Home / Nasional / Warta

Senin, 3 Januari 2022 - 18:58 WIB

Ponpes di Lombok Dirusak Massa, Kemenag: Aparat Harus Bertindak

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (kanan) menyampaikan siaran pers pada Senin (3/1), terkait insiden Pengrusakan Pondok Pesantren As-Sunnah, Aikmel, Lombok Timur yang dilakukan oleh sekelompok orang pada Minggu (2/1). Foto: kemenag.go.id

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (kanan) menyampaikan siaran pers pada Senin (3/1), terkait insiden Pengrusakan Pondok Pesantren As-Sunnah, Aikmel, Lombok Timur yang dilakukan oleh sekelompok orang pada Minggu (2/1). Foto: kemenag.go.id

Jakarta, Progresnews.id – Kementerian Agama Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) meminta aparat keamanan untuk segara mengusut kasus penyerangan serta perusakan Pondok Pesantren As-Sunnah, Aikmel, Lombok Timur yang dilakukan oleh sekelompok orang pada hari Minggu (2/1) dini hari lalu. Menurutnya, tindakan itu masuk dalam kategori pelanggaran hukum.

“Tindakan sekelompok orang yang main hakim sendiri merusak pesantren dan harta benda milik orang lain tidak dapat dibenarkan serta jelas merupakan pelanggaran hukum,” kata Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama (Menag) dalam siaran pers di Jakarta, seperti dilansir situs resminya, Senin (3/1).

Yaqut sangat menyesalkan terjadinya peristiwa perusakan pesantren tersebut. Ia kemudian meminta semua pihak agar menahan diri serta mendorong supaya kasus ini segera dituntaskan.

Baca Juga:  Sah Jadi Bupati, Gus Yani Inginkan Kolaborasi Demi Memajukan Gresik

Di samping itu, Ia kemudian berharap agar masyarakat setempat tetap tenang dan tidak terpancing dengan aksi tersebut.

“Kemenag setempat harus egera melakukan langkah-langkah proaktif supaya kasus ini dapat segera tuntas dan kedamaian di Lombok Timur tercipta lagi,” ungkap Yaqut.

Terkait dugaan hinaan yang diungkapkan ustaz pesantren, Yaqut mengingatkan supaya para penceramah mengutamakan cara-cara santun serta tanpa memprovokasi jemaah.

Menurut Yaqut, tindakan provokasi dapat memancing emosi publik. Setiap penceramah wajib menjunjung tinggi sikap saling menghormati serta menghargai.

“Setiap camah harus disampaikan dengan hikmah dan mauidhah hasanah. Bukan dengan cara menghina atau emprovokasi. Hal itu bukannya mengundang simpati, tapi emosi,” tegas Yaqut.

Kemudian, Menag juga menghimbau tokoh agama, tokoh masyarakat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta Forum Kerukunan Ummat Beragama(FKUB) Kabupaten Lombok Timur supaya tetap bersinergi. Salah satunya dengan merawat, menjaga, serta memelihara kerukunan umat beragama.

Baca Juga:  Keputusan Bersama Tiga Menteri Terkait Penggunaan Atribut Keagamaan di Lingkungan Sekolah

Selain itu, Yaqut juga meminta supaya rasa toleransi, saling menghormati serta menghargai antar umat beragama selalu dilakukan.

“Kami berharap, seluruh pihak mengedepankan musyawarah dan mufakat ketika menyelesaikan setiap persoalan yang terjadi di tengah masyarakat,” pinta Yaqut.

Sebagai informasi, peristiwa perusakan pesantren di Lombok Timur diduga dipicu oleh viralnya ceramah ustaz dari Ponpes As-Sunnah yang mengungkapkan Makam Selaparang, Sukarbela, Alibatu tain basong atau kotoran anjing.

Ratusan orang kemudian melakukan penyerangan dan perusakan terhadap pesantren tersebut. Hal itu mengakibatkan terjadi kerusakan bangunan, pembakaran serta perusakan kendaraan milik pesantren akibat insiden tersebut.

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Menko Polhukam bersama Mendagri, Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BIN saat sedang mengadakan Konferensi Pers terkait kondisi keamanan pasca demonstrasi (08/10). Gambar: tangkapan layar live instagram di akun Polhikamri.

Nasional

Pasca Demonstrasi, Pemerintah Sampaikan Pernyataan Lewat Menko Polhukam
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E. Zulpan dalam Siaran Pers Pengamanan Malam Tahun Baru DKI Jakarta, Jum'at (31/12). Foto: metro.polri.go.id

Nasional

Kawal Malam Pergantian Tahun, Polda Metro Jaya Kerahkan 1.730 Personel
Forum Konsultasi Publik Rancangan RKPD Bappeda Gresik. Foto: Youtube Bappeda Gresik.

COVID-19

Ekonomi Menurun Saat Pandemi, Bappeda Gresik Ajak Masyarakat Berkontribusi Bangun Gresik Baru

Warta

Muswil II IKA PMII Jatim, Thoriqul Haq Terpilih Aklamasi Ketua IKA PMII Jatim 2022-2027
Deputi Bidang Kewirausahaan Menteri Koperasi dan UKM RI (Kemenkop UKM), Siti Azizah saat menjadi Keynote Speaker dalam webinar bertajuk Memperkuat Kolaborasi Pasar untuk Pengembangan UMKM di Tanah Papua, Jumat (27/8).

Nasional

Kemenkop UKM: Bangkitkan UMKM di Masa Pandemi Dengan Kolaborasi
Ilustrasi: Irfan Hidayat/Progresnews.id.

Warta

Kasus TKI Ilegal, POM TNI AU Menahan Tersangka Sersan Kepala S
Mohammad Nuh, Ketua Dewan Pers dalam Webinar Jurnalisme Berkualitas "Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan dan Penerbitan Pers Guna Menyehatkan Demokrasi di Tengah Disrupsi Digital". SS: Alfa Kamila.

Nasional

Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan, Dewan Pers: Wartawan Perlu Divaksin
Presiden Jokowi Jadi Orang Pertama Jalani Vaksin Pertama, Disusul Beberapa Tokoh Lain di Indonesia

Nasional

Presiden Jokowi Jadi Orang Pertama Jalani Vaksin Pertama, Disusul Beberapa Tokoh Lain di Indonesia