Home / Gresik

Senin, 9 Agustus 2021 - 18:51 WIB

MUI Gresik Fatwakan Syahid Bagi Muslim Yang Wafat Karena Covid-19

MUI Gresik Fatwakan Syahid Bagi Muslim Yang Wafat Karena Covid-19

MUI Gresik Fatwakan Syahid Bagi Muslim Yang Wafat Karena Covid-19

Gresik, Progresnews.id.-Komisi Fatwa Dewan Pimpinan Daerah Majelis Ulama Indonesia (MUI Gresik) melakukan kajian syariat secara mendalam, dan mengeluarkan fatwa bila gelar syahid tersemat bagi umat islam yang wafat karena Covid-19

Keputusan Syahid tersebut tertuang dalam rangkaian Fatwa Nomor 5 Tahun 2021, Tentang Panduan Pemulasaraan Jenazah Muslim Terpapar Covid-19. Oleh karena itu siapa pun muslim yang berpulang ke hadirat Yang Maha Kuasa dalam bencana ini, hukumnya wajib dimandikan. MUI juga memberikan penekanan kaidah-kaidah yang menjadi syarat pemulasaran berdasarkan.

Ketua MUI Gresik, KH Mansoer Shodiq, menuturkan, penyematan Syahid Akhirat adalah bagi orang Islam yang wafat karena kondisi tersentu, seperti terdampak wabah Covid-19, tenggelam, melahirkan dan sebagainya. Nah, jenazah para syuhada ink, menurutnya harus diperlakukan dengan tata cara yang baik, berpedoman syariat Islam.

Baca Juga:  Konten Promosinya Viral, Wisata Durian King Goval Farm Dibuka Besok

“Status orang Islam yang meninggal karena wabah, seperti Covid-19 adalah syahid akhirat dan cara pengurusan jenazahnya harus sesuai dengan syariat Islam, meliputi memandikan, mengkafani, menshalatkan dan menguburkan serta diupayakan dilakukan sesempurna mungkin,” tutur Kiai Mansoer, dalam Pelatihan Pemulasaran Jenazah covid-19, Senin (9/8/2021) di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim, Kebomas, Gresik.

Pada pelatihan itu, MUI menguraikan kembali isi Fatwa di antaranya saat memandikan jenazah, perlu ditutupi dengan kain agar aurat tidak tampak, dan orang yang memandikan jenazah tidak boleh melihat auratnya kecuali suami istri. Lembaga keagaamaan itu juga menganjurkan agar beberapa anggota keluarga jenazah diperbolehkan melihat atau ikut serta dalam proses memandikan. Tentunya dengan menggunakan APD dan disemprot dengan desinfektan.

Baca Juga:  Pupuk Subsidi Langka, Petani Tuban Geruduk Dispertan dan Distributor

“Banyak isu (pertanyaan liar) yang bertebaran tentang perawatan jenazah di rumah sakit sesuai syariat atau tidak? Untuk itu kerjasama dengan pemerintah ini atau Dinas kesehatan (Dinkes) terkait pemulasaraan jenazah menjawab problematika itu. Bahwa yang mengurus jenazah memang petugas yang sudah dibekali sesuai syariat,” tandas ketua dua periode tersebut.

Sementara, dr Umi Khoiroh sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Gresik mengaku, kerjasama dalam pemulasan jenazah Covid-19 dengan MUI Gresik memberikan dampak positif bagi petugas nakes. Paling tidak, ada pandangan syariat selain sisi medis yang diterapkan petugas selama di lapangan.

“Sampaikan kepada masyarakat bahwa MUI menyiapkan kita semua telah melaksanakan pemulasaran sesuai dengan syariat Islam,” pungkasnya.”.

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Moch. Chusnan Ali saat menyerahkan Koin Muktamar kepada PW Laziz NU Jatim pada Senin (22/11). Foto: Handout Progresnews.id.

Gresik

Tembus 1 Miliar, PCNU Gresik Serahkan Koin Muktamar Ke PWNU Jatim

Daerah

Lepas 31 Atlet PON XX Papua, Bupati Gresik Gus Yani Siapkan Hadiah Spesial
Suasana petugas dapur umum IPNU IPPNU Desa Medangan bersama dibantu warga pada hari Senin (28/12) bakda maghrib, di Balai Dusun Desa Medangan. Foto: mudzakir/progresnews.id.

Gresik

Peduli Korban Banjir, IPNU IPPNU Dusun Medangan Buka Dapur Umum

Daerah

Peringati Harlah Ke-92, LP Maarif NU Gresik Gelar Doa Bersama dan Potong Tumpeng
Sejumlah pengurus PCNU-MWCNU Gresik saat melakukan ziarah ke makam para kiai dan muassis NU. Foto: Istimewa.

Gresik

Bakti Sejarah PCNU-MWC NU Gresik Ziarahi Makam Kiai dan Muassis NU di Hari Santri

COVID-19

Kasus Berita Hoax Kasdim 0817 Meninggal Usai Divaksin, Polres Gresik Segera Usut Dalangnya
Salah satu upaya dalam pemberlakuan PPKM adalah gencar lakukan operasi yustisi yang dilakukan oleh TNI-Polri serta Satpol PP.

COVID-19

PPKM Gresik Diperpanjang, Ini Ketentuannya
Sambut PTM, Pergunu Bungah Dukung Penuh Setiap Program LP Ma’arif

Gresik

Sambut PTM, Pergunu Bungah Siap Mendukung Program LP Ma’arif NU