Home / Warta

Jumat, 10 Desember 2021 - 03:33 WIB

Perkuat Partisipasi Pengawasan Pemilu, Bawaslu Gresik Bekerja sama dengan IPNU-IPPNU

Perkuat partisipasi pengawasan pemilu, Bawaslu Gresik lakukan kerja sama dengan IPNU-IPPNU Gresik, Kamis (9/12). Foto: Bawaslu Gresik/Progresnews.id

Perkuat partisipasi pengawasan pemilu, Bawaslu Gresik lakukan kerja sama dengan IPNU-IPPNU Gresik, Kamis (9/12). Foto: Bawaslu Gresik/Progresnews.id

Gresik, Progresnews.id – Menyongsong gelaran Pemilihan Umum Serentak 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik mulai melakoni kerja-kerja pengembangan pengawasan partisipatif.

Salah satu stakeholder yang diajak yakni anak-anak muda Nahdlatul Ulama yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) serta Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Cabang Gresik.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Gresik, M Syafi’ Jamhari mengungkapkan, langkah ini sesuai Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017. Bawaslu mengemban amanat untuk melaksanakan pengawasan partisipatif Pemilu.

“Salah satu upaya dalam rangka pengembangan pengawasan partisipatif pemilu. Nah, itu upaya yang dilakukan Bawaslu berdasarkan amanat UU Nomor 7 tahun 2017,” kata Jamhari saat dikonfirmasi pada Kamis (9/12) malam.

Baca Juga:  Cari 'Wonderkid', Askab PSSI Gresik Bikin Piala Bupati Gresik 2021

Walau pun pada tahun 2021 ini tidak ada kegiatan baik itu Pemilu atau Pemilihan Kepala Daerah, kata Jamhari, namun Bawaslu Kabupaten Gresik berupaya melakukan pengembangan pengawasan partisipatif.

“Anak-anak muda memiliki semangat dan jiwa kerelawanan yang tinggi, sehingga kita tepat menggandeng anak muda melakukan pengembangan pengawasan partisipatif,” sambungnya.

Jamhari mengemukakan kegiatan kolaboratif antara Bawaslu Gresik dengan IPNU-IPPNU Gresik, antara lain dapat berupa Pojok Pengawasan, Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif, atau Pendidikan Politik dan Pengawasan Pemilu untuk anak muda.

Baca Juga:  Jatah Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Sudah Tiba di Tuban

“Kita melihat karena IPNU-IPPNU ini jejaringnya sangat luas. Mulai dari Ranting, Komisariat, Anak Cabang, dan Cabang. Jadi jejaring ini sangat potensial untuk mengembangkan pengawasan partisipatif,” tutupnya.

Semangat Berkolaborasi. Menyongsong Pemilu Serentak 2024 Bawaslu Gresik libatkan para milenial NU untuk berpartisipasi dalam pengawasan pemilu. Foto: Bawaslu Gresik/Progresnews.id

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Gresik, Moch Imron Rosyadi menambahkan, bila Master of Understanding (MoU) menjadi harapan dan langkah nyata sebuah upaya mengedukasi pemilu serta mengokohkan kekuatan pengawasan.

“Jangan sampai (Pemilu Serentak 2024) ada banyak pelanggaran, maka kami ajak komponen organisasi kepemudaan untuk mengawasi semua tahapan. Kami sadar kami butuh melibatkan masyarakat,” tandasnya. [dir]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Muhammad Muslimin, saat meninjukan pola sekenario pengendalian bencana di Lamongan. Foto : Ivan A

Nasional

Manajemen Pengendalian Bencana, BPBD Lamongan Perkuat Kordinasi Lintas Sektoral
Yuhronur Efendi saat rapat koordinasi dengan dua pilar TNI dan Polri menindaklanjuti kluster hajatan di Kecamatan Modo. Foto : Ammy

Lamongan

Korban Terus Bertambah, Pemkab Lamongan Buat Skema Penanganan Klaster Hajatan
Lokasi penambangan yang mulai melebar di Desa Penanjang Kecamatan Paciran Lamongan. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Penambangan Galian C Dekat Lokasi Wisata di Lamongan Marak, Pengelola Khawatir
Andriani Salman Wally dan Yessi dalam Podcast Perspektif Beritabaru.co "Keadilan Akses Perempuan Terhadap Informasi SDA", pada Rabu (24/3).

Nasional

KIP Papua Ajak Perempuan untuk Berani Bertanya
TERENDAM. Rumah warga di Dusun Medeo Desa Cermen, Kecamatan Kedamean Gresik, (7/11). Foto: Tangkapan Layar

Warta

Gotong Royong Kedaruratan, BPBD Gresik Evakuasi Warga Cermen, Tagana Dinsos Bikin Dapur Umum di Gluranploso
IPNU IPPNU Desa Jono melakukan Bersih-bersih mushola, Minggu (11/4).

Bojonegoro

Sambut Ramadan, PR IPNU IPPNU Jono Adakan Kegiatan Bersih-bersih Musala
Para narasumber dan tamu unadangan menghadiri kegiatan bertajuk Belajar dari Rejang Lebong Bengkulu: Mendorong dan Memperkuat Keterlibatan Perempuan dalam Pengelolaan Hutan, Selasa (7/12).

Nasional

Partisipasi Perempuan dalam Mengelola Hutan Perlu Kolaborasi Berbagai Pihak, Kata Bupati Rejang Lebong
Suasana kegiatan perbaikan saluran irigasi di kecamatan Deket, Lamongan, Kamis (7/10). Foto: Progresnews.id/Ivan.

Lamongan

Saling Sikut Tuai Kebaikan, TNI dan Warga Deket Lamongan Kompak Benahi Saluran Irigasi