Home / Gresik

Senin, 9 Agustus 2021 - 18:51 WIB

MUI Gresik Fatwakan Syahid Bagi Muslim Yang Wafat Karena Covid-19

Reporter : Progresnews

MUI Gresik Fatwakan Syahid Bagi Muslim Yang Wafat Karena Covid-19

MUI Gresik Fatwakan Syahid Bagi Muslim Yang Wafat Karena Covid-19

Gresik, Progresnews.id.-Komisi Fatwa Dewan Pimpinan Daerah Majelis Ulama Indonesia (MUI Gresik) melakukan kajian syariat secara mendalam, dan mengeluarkan fatwa bila gelar syahid tersemat bagi umat islam yang wafat karena Covid-19

Keputusan Syahid tersebut tertuang dalam rangkaian Fatwa Nomor 5 Tahun 2021, Tentang Panduan Pemulasaraan Jenazah Muslim Terpapar Covid-19. Oleh karena itu siapa pun muslim yang berpulang ke hadirat Yang Maha Kuasa dalam bencana ini, hukumnya wajib dimandikan. MUI juga memberikan penekanan kaidah-kaidah yang menjadi syarat pemulasaran berdasarkan.

Ketua MUI Gresik, KH Mansoer Shodiq, menuturkan, penyematan Syahid Akhirat adalah bagi orang Islam yang wafat karena kondisi tersentu, seperti terdampak wabah Covid-19, tenggelam, melahirkan dan sebagainya. Nah, jenazah para syuhada ink, menurutnya harus diperlakukan dengan tata cara yang baik, berpedoman syariat Islam.

Baca Juga:  Satlantas Polres Gresik Hadirkan Tokoh Superhero Dalam Ops Zebra 2020

“Status orang Islam yang meninggal karena wabah, seperti Covid-19 adalah syahid akhirat dan cara pengurusan jenazahnya harus sesuai dengan syariat Islam, meliputi memandikan, mengkafani, menshalatkan dan menguburkan serta diupayakan dilakukan sesempurna mungkin,” tutur Kiai Mansoer, dalam Pelatihan Pemulasaran Jenazah covid-19, Senin (9/8/2021) di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim, Kebomas, Gresik.

Pada pelatihan itu, MUI menguraikan kembali isi Fatwa di antaranya saat memandikan jenazah, perlu ditutupi dengan kain agar aurat tidak tampak, dan orang yang memandikan jenazah tidak boleh melihat auratnya kecuali suami istri. Lembaga keagaamaan itu juga menganjurkan agar beberapa anggota keluarga jenazah diperbolehkan melihat atau ikut serta dalam proses memandikan. Tentunya dengan menggunakan APD dan disemprot dengan desinfektan.

Baca Juga:  Proses Lelang, Pembangunan Tahap Kedua Underpass Gresik Dianggarkan 7 Milyar

“Banyak isu (pertanyaan liar) yang bertebaran tentang perawatan jenazah di rumah sakit sesuai syariat atau tidak? Untuk itu kerjasama dengan pemerintah ini atau Dinas kesehatan (Dinkes) terkait pemulasaraan jenazah menjawab problematika itu. Bahwa yang mengurus jenazah memang petugas yang sudah dibekali sesuai syariat,” tandas ketua dua periode tersebut.

Sementara, dr Umi Khoiroh sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Gresik mengaku, kerjasama dalam pemulasan jenazah Covid-19 dengan MUI Gresik memberikan dampak positif bagi petugas nakes. Paling tidak, ada pandangan syariat selain sisi medis yang diterapkan petugas selama di lapangan.

“Sampaikan kepada masyarakat bahwa MUI menyiapkan kita semua telah melaksanakan pemulasaran sesuai dengan syariat Islam,” pungkasnya.”.

Share :

Baca Juga

Jajaran Formagam Gresik.

Gresik

Pilkada Usai, Formagam Gresik Apresiasi KPU dan Beri Pesan Kepada Pimpinan Baru

Daerah

Forum Kota Gresik Turun Jalan, Desak Pemkab Gresik Tutup Dakota City
Penyerahan suplemen dari perwakilan SD Muhammadiyah 1 GKB kepada Petugas Operasi Yustisi yang bertempat di GKB, Senin (18/1). Foto: Nufus/Progresnews.id.

Gresik

SD Muhammadiyah 1 GKB Bagikan Suplemen
Skuad tim Gresik United saat menjamu Perseba Bangkalan di Stadion Gelora Joko Samudro, Jumat (24/9).

Gresik

Gresik United Menang di Laga Persahabatan
Gus Yani saat mengikuti dialog bertajuk "Petani Di Persimpangan Jalan (Antara Godaan Alih Fungsi Lahan dan Minimnya Kesejahteraan)"

Gresik

Dilema Alih Fungsi Lahan Pertanian, Forkot Ajak Dialog Pemerintah Bahas Solusi
Lobi Museum Sunan Giri Gresik dilengkapi handsanitizer untuk pengunjung selama pandemi. Foto: Nufus/Progresnews.id.

Gresik

Museum Sunan Giri Gresik Semakin Sepi di Tengah Pandemi
Perdana, peserta Miss Fatayat NU Bungah saling beradu kecakapan. Foto: Chidir.

Gresik

Gelar Miss Fatayat NU, Cara Fatayat NU Bungah Cetak Influencer Nahdliyin
Pelajar NU Benjeng Bantu Bersihkan Lumpur di Rumah Nenek Sebatang Kara

Gresik

Pelajar NU Benjeng Bantu Bersihkan Lumpur di Rumah Nenek Sebatang Kara