Home / Ekonomi / Nasional / Warta

Sabtu, 18 Desember 2021 - 18:30 WIB

Pembangunan Pelabuhan Patimban Subang, Wakil Ketua DPR: Optimis Dongkrak Ekspor Indonesia

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Rachmat Gobel dalam acara Handover Ceremony Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban Subang dan Ekspor Perdana kendaraan, Jumat (17/12). Foto: Yt Kemenhub.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Rachmat Gobel dalam acara Handover Ceremony Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban Subang dan Ekspor Perdana kendaraan, Jumat (17/12). Foto: Yt Kemenhub.

Jakarta, Progresnews.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Rachmat Gobel mengungkapkan optimisme, bahwa kehadiran Pelabuhan Patimban Subang akan mendongkrak kemajuan ekspor Indonesia dan semakin menarik investor asing.

“Hal ini semakin membawa optimisme Indonesia dalam aktivitas ekspor serta kemajuan ekonomi nasional,” ungkap Gobel.

Hal tersebut diungkapkan Gobel ketika menyampaikan pidato dalam acara upacara serah terima terminal kendaraan di Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, yang ditayangkan secara virtual oleh channel resmi youtube Kementerian Perhubungan RI pada Jum’at (17/12).

Pelabuhan ekspor-impor yang cukup besar yang dibangun oleh konsorsium Indonesia yang bekerja sama dengan konsorsium Jepang tersebut merupakan bagian dari upaya dalam memperkuat aktivitas ekspor-impor setelah Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Baca Juga:  Sempat Tutup Karena Pandemi, Jasa Berkuda Dan Speed Boat Di Sarangan Masih Dengan Harga Normal

Acara serah terima tersebut dihadiri oleh Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan, Chairul Tanjung selaku Komisaris Utama Pelabuhan Patimban, Arsjad Rasjid selaku Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Kenji Kanasugi yang merupakan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji.

Dalam acara tersebut, dilakukan juga ekspor perdana kendaraan Daihatsu dan Toyota yang dibuat di Indonesia ke sejumlah negara dengan melalui kapal Fujitrans World.

Menurut Gobel, salah satu kendala kegiatan ekspor Indonesia ialah proses di pelabuhan yang cukup lama dan terlalu padat. Harapannya, dengan beroperasinya Pelabuhan Patimban ini kegiatan logistik dapat dipercepat dan dipermudah.

“Dengan begitu, investor ekspor seperti Jepang, akan semakin tertarik berinvestasi di Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga:  Ekonomi Serba Sulit akibat Pandemi, Gus Muhaimin Minta Semua Pihak Waspada

Pria kelahiran Gorontalo tersebut mengatakan, Indonesia mempunyai potensi yang cukup kuat dalam menghadirkan investasi berbasis ekspor. Ia meyakini, Indonesia dapat menjadi pusat industri untuk tujuan Amerika Selatan, Amerika Utara, Asia Tenggara, dan Afrika.

Potensi tersebut hadir mengingat jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar serta kekayaan alam yang berlimpah ruah dalam hal ketersediaan bahan baku industri.

Namun, Gobel menjelaskan bahwa potensi tersebut baru dapat diwujudkan apabila Indonesia mampu membangun rantai industri yang kuat, serta iklim usaha yang baik.

“Pembangunan Pelabuhan Patimban ini ialah salah satu wujudnya,” kata Gobel. [irf]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Ketua DPC PKB Lamongan saat mengikuti acara santunan santri yatim-piatu dalam rangka memperingati Hari Santri Lamongan, Jumat (22/10). Foto: Ivan A/Progresnews.id.

Lamongan

PKB Lamongan Rayakan HSN Bareng Santri Yatim-Piatu
TPT Ambrol yang belum diperbaiki di Sugio Lamongan. Foto : Ivan A/Progresnews.id.

Lamongan

Diduga Tak Sesuai RAP, Pembangunan TPT yang Jebol di Sugio Lamongan Disoal Warga
Konferensi Pers Polda Jatim, Senin (1/2).

Warta

Polda Jatim Bongkar Prostitusi Online Libatkan Anak Di Bawah Umur
Ketua RMI PBNU KH Abdul Ghofar Rozin. Foto: Dok. RMI.

Nasional

Intip Yuk! Produk Teknologi untuk Pesantren dalam Kompetisi Santri 4.0
Mantan Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal membeberkan 3 fakta terkait sindikat mafia tanah, Minggu (14/2). Foto: instagram.com/dinopattidjalal.

Nasional

Laporkan Mafia Tanah, Dino Patti Djalal Malah Dipolisikan
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito berbicara dalam sebuah konferensi pers, Jakarta, (29/7/2020). Foto: kominfo.go.id.

COVID-19

Temukan Tes PCR Palsu, Satgas Covid-19 Perketat Pintu Masuk Batam
Kepala Subbagian Tata Usaha BPHP Wilayah III Pekanbaru, Kurniawansyah Effendi dalam Podcast seri-6, Publikasi dan Diseminasi Praktik Baik, Perempuan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan, Senin (17/1).

Nasional

Dorong Pengarusutamaan Gender, Kantor BPHP Wilayah III Pekanbaru Sediakan Fasilitas Laktasi

Ekonomi

Salurkan BST 2021, Pos Indonesia Kerahkan 21 Ribu Karyawan