Home / Nasional / Warta

Jumat, 17 Desember 2021 - 16:19 WIB

Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi Menurun, Menkominfo: Semua Pihak Harus Disiplin

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam rapat kerja Menkominfo RI dengan Komisi I DPR RI.  Foto: Menkominfo.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam rapat kerja Menkominfo RI dengan Komisi I DPR RI. Foto: Menkominfo.

Jakarta, Progresnews.id – Menteri Komunikasi dan Informatika menekankan kepada semua stakeholder, termasuk pemerintah yang ada di daerah-daerah supaya lebih meningkatkan pengawasan dalam penggunaan check-in aplikasi PeduliLindungi, terutama ketika periode hari raya Natal dan Tahun Baru.

Hal ini disampaikan Menkominfo Johnny G Plate mengingat telah terjadinya penurunan penggunaan aplikasi PeduliLindungi oleh masyarakat dalam beberapa minggu menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2022.

Menurut Johnny, telah terjadi penurunan setiap minggunya terkait check-in PeduliLindungi di beberapa sektor, seperti pusat perbelanjaan, transportasi dan rekreasi.

Menurutnya, khusus dalam seminggu ini saja terdapat 74% kabupaten/kota di Jawa dan Bali yang mengalami penurunan check-in aplikasi PeduliLindungi apabila dibandingkan dengan minggu lalu. Oleh karena itu, semua stakeholder supaya tetap terus mengontrol setiap aktivitas publik.

Baca Juga:  Undang Puluhan Media, LeaN On dan BNPB Gelar Diseminasi Pembelajaran Komunikasi Covid-19 yang Setara

“Pemerintah menegaskan supaya Pemerintah yang ada di daerah-daerah berikut para pemangku kebijakan lainnya agar melakukan enforcement yang lebih masif terkait PeduliLindungi dalam tiga sektor tersebut,” kata Johnny, Kamis, seperti dilansir dari situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kamis, (16/12)

Johnny menambahkan, tempat-tempat umum, restoran, tempat wisata, dan pusat perbelanjaan menjadi tempat yang sangat penting sehingga harus kontrol penggunaan aplikasi PeduliLindungi harus ditingkatkan.

“Pemerintah menghimbau supaya masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan tetap menggunakan aplikasi PeduliLindungi bagi yang hendak berpergian ke suatu tempat,” kata Johnny.

Baca Juga:  Dorong Implementasi ASO, Ini 3 Aspek Penting dari Menkominfo

Pria lulusan Universitas Katolik Atma Jaya tersebut menekankan, hal ini harus menjadi perhatian bersama, sehingga masyarakat tidak terlalu terlena dan tetap menyadari bahwa pandemi COVID-19 belum selesai.

Johnny meminta, agar seluruh masyarakat tetap mawas diri dan waspada di tengah euforia Natal dan Tahun Baru, sehingga diharapkan tidak terjadi lagi kenaikan kasus COVID-19.

“Pemerintah meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, tidak lalai serta tidak ceroboh dalam hal apapun, selalu menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” tegasnya. [irf]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Nasional

Presiden Jokowi Lantik Menteri Baru
Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa vaksin Covid-19 adalah gratis untuk masyarakat.

Nasional

Alhamdulillah, Jokowi Gratiskan Vaksin Covid-19 Untuk Masyarakat

Infografis

Dua Hari Mendatang BMKG Ramalkan Gelombang Tinggi di Perairan Tuban

Nasional

Jelang Pencoblosan, Gus Jazil: Politik Uang Hasilkan Pemimpin Cacat Etika
Ratusan massa aksi yang memadati halaman DPRD Lamongan. (Foto: Ammy)

Lamongan

Ratusan Massa Tuntut Banjir Segera Diatasi, DPRD: Dinas Terkait Tidak Punya Rencana Matang
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan arahan dalam Rakor Anev Itwasum Polri di Yogyakarta, Jum'at 17 Desember 2021. Foto: Humas Polri.

Nasional

Ramai Tagar #PercumaLaporPolisi, Kapolri: Kami Akan Evaluasi

Lamongan

Perhelatan Piala Menpora Semakin Dekat, Persela Lamongan Gelar Laga Uji Coba

Nasional

Pendaftaran Kuota Internet Gratis Diperpanjang Kemendikbud