Home / Warta

Kamis, 11 November 2021 - 19:24 WIB

Pengurus PWI Gresik 2021-2024 Dilantik, Diminta Terus Berinovasi

Gresik, Progresnews.id– Puluhan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Gresik periode 2021-2024 dilantik di Wisma Kebomas, Petrokimia Gresik, pada Kamis, (11/11). Pengurus PWI Gresik yang baru ini diminta untuk terus berinovasi menghasilkan produk jurnalistik berkualitas.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, Wakapolres Gresik Kompol Eko Iskandar, Kasi Pidum Kejari Gresik, perwakilan direksi Petrokimia Gresik, Ketua PWI Jawa Timur Ainur Rohim, serta Dahlan Iskan memberikan materi diskusi berjudul Pandemic: It’s End But Not The End, dipandu oleh Nur Fakih mantan pewarta senior.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengatakan profesi wartawan tertantang tidak hanya mengandalkan pengetahuan yang ada. Namun perlu memberikan inovasi kuat terhadap tulisan berita sebagai produk jurnalistik.

“Tulisan menikmati bagi pembaca, saya menikmati sekali tulisan Dahlan Iskan, ingin tahu terus. Tantangan bagi teman-teman wartawan. Kami tidak anti kritik,” kata Wakil Bupati Gresik perempuan pertama ini.

Baca Juga:  Sambut Ramadan, PR IPNU IPPNU Jono Adakan Kegiatan Bersih-bersih Musala

Ditambahkan, sumber informasi boleh berbeda-beda akan tetapi wartawan perlu memberikan sentuhan halus pada tulisannya, sehingga membuat publik tertarik untuk membacanya. Apalagi, di era saat ini, banyaknya informasi berasal dari media sosial.

“Bagi saya tulisan dari wartawan dipercaya dibanding tulisan dari medsos. Wartawan Gresik berinovasi semaju-majunya. Semoga semuanya amanah dan memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Gresik,” kata dia.

Ketua PWI Jawa Timur Ainur Rohim memberikan pemahaman peta institusi Terakdreditasi Dewan Pers. Yakni wartawan yang tergabung dalam wadah PWI, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), serta Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

Kendati demikian, menurutnya, dalam 10 tahun terakhir, media sosial memberi pengaruh luar biasa. Memonitor melalui smartphone. Sangat berbeda dengan wartawan yang harus melalui proses peliputan sebelum menghasilkan produk jurnalistik yaitu berita.

“Medsos tidak pernah konfirmasi dan verifikasi,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PWI Gresik Ashadi Iksan mengatakan, tantangan arus digital atau disrupsi informasi ditambah era pandemi covid-19, baik dari media sosial seperti facebook, instagram dan twitter yang terbaru tiktok sudah bisa mempublikasikan produk jurnalistik ke khalayak umum, tanpa sensor, tanpa edit.

Baca Juga:  Banjir di Kecamatan Benjeng, Satlantas Polres Gresik Bagikan Sembako ke Masyarakat

“Akibatnya pers tidak lagi menjadi ekslusif, wartawan tidak jadi pemegang utama produk jurnalistik yang namanya berita. Produk hoax luar biasa, membedakan kami citizen jurnalism adalah dimana produk jurnalistik dari kami dengan  produk citizen jurnalism,” terangnya.

Ashadi juga mengecam perilaku oknum yang mengaku sebagai wartawan, baginya hal itu sangat merugikan profesi wartawan dan meresahkan masyarakat. Pasalnya, berbekal tanda pengenal atau ID card dengan harga paling murah Rp 25 ribu, para oknum itu dengan leluasa mengobok-obok desa dan sekolah-sekolah membawa kasus belum jelas, demi dapatkan sesuatu.

“Saya sudah menerima laporan dua kali, oknum wartawan itu datang dan meminta klarifikasi, tapi dia berada di luar Gresik. Saya pastikan 40 anggota PWI tidak ada diantara itu, karena kita sudah melalui uji kompetensi,” tutupnya. [Chidir]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Sumanto Al-Qurtubi Dosen King Fahd University of Petroleum dan Minerals Dhahran, Saudi Arabia Webinar Internasioanal Peringatan Hari Santri 2021 RMI PBNU Seri ke-2, dengan tajuk ‘Santri Membangun Negeri: Sudut Pandang Politik, Ekonomi, Budaya dan Revolusi Teknologi’, Kamis (21/10).

Nasional

Peran Aktif Santri Dibutuhkan Untuk Antisipasi Gerakan Intoleran
Tangkapan layar halaman website PeduliLindung. Foto: Progresnews.id.

Lamongan

Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi Mulai Diaplikasikan ke Pegawai Perkantoran

Lamongan

Intip Pesona Kuliner Khas Lamongan Yang Diburu Pemudik
Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) bersama beberapa Menteri mendayung perahu naga sesaat sebelum meresmikan Waduk Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Youtube Sekretariat presiden.

Nasional

Dayung Perahu Naga, Jokowi Resmikan Waduk Ladongi Sulawesi Tenggara
Momentum saat kemenag bersama unsur organisasi maupun lembaga islam menantikan Rukyatul hilal di Pantai Tanjung Kodok Lamongan. Foto : Progresnews.id/ Ammy.

Lamongan

Detik-detik Munculnya Hilal di Tanjung Kodok Lamongan
Ilustrasi: Irfan Hidayat/Progrsnews.id

Nasional

Cegah Penularan Covid-19, Berikut Syarat Perjalanan selama Periode Nataru
Kiri: Pasubag Humas Polres Lamongan, Iptu Estu Kwindardi.

Lamongan

Polisi Langgar Aturan, Polres Lamongan Sarankan Warga Lapor lewat APK Dumas Presisi
Presiden Joko Widodo groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, 12 Oktober 2021. Foto: Sekpres.

Gresik

Cadangan Tembaga Indonesia Masuk 7 Terbesar Dunia, Jokowi Dorong Hilirisasi Industri