tabur bunga oleh Dandim 0812 Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono dan Istri. Foto : Ivan A.

Lamongan

HUT TNI Ke-76, Kodim 0812 Lamongan Tabur Bunga di TMP Kusuma Negara
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar. Foto: Dok. Kemendes.

Nasional

Genjot PADesa, BUMDes Diakui Sebagai Badan Hukum

Gresik

Di Makam Sunan Giri, Wabup Gandeng LAZIZNU Gresik Bagikan Paket Bantuan

Gresik

Petani Gresik Bakal Dibantu Robot Usir Hama Tikus
Kapal nelayan yang bersandar di dermaga Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Brondong Lamongan. Foto : Ammy

Lamongan

Dampak Libur Lebaran, TPI Brondong Sepi Picu Naiknya Harga Ikan Laut