Home / Pendidikan / Warta

Rabu, 27 Oktober 2021 - 12:22 WIB

MUI Gresik, Wadahi Da’i Milenial Jawa Timur Beradu Bakat

CERAMAH. Salah seorang peserta Festival Da'i Muda, Hikman Nabil Zifa tengah unjuk kebolehan di depan Dewan Juri, Rabu (27/10). Foto: Istimewa/Progresnews.id

CERAMAH. Salah seorang peserta Festival Da'i Muda, Hikman Nabil Zifa tengah unjuk kebolehan di depan Dewan Juri, Rabu (27/10). Foto: Istimewa/Progresnews.id

Gresik, Progresnew.id – Demi dapat menemukan bibit emas generasi pendakwah baru, Majelis Ulama’ Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik menggelar Festival Da’i milenial tingkat Jawa Timur. Ajang tersebut diadakan di Masjid Agung Gresik Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo, Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik.

Event ini sedianya merupakan kegiatan MUI Gresik pada momentum Hari Santri Nasional (HSN) 2021. Dimana acara lainnya juga digelar, seperti Workshop dan Lomba Berkah Cerita Islam, Pendidikan Kader Ulama’, Festival Bedug Teter, Halaqoh Ulama Umara dan Lauching Bina Santun Berkendara.

Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq mengapresiasi terlaksananya acara ini. Menurutnya, gelaran Festival Da’i dalam rangka mencari bibit unggul dalam bidang dakwah. Sebab dakwah sendiri memiliki peranan penting dalam penyebaran agama Islam.

Baca Juga:  MTQ XXIX Provinsi Jatim, Lamongan Sabet Juara-Gresik Peringkat Empat

“Islam sampai ke penjuru dunia adalah karena dakwah. Dakwah tidak terlepas dari pendakwah dimana salah satu strategis dalam pengembangan ajaran Islam,” katanya saat membuka acara Festival Da’i pada Rabu (27/10).

Lebih lanjut, Kiai Mansoer juga menuturkan, banyak metode dakwah yang dapat dilakukan oleh para Da’i. Baik, dakwah bil lisan, bil qolam bil hal, bil mal. Misalnya dakwah bil hal bukan mengganti atau perpanjangan dari dakwah bil lisan. Keduanya punya peran penting dalam proses penyampaian ajaran Islam dengan tetap menjaga isi dakwah yang disampaikan.

“Peran Da’i dalam dakwah bil hal sangat penting karena menjadi sorotan utama umat. Sebagai panutan, setiap hal yang dikatakan dan dikerjakan menjadi inspirasi jama’ah,” terangnya.

Baca Juga:  Pelatih Persela Lamongan Nilmaizar Pamit, Berhembus Kabar Merapat ke Sriwijaya

Sementara itu, Ketua Juri Festival Da’i Dr Abdul Chalik mengatakan, kegiatan ini dikuti oleh 37 peserta yang tersebar di beberapa kota dan kabupaten seluruh Jawa Timur. Namun dari 37 peserta tersebut, terseleksi menjadi 15 peserta yang diundang dalam audisi langsung.

“Selanjutnya dari audisi itu akan memunculkan 6 peserta sebagai finalis yang akan kita undang dalam audisi di studio di TV9 dan disiarkan secara live,” bebernya.

Dalam penilaian, juri akan fokus dalam materi yang disampaikan, seperti aktualisasi, kedalaman materi, fasih mengucapkan qur’an dan hadist. Selanjutnya, penguasaan alur, komunikatif kepada audiens, dengan tepat memakai bahasa tubuh.

Share :

Editor : Achmad Chidir Amirullah

Baca Juga

Ekonomi

Nenek di Widang Kesulitan Beli Beras Usai Dicoret Dari KPM BPNT
Presiden Jokowi. Foto: Biro Pers Setneg.

COVID-19

Nilai PPKM Selama Ini Tidak Efektif, Jokowi Putuskan 09 Februari PPKM Skala Mikro
Ilustrasi Foto: Press Release AJI.

Nasional

Kudeta Militer, AJI dan GERAMM Desak Myanmar Bebaskan Jurnalis yang Ditahan
Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom saat menjadi pemateri seri 3 diskusi daring pengelolaan produk inovatif dengan tajuk Pala dan Budaya Fakfak yang menjadi bagian dari Program PAPeDA, Jumat (20/8).

Nasional

Wakil Bupati Fakfak: Sampai Kapanpun, Pala akan Menjadi Bagian dari Identitas Kami

Gresik

Muncul Berita Hoax Kasdim 0817 Meninggal, Ketua Formagam Gresik Ingatkan Jangan Terpedaya Berita Bohong
Susana acara lomba yang di selenggerakan DPC GMNI Lamongan. Foto : Ist

Lamongan

Semarak Bulan Bung Karno, GMNI Lamongan Tanamkan Semangat Juang Bapak Bangsa ke Pelajar
Analis Kebijakan di Setda Provinsi Papua, Martha Mandosir dan Peneliti Universitas Papua Yustina Lina Dina Wambrauw bersama Aulina Umaza sebagai moderator dalam diskusi Seri Podcast 1 yang bertajuk ‘Perempuan Hutan Lestari di tanah Papua’, Rabu (25/8).

Nasional

Perempuan Adalah Tulang Punggung Konservasi Alam Papua
Bantuan-Operasional Pesantren dan Pendidikan Agama Islam

Nasional

Kemenag Siapkan Bantuan Operasional untuk Pesantren dan Lembaga Pendidikan Islam