Home / COVID-19 / Pendidikan / Warta

Selasa, 4 Januari 2022 - 16:53 WIB

Pemprov Jatim Pertegas Aturan PTM Semeter Dua Tahun Ini, Bupati Gresik Minta Sekolah Disiplin Prokes

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, didampingi Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat meninjau pelakasanaan PTM beberapa sekolah di Kabupaten Gresik, Selasa (4/1). Foto : Instagram @khofifa.ip

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, didampingi Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat meninjau pelakasanaan PTM beberapa sekolah di Kabupaten Gresik, Selasa (4/1). Foto : Instagram @khofifa.ip

Gresik, Progresnews.id – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pendidikan Jatim menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Pembelajaran Tatap Muka (PTM)  Terbatas pada situasi pandemi Covid-19 jenjang SMA/SMK dan SLB di Jawa Timur. 

Di mana dalam penyesuaian SKB 4 Menteri terbaru  nomor 05/KB/2021, nomor 1347 tahun 2021, HK.01.08/Menkes/6678/2021 dan 443-5847 tahun 2021, mulai Januari 2022 semua satuan pendidikan di level 1, 2 dan 3 diwajibkan melaksanakan PTM terbatas bagi yang memenuhi kriteria dan tidak boleh menambah kriteria yang berat.

Terkait hal itu,  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Kadis Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi dan Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani  hari ini Selasa (04/01/2022) melakukan kunjungan di SMKN I Cerme Gresik dan SMAN I Cerme Gresik.

Berdasarkan SKB 4 Menteri, yakni Mendikbudristek, Menkes,  Mendagri dan Menag mulai Senin 3 Januari 2022 satuan pendidikan dapat menggelar PTM  hingga 100 persen sesuai dengan kriteria persyaratan yang ditetapkan. 

Pengaturan kapasitas peserta didik didasarkan pada jumlah cakupan vaksin dosis dua pada pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di masing-masing satuan pendidikan.  Hal tersebut juga berpengaruh pada durasi jam pembelajaran. 

Lain itu, cakupan vaksinasi dosis dua bagi warga masyarakat lansia di tingkat Kabupaten/Kota, dikecualikan bagi satuan pendidikan pada daerah khusus (kepulauan, pegunungan, dan pedalaman), karena kondisi geografis sesuai Kepmendikbudristek 160/p/2021.

Baca Juga:  Ibadah Haji Bakal Digelar Terbatas, Gus AMI Minta Pemerintah Aktif Komunikasi dengan Arab Saudi

“Alhamdulillah mulai kemarin, Senin 3 Januari 2021—seratus  persen satuan pendidikan jenjang SMA, SMK, dan SLB sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas,” ungkap Khofifah.

Ia melanjutkan berbeda dengan PTM terbatas pada semester satu tahun ajaran 2021-2022 yang mana wali siswa dapat memilih PTM dengan metode daring atau luring. Namun, untuk semester kedua tahun ajaran 2021-2022  seluruh siswa wajib mengikuti PTM terbatas.

 “Jumlah kapasitas peserta didik tiap sekolah dalam mengikuti PTM terbatas akan berbeda. Tidak sama. Karena didasarkan cakupan vaksinasi dosis dua pada guru dan tenaga kependidikan juga warga lansia di daerah setempat,” terangnya.

Khofifah juga menyatakan, bila bakal ada sanksi administratif secara tegas dan pembinaan oleh satgas Covid-19 jika terdapat satuan pendidikan yang melanggar protokol kesehatan.

Gubernur Khofifah menyebut bahwa ketentuan pelaksanaan PTM terbatas bagi daerah PPKM di level 1 dan 2 terbagi dalam tiga kategori.

Kategori pertama, kata Gubernur Khofifah, capaian vaksinasi dosis dua pada sekolah dengan GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) diatas 80 persen dan masyarakat lansia diatas 50 persen.

