Home / Warta

Jumat, 5 November 2021 - 18:25 WIB

Perkuat Akidah dan Bela Negara, MUI Gresik Gelar Pendidikan Kader Ulama

Ketua MUI Kabupaten Gresik, KH Mansoer saat membuka Pendidikan Kader Ulama di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Suci Gresik, Jumat (5/11). Foto: MUI Gresik/Progresnews.id

Ketua MUI Kabupaten Gresik, KH Mansoer saat membuka Pendidikan Kader Ulama di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Suci Gresik, Jumat (5/11). Foto: MUI Gresik/Progresnews.id

Gresik, Progresnews.id– Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik menggelar Pendidikan Kader Ulama (PKU) di Ponpes Mambaus Sholihin Suci, Manyar, Gresik, Jum’at (5/11). Kegiatan kaderisasi yang diikuti sebanyak 40 peserta ini bertujuan membentengi akidah dan membela negara.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Pengasuh Ponpes Mambaus Sholihin KH Masbuhin Faqih yang juga turut memberikan izasah sholawat dan wirid bagi peserta pendidikan pelatihan.

Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq mengatakan, pendidikan kader ulama sangatlah penting untuk diselenggarakan. Pasalnya, calon ulama masa depan harus mampu membaca realitas khususnya mampu mentrasformasikan ilmu keislaman baik dari kontes sosial maupun kebuadayaan.

Baca Juga:  Dukung Visi-Misi, DPRD Gresik Minta Gus Yani-Bu Min Segera Usung RPMJD

“Tujuannya, tak lain meningkatkan ketarampikan para kader, membangun agama. Mengasah kepekaaan emosinal dan keterampilan berkembang sosial dan budaya dan mampu memberikan solusi alternatif di tengah masyarakat,” katanya.

Menurut KH Mansoer, ada beberapa fungsi MUI yang harus dilaksanakan. Antara lain, menjaga agama melalui amar makruh nahi mungkar dengan koridor mauidhotul hasanah, kemudian menjaga umat dari segala aqidah yang menyimpang, lalu menjaga makanan dari yang haram dan menjaga pemikiran sesuai ajaran islam.

“Pendidikan kader ulama yang diselenggarakan MUI, karena lembaga ini merupakan rumah besar umat islam. Ditambah, MUI merupakan wadah musyawarah, melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana menjaga umat,” terangnya.

Baca Juga:  Kemendikbud Buka Program D2 Jalur Cepat Tahun 2022/2023
Pengukuhan Kader Ulama. Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq mengukuhkan peserta Pendidikan Kader Ulama, Jumat (5/11). Foto: MUI Gresik/Progresnews.id

Sementara itu perwakilan Pengasuh Ponpes Mamba’us Sholihin Agus Muhammad Najib mengatakan, ulama atau pegiat dakwah harus menjadi pengayom dan panutan masyarakat. Terlebih ikut menjaga paham yang dianggap membahayakan ahlussunnah waljamaah. 

“Banyak sekali kajian tak selaras pemikiran ahlususnah. Mereka berdakwah di media sosial dengan banyak pengikut. MUI harus bisa memberikan pencerahan, dimana perannya harus selalu interaksi dengan masyarakat,” jelas dosen Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) itu. [Sah/Chidir]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Tuban

Mesin APM Permudah Warga Tuban Urus Dokumen Kependudukan
Pelaksana Tugas (Plt) sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Suharja Diantoro dalam webinar yang bertajuk ‘Pembangunan Manajemen Talenta Kemendagri”, Jumat (26/11). Sumber Foto: situs resmi Kemendagri.

Nasional

Plt Sekjen Mendagri Minta ASN di Lingkungan Kemendagri Untuk Berani Kembangkan Passion
Plt. Kepala Bagian Kerja Sama Dalam Negeri dan Hibah (Kabag KDNH) Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Ernawati Eko Hartono saat menyampaikan catatan penutup dalam acara Talk Show bertajuk Kontribusi Dan Kepemimpinan Perempuan Dalam Bisnis Dan Pendanaan Pembangunan Berkelanjutan.

Nasional

Adaptasi Perubahan Iklim dengan Pendekatan Kesetaraan Gender Merupakan Langkah Cerdas
Sumanto Al-Qurtubi Dosen King Fahd University of Petroleum dan Minerals Dhahran, Saudi Arabia Webinar Internasioanal Peringatan Hari Santri 2021 RMI PBNU Seri ke-2, dengan tajuk ‘Santri Membangun Negeri: Sudut Pandang Politik, Ekonomi, Budaya dan Revolusi Teknologi’, Kamis (21/10).

Nasional

Peran Aktif Santri Dibutuhkan Untuk Antisipasi Gerakan Intoleran
Nampak warga yang membersikan sisa banjir di depan masjid yang berada di tengah pemukiman warga. (Foto: Tangkapan Layar Vidio, Warga Desa Weduni)

Lamongan

Penantian Warga Terdampak Banjir di Lamongan, Ini Yang Mereka Lakukan
Kondisi saat ini nenek Mutiah.

Lamongan

Viral!! Video Nenek Tak Terurus di Lamongan Hebohkan Warganet, Begini Reaksi Pemdes Setempat
Para pemateri dan penanggap saat berswafoto bersama dalam Webinar Pelacakan Kontak: Mengoptimalkan Dukungan Masyarakat dalam 3T yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dari program LeaN ON, Senin (2/8). Foto: Youtube BNPB.

Nasional

Tingkatkan Gerakan 3T, LeaN On Tekankan Optimalisasi Peran Masyarakat
Brigjen Pol. Rusdi Hartono. Foto: Humas Polri.

Nasional

Rekap Berita Hukum: Sidang Vonis Jaksa Pinangki sampai Meninggalnya Ustaz Maaher