Warta  

Normalkan Aliran Sungai, BPBD dan Warga Desa Kramat Baksos Bersihkan Sungai

BPBD dan Warga Desa Kramat baksos membersihkan sungai, Minggu (31/1).
BPBD dan Warga Desa Kramat baksos membersihkan sungai, Minggu (31/1).

Gresik, Progresnews.id – Pada hari Minggu (31/1), Masyarakat Desa Kramat bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik, bergotong royong membersihkan aliran sungai yang berada di sekitar desa.

Baksos tersebut, merupakan upaya untuk melancarkan aliran sungai, sehingga luapan yang menjadi dampak tenggelamnya tambak yang ada di desa segera surut.

Muhammad Fauzi selaku Kepala Desa Kramat menuturkan baksos ini bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Gresik beserta relawan yakni CBP IPNU Kecamatan Duduksampeyan.

“Dengan adanya baksos ini, pemerintah desa berharap aliran sungai menjadi lancar sehingga tidak menjadi masalah yang lebih besar” ucap Fauzi selaku Kepala Desa.

Lebih lanjut, Fauzi mengatakan pihaknya dalam Baksos kali ini fokus membersihkan enceng gondok agar air bisa mengalir.

“Eceng gondok yang menumpuk di sungai kami bersihkan supaya bisa mengalir dan tidak menumpuk setelah itu pohon yang sudah rindang menutupi sungai kami potong rantingnya,” jelas Fauzi.

Selain itu, Camat Duduksampeyan Suropadi memberikan surat himbauan kepada kepala desa untuk seluruh masyarakat desa, agar tidak memasang penangkap ikan di aliran sungai seperti Anco, Awir atau Pacekan karena dapat menghambat aliran air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.