Maka lanjut, Gubernur Khofifiah, peserta didik bisa masuk setiap hari, yang diikuti 100 persen jumlah peserta didik dari kapasitas ruang kelas. Durasi pembelajaran maksimal 6 jam pelajaran per hari. 

Baca Juga:  Pemilu Sudah Dekat, Polres Gresik Intensif Patroli Kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Gresik

“Sedangkan untuk  kategori kedua adalah capaian dosis kedua pada sekolah dengan GTK 50-80 persen dan masyarakat lansia diatas 40-50 persen, maka peserta didik masuk secara bergantian setiap hari (shift), dengan kapasitas 50 persen dari kapasitas ruang kelas. Durasi pembelajaran maksimal 6 jam pelajaran per hari,” sambungnya.

Kategori  ketiga,  capaian vaksinasi dosis dua pada sekolah dengan GTK dibawah 50 persen dan masyarakat lansia dibawah 40 persen, maka peserta didik bisa masuk setiap hari secara bergantian (shift) dengan kapasitas 50 persen jumlah peserta didik dari kapasitas ruang kelas. Sementara durasi pembelajaran maksimal 4 jam pelajaran per hari. 

“Ketentuan-ketentuan tersebut berbeda dengan daerah PPKM di level 3,” urainya. 

Sementara itu, saat mendampingi Gubernur, Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik mengatakan, bahwa capaian vaksinasi di Kabupaten Gresik sudah hampir mencapai 100 persen. Artinya, untuk kegiatan PTM di Kabupaten Gresik sudah siap dilaksanakan.

“Tentu harus mengacu pada penerapan protokol kesehatan yang ketat,” kata Gus Yani.

Dirinya berharap mudah-mudahan PTM ini akan terus berlanjut dan tanpa ada kendala.

“Kunci utama adalah disiplin prokes, saya menghimbau untuk lembaga pendidikan yang melaksanakan PTM, harus selalu disiplin,” kata Gus Yani mengakhiri penjelasannya. [*/dir]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers evaluasi PPKM. Foto: setkab.go.id

Nasional

Angka Semakin Turun, Pemerintah Lanjutkkan PPKM Sampai 6 Desember
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani menyampaikan sambutan dalam acara Rapat Paripurna DPR RI ke-12 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021-2022. Foto: youtube DPR RI

Nasional

Puan Maharani: RUU TPKS Disahkan Jadi Inisiatif DPR Pekan Depan
Sejumlah tersangka kekerasan di Lamongan saat di gelandang Satreskrim Polres Lamongan. (Foto : Progresnews.id / Ammy)

Lamongan

Aksi Kekerasan Marak di Lamongan, 3 Dari 12 Tersangka Masih Bocah
Bakti karya yang dilakukan Koramil 0812/09 Mantup bersama warga sekitar, Kamis (11/2). Foto: Ammy

Lamongan

Mewakili Perjuangan Warga Lamongan, Ini yang di Lakukan TNI di Tugu Mayangkara
Ketua MWC NU Dukun KH M Sholeh (Kiri), bersama Rais Syuriah MWC NU, KH Ahmad Toyib Mas’udi. Foto: Chidir/Progresnews.id

Warta

Ketua MWC NU Dukun: Pemuda Ansor Harus Mau Sisihkan Pendapatan Untuk NU
Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia (Sekjen Kemenag RI) Nizar Ali di Kantor Kemenag RI. Foto: Kemenag.go.id

Nasional

4 Dirjen Diberhentikan, Kemenag: Silahkan Gugat ke PTUN
Kepala Desa Kebonsari Kecamatan Sidodadi Lamongan, Suharto. Foto : Istimewa.

Lamongan

Korupsi Dana Desa, Inspektorat Lamongan Bakal Periksa Kades Kebonsari
Pelajar NU Benjeng Bantu Bersihkan Lumpur di Rumah Nenek Sebatang Kara

Gresik

Pelajar NU Benjeng Bantu Bersihkan Lumpur di Rumah Nenek Sebatang Kara