Home / Nasional / Warta

Rabu, 28 April 2021 - 21:00 WIB

Presiden Jokowi Lantik Menteri Baru

Reporter : Alex

Presiden Jokowi ketika melantik Menteri Baru hasil resuffle kabinet Indonesia maju, sisa masa jabatan 2021-2024. Foto : setkab RI.

Presiden Jokowi ketika melantik Menteri Baru hasil resuffle kabinet Indonesia maju, sisa masa jabatan 2021-2024. Foto : setkab RI.

Nasional, Progresnews.id –  Teka teki reshuffle kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya terjawab sudah.

Seperti yang sudah dibicarakan oleh banyak orang, Presiden Jokowi akhirnya melantik dua orang posisi menteri, satu kementrian baru dan juga satu kementrian hasil penggabungan dua kementrian yang sudah ada. Dua kementrian tersebut yakni Kementrian Investasi dan juga kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Bahlil Lahadalia dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Investasi yang sekaligus akan mengisk pos sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) serta Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek).

Baca Juga:  Minta Masyarakat Jaga Kedisiplinan, Gus Jazil: Larangan Mudik untuk Melindungi Bangsa

Pelantikan yang dilaksanakan di Istana Negara, Rabu (28/04) sore tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 72/P Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta, pada 28 April 2021, tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian serta Pengangkatan beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Presiden Jokowi ketika melantik Menteri Baru hasil resuffle kabinet Indonesia maju, sisa masa jabatan 2021-2024. Foto : setkab RI.

Selain melantik dua orang menteri baru, Presiden Jokowi juga melantik Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang sebelumnya dijabat oleh Bambang Brodjonegoro.

Baca Juga:  Gus Muhaimin: PPKM Jawa-Bali Perlu Evaluasi Menyeluruh

Pelantikan ini sendiri berdasarkan Keppres Nomor 19/M Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta, pada 28 April 2021, tentang Pengangkatan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Usai pembacaan Keputusan Presiden tersebut, Presiden Jokowi kemudian melakukan pengambilan sumpah jabatan kepada masing-masing pejabat yang dilantik di hadapan Presiden Jokowi dan disaksikan rohaniwan.

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo.

Share :

Baca Juga

Hiburan

Diganti Sandiaga Uno, Wishnutama Dinanti Good People Kembali Ke Televisi
Kepala Dinas Sosial Lamongan, Mohammad Kamil. (Foto: Ig. Dinsoslamongan)

Lamongan

Kemensos RI Hentikan Santunan Bagi Korban Covid-19, Jatah 54 Pengaju Asal Lamongan Belum Cair
Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. Foto: BPMI Sepres.

Nasional

Resmi Dilantik Menjadi Kapolri, Listyo Sigit Prabowo: Keselamatan Masyarakat Adalah Hukum Tertinggi
Kantor Kememterian Agama Kabupaten Lamongan. Foto: Ammy.

Lamongan

Impikan Ibadah Haji, Keberangkatan 1.643 Calon Jamaah Asal Lamongan Terancam Terus Tertunda
Salah satu lokasi banjir di Lamongan, terlihat Kasi Tanggap Bencana BPBD sedang membangu warga yang motornya mogok. (Foto: Ammy)

Lamongan

Sempat Surut, Lamongan Kembali Dilanda Banjir, 62 Desa dari 5 Kecamatan Jadi Korbanya

Nasional

Rencana Seleksi Guru Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja 2021 Telah Diumumkan
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar

Nasional

Pendaftaran Pilkada 2020, Kemendagri: Aparat Harus Tertibkan Massa

Lamongan

Dapat Bantuan Bedah Rumah, Warga di Lamongan Malah Kecewa, Kenapa?