Home / Nasional / Warta

Rabu, 28 April 2021 - 21:00 WIB

Presiden Jokowi Lantik Menteri Baru

Presiden Jokowi ketika melantik Menteri Baru hasil resuffle kabinet Indonesia maju, sisa masa jabatan 2021-2024. Foto : setkab RI.

Presiden Jokowi ketika melantik Menteri Baru hasil resuffle kabinet Indonesia maju, sisa masa jabatan 2021-2024. Foto : setkab RI.

Nasional, Progresnews.id –  Teka teki reshuffle kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya terjawab sudah.

Seperti yang sudah dibicarakan oleh banyak orang, Presiden Jokowi akhirnya melantik dua orang posisi menteri, satu kementrian baru dan juga satu kementrian hasil penggabungan dua kementrian yang sudah ada. Dua kementrian tersebut yakni Kementrian Investasi dan juga kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Bahlil Lahadalia dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Investasi yang sekaligus akan mengisk pos sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) serta Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek).

Baca Juga:  Kemendikbud Luncurkan Kampus Mengajar Angkatan Pertama Tahun 2021, Apa itu?

Pelantikan yang dilaksanakan di Istana Negara, Rabu (28/04) sore tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 72/P Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta, pada 28 April 2021, tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian serta Pengangkatan beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Presiden Jokowi ketika melantik Menteri Baru hasil resuffle kabinet Indonesia maju, sisa masa jabatan 2021-2024. Foto : setkab RI.

Selain melantik dua orang menteri baru, Presiden Jokowi juga melantik Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang sebelumnya dijabat oleh Bambang Brodjonegoro.

Baca Juga:  Konsumsi Sabu, Kapolsek Sepatan Ditahan dan Dicopot dari Jabatan

Pelantikan ini sendiri berdasarkan Keppres Nomor 19/M Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta, pada 28 April 2021, tentang Pengangkatan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Usai pembacaan Keputusan Presiden tersebut, Presiden Jokowi kemudian melakukan pengambilan sumpah jabatan kepada masing-masing pejabat yang dilantik di hadapan Presiden Jokowi dan disaksikan rohaniwan.

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo.

Share :

Editor : Alex

Baca Juga

Menko Polhukam Mahdud MD di kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin 17 Februari 2020.

Hukum dan Kebijakan

Terkait Dinasti Politik, Menko Polhukam: Tidak Ada Hukum yang Melarang Praktik Nepotisme
Suasana sore dan kegiatan lomba melukis di Wisata Soda, dengan menerapkan prokes ketat. Foto: Istimewa

Lamongan

Wisata Soda Lamongan, Solusi Ngabuburit Aman di Masa Pandemi
Al Muiz Liddinillah dari Beritabaru.co, Rini Kurnia Solihat Kepala Bidang Bina Keuangan dan Aset Desa DPMD Kab. Kubu Raya, dan Firdaus Direktur Juang Laut Lestari (JARI) Borneo Barat dalam acara Podcast ke-4 Festival Inovasi Ecological Fiscal Transfer (EFT), Selasa (12/10).

Nasional

Keselarasan Kebijakan Dalam Penerapan TAKE Kubu Raya
Kurniawansyah Effendi Kepala Subbagian Tata Usaha BPHP Wilayah II Pekanbaru dan Sarah Monica dalam Podcast seri ke-6, Publikasi dan Diseminasi Praktik Baik, Perempuan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan, Senin (17/1).

Nasional

Tak Hanya Berani, Pengarusutamaan Gender Juga Butuh Inisiatif

Kesehatan

Dukung Program Nasional JKN-KIS, Bupati Gresik Teken Nota Kerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Gresik
Ilustrasi Kampus Merdeka Kemendikbud.

Nasional

Kemendikbud Luncurkan Kampus Mengajar Angkatan Pertama Tahun 2021, Apa itu?

Nasional

Tiga Prioritas Berkelanjutan Uni Eropa, Vincent Piket: Semua Negara Harus Bekerja Sama
Nelayan di Tuban Terima Bantuan Konverter Kit Dari Kementerian ESDM

Ekonomi

Nelayan di Tuban Terima Bantuan Konverter Kit Dari Kementerian ESDM