Home / Lamongan / Warta

Kamis, 18 Maret 2021 - 20:31 WIB

Polemik Dampak Lingkungan PT. Jaya Brix, Pemdes Kemantren Lapor ke Camat hingga Kirim Surat ke Bupati

Reporter : Adyad Ammy Iffansah

Pemdes Kemantren dengan ratusan warga terdampak saat menyampaikan keluhan kepada Camat Paciran terkiat dampak lingkungan PT. Jaya Brix. Foto: Progresnews.id/Ammy

Pemdes Kemantren dengan ratusan warga terdampak saat menyampaikan keluhan kepada Camat Paciran terkiat dampak lingkungan PT. Jaya Brix. Foto: Progresnews.id/Ammy

Lamongan, Progresnews.id — Sikapi Dampak Lingkungan PT. Jaya Brix Indonesia, Selasa (16/3) lalu Pemerintah Desa Kemantren Kecamatan Paciran Lamongan Jawa Timur akhirnya bertemu Camat Paciran.

Bergulirnya babak baru hingga ke Kecamatan itu lantaran PT. Jaya Brix dinilai telah mengancam kesehatan hingga aset desa karena dampak lingkungan yang ditimbulkan.

“Banyak laporan warga, seperti bau amoniak hingga debu tebal yang masuk ke rumah-rumah, saya takut mengancam kesehatan warga saya” ucap Suaji, Kades Kemantren saat di konfirmasi, Kamis (18/3).

Sebelum ini, perseteruan antar keduanya juga sempat memamas, Senin (15/3) lalu, kala sejumlah perwakilan pemdes menggeruduk kantor PT. Jaya Brix Indonesia, namun usahanya tidak mendapat respon baik dari pihak perusahaan.

Surat laporan audiensi kepada camat setempat. Foto: Progresnews.id/Ammy

Masih Suaji, ia mengungkapkan dampak lingkungan yang dirasakan warganya itu sudah 7 tahun lamamya, Namun kali ini gejala mulai dirasakan dan hal itu yang menyulut emosi warga setempat.

Baca Juga:  PPnBM Dihapus, Beli Mobil Baru Dapat Banyak Diskon

“Dampaknya tak terkendali, karena sudah kelewat batas maka menyulut reaksi dari warga, bahkan pernah berniat unjuk rasa dan menutup pabrik, namun masih saya redam,” ungkapnya.

Emosi warga pun semakin menggerutu kala menemukan fakta dibalik produksi batu bata ringan (Batako), Clasiboard dan sejenisnya tersebut ternyata proses pembuangan limbah dilakukan dengan sembarangan.

“Terindikasi ada berbagai macam limbah dari Anorganik, Domestik, hingga limbah B3. Pembuanganya langsung ketanah tidak diolah dan berdampak pada aset desa seperti hasil pertanian yang mulai menurun,” katanya.

Tak hanya itu, dalam surat yang di tujukan ke kecamatan ada sampai enam tuntutan yang dilayangkan Pemdes Kemantren kepada PT. Jaya Brix Indonesia.

Baca Juga:  Pencanangan dan Vaksinasi Pertama, Bupati Bojonegoro Ajak Masyarakat Bersahabat dengan Situasi

Tuntutan tersebut dikatakan Suaji sangat penting, sudah pernah berupaya untuk membahas dengan pihak perusahaan. Namun, sampai masalah ini mecuat pihak perusahaan terus mengelak.

“Ke enam tuntutan itu antara lain, terkait Izin pabrik, penyelesaian dampak polusi suara dan udara, proses pembuangan limbah, penyelesaian dampak pada sektor pertanian warga, penyelesaian dampak aktivitas kendaraan debu hingga parkir sembarangan, dan penyelesaian jaminan kesehatan ke warga terdampak sekitar pabrik,” jelas Suaji.

Tidak hanya ke tingkat kecamatan Pemdes Kemantren juga berniat untuk mengusut masalah ini hingga ke Bupati Lamongan, DPRD Lamongan, DLH Lamongan, Kesbangpol Lamongan sampai Satpol PP Lamongan.

“Insya Allah Senin atau Selasa besok dipertemukan dengan pihak kabupaten,” tambahnya.

Share :

Baca Juga

Lamongan

Gubernur Jatim Minta Bupati Yuhronur Maksimalkan Tenun Ikat Lamongan.
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid.

Nasional

Multitafsir, Gus Jazil Setuju Keinginan Jokowi Merevisi UU ITE

COVID-19

Putus Penyebaran Covid-19, Karyawan BNNK Tuban Jalani Rapid Test Antibodi
Poster JadwPoster Jadwal dan serangkaian acara Kolaborasi Peringatan IWD 2021.al Podcast Kolaborasi Peringatan IWD 2021.

Nasional

Usung Tema Kepemimpinan Perempuan, TAF Hadirkan Kolaborasi Peringatan IWD 2021
Sesi foto bersama acara diseminasi dan press briefing bertajuk Sinergi dan Pelibatan Aktif Kelompok Rentan Termarginalkan untuk Komunikasi Risiko dan Perlindungan Pandemi yang Setara secara daring yang diselenggarakan oleh Mercy Corps Indonesia dan BNPB, Selasa (10/8).

Nasional

Undang Puluhan Media, LeaN On dan BNPB Gelar Diseminasi Pembelajaran Komunikasi Covid-19 yang Setara
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangannya di kantor presiden (4/2). Sumber Foto: BPMI Setpres.

Nasional

Imlek di Tengah Pandemi, Pemerintah Imbau Perayaan Dilakukan Dengan Sederhana dan Taat Prokes
Poster promosi Aisha Weddings. Foto: Twitter/Sweta Kartika.

Nasional

Promosikan Pernikahan Anak, KPAI Laporkan Aisha Weddings
Lokasi penambangan yang mulai melebar di Desa Penanjang Kecamatan Paciran Lamongan. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Penambangan Galian C Dekat Lokasi Wisata di Lamongan Marak, Pengelola Khawatir