Home / Gresik / Warta

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 19:26 WIB

Pelantikan PC IKA PMII Gresik, Akhmad Muqowam: Ketua Perempuan Pertama

Aminatun Habibah dan jajaran pengurus saat mengikuti pelantikan Pengurus Cabang IKA PMII Gresik di Pendopo Bupati Gresik, Sabtu (16/10). Foto: Ipung/Progresnews.id.

Aminatun Habibah dan jajaran pengurus saat mengikuti pelantikan Pengurus Cabang IKA PMII Gresik di Pendopo Bupati Gresik, Sabtu (16/10). Foto: Ipung/Progresnews.id.

Gresik, Progresnews.id — Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII), Akhmad Muqowam menyebut bahwa ketua Pengurus Cabang (PC) IKA PMII Gresik Aminatun Habibah merupakan ketua pertama IKA PMII perempuan.

“Bahwa ini adalah satu-satunya, ketua IKA PMII yang berjenis kelamin wanita. Ini luar biasa,” ungkapnya saat menghadiri langsung acara Pelantikan Pengurus Cabang IKA PMII Gresik periode 2021-2026 di Pendopo Bupati Gresik, Sabtu (16/10).

Muqowam juga mengatakan di Jawa Timur, Jawa Barat, bahkan di Pulau Jawa juga tidak ada. “Wah, satu-satunya, Bu. Luar biasa. Tolong setelah ini dicek kepada sekretariat apakah ada ada pengurus ketua IKA PMII baik wilayah atau cabang yang berjenis kelamin sahabati, saya rasa belum ada,” imbuhnya.

Acara pelantikan itu dihadiri juga oleh Ketua Pengurus Wilayah IKA-PMII Jawa Timur, Amin Said Husni. Ia berharap dengan pelantikan tersebut, “Gresik sebagai penyangga surabaya, perlu program yang sistematis di dalam mengawali langkah-langkah pergerakan.”

Baca Juga:  Jaga Umat, Vaksinasi MUI Gresik Bersama Polda Jatim Disambut Antusias
Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB IKA PMII), Akhmad Muqowam saat melantik PC IKA PMII Gresik di Pendopo Gresik, Sabtu (16/10). Foto: Ipung/Progresnews.id.
Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB IKA PMII), Akhmad Muqowam saat melantik PC IKA PMII Gresik di Pendopo Bupati Gresik, Sabtu (16/10). Foto: Ipung/Progresnews.id.

Dalam kesempatan yang sama, Muqowam menegaskan bahwa di awal 2022, PB IKA PMII mempunyai target untuk mendirikan IKA PMII di seluruh wilayah di Indonesia.

“Insyaallah, pada awal 2022, seluruh wilayah, seluruh provinsi, sudah ada IKA PMII, yang Insyaallah itu akan menjaga keindonesiaan dan keselamatan kita semua,” tegasnya.

Lebih lanjut, Muqowam mengungkapkan bahwa IKA PMII pada basisnya adalah struktur organisasi, fisiknya adalah sumber daya manusia, namun IKA PMII “tidak akan lepas dari fondasi kita, keislaman kita, ahlussunnah wal jamaah nahdliyah kita, di dalam menjaga kesatuan republik Indonesia”.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu juga mengimbau bahwa IKA PMII perlu lebih meningkatkan kualitas.

“Nampaknya IKA PMII perlu lebih meningkatkan tingkat kecerdasan kita, tingkat pemahaman kita tingkat keilmuan kita, sehingga substansi perjuangan Islam dan keindonesiaan kita itu tidak lekang oleh hujan dan tidak lapuk oleh matahari,” ujarnya.

Oleh karena, Muqowam menekankan bahwa peningkatan kualitas itu menjadi salah satu tuntutan terhadap PC IKA PMII Gresik dalam rangka mempertahankan negara Indonesia.

Baca Juga:  Catat, Ini Tanggal Vaksinasi MUI Gresik bersama Polres Gresik

Mengomentari isu yang sedang ramai mengenai calon Ketua PBNU, Muqowam menegaskan bahwa IKA PMII akan “berdiri di dalam barisan serta mendukung kadernya untuk menjadi ketua PBNU.”

Di akhir, Muqowam mengucapkan selamat kepada Aminatun Habibah yang juga menjadi Wakil Bupati Gresik dan seluruh jajaran pengurus.

“Jadi sekali lagi selamat kepada Wakil Bupati, dan juga segenap jajaran pengurus, semoga amanah yang diberikan itu dapat diemban dengan baik,” tutupnya.

Ketua PC IKA PMII Gresik, Aminatun Habibah saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan PC IKA PMII Gresik di Pendopo Gresik, Sabtu (16/10). Foto: Ipung/Progresnews.id.
Ketua PC IKA PMII Gresik, Aminatun Habibah saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan PC IKA PMII Gresik di Pendopo Bupati Gresik, Sabtu (16/10). Foto: Ipung/Progresnews.id.

Sementara itu, Ketua PC IKA PMII Gresik, Aminatun Habibah dalam sambutannya menekankan pentingnya sinergitas PC IKA PMII Gresik.

“Banyak pekerjaan-pekerjaan lain yang tentu saja membutuhkan tenaga sahabat-sahabat semua. Butuh sinergi yang kuat satu sama lain, jangan ada dusta diantara kita. Karena dengan kita nguri-nguri atau merumat PMII yang ada di Kabupaten Gresik ini, insyaallah ini juga merupakan usaha kita untuk menegakkan Islam ala ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyah,” kata Aminatun Habibah.

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Hadi Prayitno dari The Reform Initiatives memandu Market Gathering yang dihadiri puluhan pelaku bisnis bertajuk Membangun Kolaborasi Pasar UMKM bersama “ASMAT”, Selasa (24/8).

Nasional

Ajak Pelaku Usaha, Program PAPeDA Promosikan Produk Pangan Inovatif Papua
Foto Kasatreskoba Polres Lamongan, AKP Khusen saat malakukan kegiatan ungkap kasus narkoba.

Lamongan

Kasatreskoba Lamongan Edukasi Bahaya Narkotika ke Pelajar
Gusnadi saat memberikan sambutan di sela-sela acara Musncab DPC PDIP Lamongan. Foto : Ammy.

Lamongan

Kisruh Elit Memanas, Loyalitas DPC PDIP Lamongan Bikin Merinding
Kejagung RI, ST Burhanuddin. Foto: CNN

Nasional

Kawal Korupsi Asabri, Jaksa Agung: Siapapun yang Beking, Kita Sikat!
Gus Jazil Optimis Gus Yani-Bu Min Akan Jadikan Gresik Lebih Sejahtera.

Gresik

Gus Jazil Optimis Gus Yani-Bu Min Akan Jadikan Gresik Lebih Sejahtera
Foto: YouTube Najwa Shihab.

Nasional

Amal Gerakan Pesantren Asuh RMI-PBNU, Baju Putih Gus Baha Dilelang
Menteri Kominfo Johnny G Plate dalam Konvensi Nasional Media Masa "Pers Nasional Bangkit dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 dan Tekanan Disrupsi Digital", Senin (8/2).

Warta

Konvensi Nasional Media Massa, Menkominfo Beri Dorongan Kepada Insan Pers
Ashadi Iksan, Ketua PWI Gresik 2021-2024 saat memohon restu ke sesepuh Kiai Gresik KH Muchtar Jamil.

Gresik

Selamat! Ashadi Jabat Ketua PWI Gresik 2021-2024