Home / Lamongan / Warta

Selasa, 1 Juni 2021 - 14:33 WIB

Peringati Hari Lahir Pancasila, Warga di Pelosok Lamongan Kompak Pasang Atribut Kebangsaan

Reporter : Adyad Ammy Iffansah

Peringatan Hari Lahir Pancasila di pelosok desa Kabupaten Lamongan. Foto : Ammy.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di pelosok desa Kabupaten Lamongan. Foto : Ammy.

Lamongan, Progresnews.id — Momen Hari Lahir Pancasila sering kali diperingati dengan kebiasaan unik di berbagai daerah, seperti tampak di wilayah pelosok Kabupaten Lamongan.

Tepatnya di Dusun Jalak Desa Sukorejo Kecamatan Turi, para warga kompak memasang bendera merah-putih di halaman depan rumah.

Tak jarang, di beberapa sudut pemukiman warga juga ditemui ornamen bahkan mural dengan tema semangat kebangsaan.

Kepala Dusun Jalak, Yusuf mengungkapkan, pemasangan bendera atau peringatan hari-hari besar memang sudah menjadi kebiasaan turun temurun di lingkungan warganya.

“Itu cara kami menghargai jasa para pejuang, setiap tahun bahkan warga inisiatif sendiri, kadang cuma kita ingatkan saja.” Ungkap Yusuf, Selasa (1/6).

Baca Juga:  Keputusan Bersama Tiga Menteri Terkait Penggunaan Atribut Keagamaan di Lingkungan Sekolah

Meski tak ada perayaan meriah, momen bersejarah seperti Hari Lahir Pancasila di Desa Sukorejo, kata Yusuf, dapat membangkitkan spirit kebangsaan di lingkungan masyarakat.

“Kalau dibilang spesial, tidak juga, hanya saja melalui cara ini masyarakat bisa tau dan menyaksikan betapa pentingnya pancasila sebagai ideologi bangsa,” katanya.

Yusuf juga bercerita, jika hal-hal kecil berupa pemasangan bendera dapat membentuk karakter dan watak di lingkungan warganya.

“Nilai gotong royong contohnya, kemarin warga getol membuat tempat tiang bendera. Meskipun tidak ada anggaran dari desa warga inisiatif dengan cara swadaya,” tuturnya.

Baca Juga:  Mendikbud Pastikan Dana BOS Papua Barat Meningkat 30 Persen di Tahun 2021

Lebih lanjut, Yusuf berpesan agar hal serupa dapat dicontoh bagi setiap warga negara Indonesia. Menurutnya refleksi Hari Lahir Pancasila dapat di lakukan dengan berbagai cara.

“Tak melulu harus dengan memasang bendera, mengingat dan mengetahui serta mengaplikasikan nilai-nilai pancasila adalah ciri masyarakat yang cinta tanah air,” ucapnya.

Meski begitu, menurut pantauan Progresnews.id. di beberapa Desa yang ada di Kecamatan Turi ataupun Kabupaten Lamongan tak sedikit warga yang memperingati momen Hari Lahir Pancasila.

Warga kompak memasang bendera sebagai ajang refleksi Hari Lahir Pancasila. Foto : Ammy.

Namun banyak diantaranya yang melupakan dan tidak tahu jika 1 Juni merupakan momen besar Hari Lahir Pancasila yang lekat dengan berdirinya bangsa Indonesia.

Share :

Baca Juga

Tuban

Yuk Ikut! UPT BLK Tuban Gelar Pelatihan Kerja Sebulan Penuh
Mama Asnat dan Mama Rahma saat memberikan testimoni dalam webinar "Memperkuat Kepemimpinan Perempuan dalam Pengelolaan SDA dan Ketahanan Ekologis di Indonesia", Kamis (25/3).

Nasional

Testimoni Lima Perempuan Pemimpin, Sama-sama Keluhkan Kurangnya Perhatian Pemerintah

Nasional

Usai Dilantik Menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim: Ini Kabar Gembira Bagi Universitas
Belasan wartawan saat berorasi di depan Mapolres Lamongan. (Foto: Istimewa)

Lamongan

Kecam Tindak Kekerasan pada Wartawan di Surabaya, Wartawan di Lamongan Kepung Markas Polisi
Menteri Kominfo Johnny G Plate dalam Konvensi Nasional Media Masa "Pers Nasional Bangkit dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 dan Tekanan Disrupsi Digital", Senin (8/2).

Warta

Konvensi Nasional Media Massa, Menkominfo Beri Dorongan Kepada Insan Pers
Mobil box yang mengangkut vaksin sinovac tahap pertama di Kabupaten Tuban.

COVID-19

Jatah Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Sudah Tiba di Tuban

Ekonomi

Siap-siap, Belanja 50 Ribu di Primkoppol Mart Bisa Dapat Hadiah

Lamongan

Rusak Iman, Tiga PSK di Lamongan Diamankan Jelang Ramadhan