Home / Ekonomi / Nasional / Warta

Minggu, 14 Februari 2021 - 15:32 WIB

PPnBM Dihapus, Beli Mobil Baru Dapat Banyak Diskon

Reporter : Alfan Niam Sofi - Telah dibaca 17 kali

Menteri Perdagangan, Agus Gumiwang menyampaikan Presiden Joko Widodo telah menyetujui rencana relaksasi penjualan barang mewah sepanjang tahun 2021, Sabtu (13/2). Foto: kompastv.

Menteri Perdagangan, Agus Gumiwang menyampaikan Presiden Joko Widodo telah menyetujui rencana relaksasi penjualan barang mewah sepanjang tahun 2021, Sabtu (13/2). Foto: kompastv.

Jakarta, Progresnews.id – Kabar baik bagi dunia otomotif, khususnya mobil. Presiden Joko Widodo telah resmi mengeluarkan program relaksasi penjualan barang mewah sepanjang tahun 2021.

Presiden Joko Widodo melalui Menteri Perindustrian Agus Gumiwang telah menyetujui kebijakan ini dalam rangka memulihkan sektor otomotif.

“Sudah disetujui oleh Bapak Presiden dalam rapat terbatas. Untuk CC di bawah 1500 dan produksi nasional” terang Agus Gumiwang, dikutip dari CNBC Indonesia, Sabtu (13/2).

Baca Juga:  BKPM Diminta Jokowi Realisasi Investasi Bisa Tembus Rp900 Triliun di 2021

Sementara itu, dalam keterangan resminya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, program relaksasi tersebut akan dilaksanakan secara bertahap selama sembilan bulan kedepan.

“Besaran insentif ini akan dilakukan evaluasi tiap 3 bulan. Instrumen kebijakan akan menggunakan PPnBM DTP (ditanggung pemerintah) melalui revisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK), yang ditargetkan akan mulai diberlakukan pada 1 Maret 2021,” papar Airlangga, Kamis (11/2).

Baca Juga:  Hari Ini, Presiden Resmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan

Lebih lanjut, Airlangga berharap pulihnya industri otomotif bisa membawa dampak positif bagi sektor industri lainnya.

“Industri pendukung otomotif sendiri menyumbang lebih dari 1,5 juta orang dan kontribusi PDB sebesar Rp 700 triliun,” pungkas Airlangga.

Seperti diketahui, jika program relaksasi ini berjalan. Setidaknya harga mobil baru dari dealer resmi bisa anjlok sampai 40 persen.

Share :

Baca Juga

Petugas melakukan pengecekan terhadap pupuk sebelum didistribusikan ke petani.

Daerah

Pupuk Subsidi Langka, Petrokimia Keluarkan Pernyataan Resmi
Korpus Dema PTKIN Se-Indonesia saat konsolidasi di Palembang.

Hukum dan Kebijakan

Korpus Dema PTKIN Se-Indonesia Titipkan Asa Kepada Kapolri Baru Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Sulawesi Tengah, Ihsan Basir dalam Podcast Sikola Mombine, Senin (29/3).

Nasional

Pemberdayaan Perempuan, Ihsan Basir: Laki-laki Harus Diberdayakan Dulu
Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim Piatu, Baznas Bojonegoro Gandeng Sekretariat DPRD, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Inspektorat

COVID-19

Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim Piatu, Baznas Bojonegoro Gandeng Sekretariat DPRD, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Inspektorat
Sejumlah tim BPCB saat melakukan identifikasi lokasi bangkai kapan. Foto : Ammy.

Lamongan

Eksplorasi Bangkai Kapal Van Der Wijck Dihentikan Sementara
Foto: Gema.id

Lamongan

Jelang Pergantian Musim, DPU-SDA Lamongan Siaga Cegah Kekeringan
Ilustrasi Pam Swakarsa. Foto: istimewa

Sospol

KNPI Tuban Soroti Wacana Reaktivasi Pam Swakarsa yang Digagas Kapolri
Mama Asnat dan Mama Rahma saat memberikan testimoni dalam webinar "Memperkuat Kepemimpinan Perempuan dalam Pengelolaan SDA dan Ketahanan Ekologis di Indonesia", Kamis (25/3).

Nasional

Testimoni Lima Perempuan Pemimpin, Sama-sama Keluhkan Kurangnya Perhatian Pemerintah