Polres Tuban Gandeng PMI Tuban Gelar Screening Donor Plasma

Salah satu anggota Polres Tuban saat menjalani screening.
Salah satu anggota Polres Tuban saat menjalani screening.

Tuban, Progresnews.id – Sulitnya mendapatkan plasma konvalesen, dan tingginya permintaan di Kabupaten Tuban membuat Polres Tuban menggandeng PMI Tuban dalam kegiatan screening donor plasma konvalesen.

Puluhan anggota Polres Tuban dan anggota Polsek yang menjadi penyintas Covid-19 mengikuti kegiatan screening donor plasma yang bertempat di Gedung Sanika Satyawada Polres Tuban, Senin (1/2).

Ada beberapa tahapan yang harus diikuti oleh calon pendonor sebelum diambil plasma konvalesen dari darahnya dan diberikan kepada pasien Covid-19.

“Yang hadir di sini tak serta merta bisa mendonorkan plasma konvalesennya. Harus mengikuti screening dulu, usai lolos nanti akan di tes menggunakan laboratorium, setelah memenuhi persyarakan baru bisa diambil plasmanya,” terang petugas PMI Kabupaten Tuban, dr. Tita.

Kepada awak media, AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membantu pendonor plasma konvalesen yang masih langka.

“Cukup sulit mencari donor plasma konvalesen, ini tidak semudah seperti donor darah karena harus screening terlebih dahulu,” terangnya.

Pihaknya berharap setelah pengambilan plasma konvalesen, nantinya bisa diprioritaskan bagi anggota dan purna Polri.

“Kita berharap nantinya ketika sudah di dapatkan plasma supaya diprioritaskan untuk anggota dan purna Polri yang positif Covid-19,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 28 anggota Polres Tuban yang menjadi penyintas Covid-19, dan hanya ada 7 orang yang sampel darahnya dikirim ke laboratorium untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.