Home / Ekonomi

Selasa, 22 Desember 2020 - 19:08 WIB

MoU dengan STIESIA Surabaya, PD DMI Kabupaten Gresik Gelar Pelatihan dan Pendampingan Berkelanjutan Untuk UMKM Binaan

Reporter : Mudzakir

Penunjukan berkas hasil MoU, progresnews.id/Mudzakir.

Penunjukan berkas hasil MoU, progresnews.id/Mudzakir.

Gresik, Progresnews.id – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya bersama Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Gresik, menggelar Pelatihan Dan Pendampingan Pengelolaan Keuangan dan Pemasaran Digital Bagi UMKM binaan di Kabupaten Gresik.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia UMKM di Gresik agar bisa meningkatkan daya jual dan mampu mengelola keuangan secara profesional, agar bisa mandiri ditengah persaingan global ini. Karena itu materi pengelolaan keuangan dan pemasaran digital diberikan oleh para Narasumber dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIESIA Surabaya sangat dibutuhkan.

Ketua DMI Kabupaten Gresik, Ustadz Zainal Abidin, Progresnews.id/Mudzakir.

“Kegiatan ini sangat tepat, karena DMI Kabupaten Gresik, mempunyai Visi memakmurkan Masjid dan jamaahnya, maksudnya, yakni meramaikan masjid dengan banyak kegiatan keislaman, dan mensejahterahkan warga / jamaah masjid,” terang Ustaz Zainal selaku Ketua PD DMI Kabupaten Gresik.

Pembinaan UMKM ini sudah lama digagas dan dilakukan oleh DMI, tapi belum maksimal. Maka sekarang akan aplikasikan dan diperkuat lagi secara nyata, yang digarap dan didampingi oleh Badan Koordinasi Majelis Ta’lim Masjid (BKMM) dan Koperasi Masjid Gresik (KMG) dibantu oleh Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA).

Baca Juga:  PD Prima DMI Gresik Paparkan Peran Pemuda Dalam Memakmurkan Jemaah
Penunjukan berkas hasil MoU, progresnews.id/Mudzakir.
Penunjukan berkas hasil MoU, progresnews.id/Mudzakir.

Dalam pelaksanaan MoU ini, UMKM akan dilatih dan didampingi oleh para bapak ibu dosen-dosen STIESIA Surabaya yang sudah profesional selama satu tahun.

Adapun daftar UMKM Gresik diantaranya, Binaan PD DMI Gresik, UD. Alamifa Food, UD. Karya Nusantara Optima, Minuman Tradisional Harun, TS Bersaudara, Dapur Buening, UD. Rizky Bersama, dan Cosula. Adapula Alumni STIESIA Surabaya, yakni Songkok Lukis SekaOne, Forway, dan T-Gresik.

Dr. Hj. Nur Laily selaku ketua LP2M STIESIA Surabaya mengatakan bahwa untuk pelatihan dan pendampingan saat ini, para pelaku UMKM diberikan bekal materi pengolahan keuangan dan tips bagaimana agar UMKM tetap survive di era new normal ini.

“Ini merupakan kegiatan pengabdian bapak ibu dosen kami kepada masyarakat, dengan berbagi ilmu dan tips kepada UMKM di Gresik ini, agar UMKM semakin maju dan berkembang,” tutur Nur Laily.

Baca Juga:  Jadi Menparekraf, Ini Pesan Bossman Mardigu untuk Sandiaga Uno
Foto bersama Bapak Ibu Dosen Stiesia dan UMKM beserta pengurus DMI Kabupaten Gresik.

Sementara itu saudara Rohman yang akrab disapa Maman selaku koordinator UMKM, mengungkapkan ucapan terimakasih kepada STIESIA Surabaya dan PD DMI Kabupaten Gresik, semoga kegiatan ini terus berlanjut, tidak berhenti hari ini saja, dan ilmunya bermanfaat dan diaplikasikan oleh Teman-teman pelaku UMKM.

Perlu diketahui bahwa pelatihan ini diisi oleh bapak ibu dosen yang kompeten, diantaranya DR. Nurlaely (Ketua LPPM STIESIA) DR. Prijati (Pemasaran Digital) DR. Maswar Patuh (Pengelolaan Keuangan) DR. Kurnia (Pengelolaan Keuangan) Yahya (Pemasaran Digital) Yudi Sidharta (Pengelolaan Keuangan) Wimba Respatia (Ka Lab Pajak STIESIA)

Di akhir penyampaian Ustaz Zainal menyampaikan rasa terima kasih kepada STEISIA atas kepercayaannya pada DMI dan UMKM binaannya, dan berharap kerjasama ini bisa berlanjut dan UMKM lebih banyak lagi yang didampingi.

Share :

Baca Juga

Harga Anjlok, Petani Tembakau di Tuban Beralih Tanam Kangkung

Daerah

Harga Anjlok, Petani Tembakau di Tuban Beralih Tanam Kangkung
Sesi foto bersama usai Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Gresik telah memberikan bantuan Modal Usaha Kecil (MFP) di Kelurahan Randuagung Kecamatan Kebomas Gresik pada hari Jumat (6/11). Foto: Mudzakkir/Progresnews.id.

Daerah

Melalui Program Gresik Berdaya, Baznas Kabupaten Gresik Berikan Bantuan Modal ke Usaha Kecil
Hama Tikus Kembali Menyerang, Petani Lamongan Mengeluh Akibat Gagal Panen

Daerah

Hama Tikus Kembali Menyerang, Petani Lamongan Rugi Belasan Juta Akibat Gagal Panen
Dekan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Gresik, Ir. Endah Sri Redjeki, MP., M.Phil menuturkan tiga cara menjaga pangan keluarga saat memperingati Hari Pangan Sedunia. Foto: Betty/Progresnews.id.

Daerah

Peringati Hari Pangan Sedunia, Dekan Fakultas Pertanian UMG Tuturkan Cara Menjaga Pangan Keluarga
M. Syahrul Munir DPRD Gresik saat ditemui oleh wartawan progresnews.id, Rabu 7 Oktober 2020. Foto: Mudzakkir/Progresnews.id.

COVID-19

PAD Gresik Merosot, Wisata Desa Adalah Terobosan Yang Solutif
Jadi Pilot Project, Tuban Sukses Kembangkan Bibit Jagung Unggulan.

Daerah

Jadi Pilot Project, Tuban Sukses Kembangkan Bibit Jagung Unggulan
Seorang petani menunjukkan Kartu Tani. Foto: Nadia/Progresnews.id.

Daerah

Kartu Tani Ribet dan Belum 100% Berjalan, Petani Pusing
Dampak Covid-19, Pengunjung Tranz Cafe2 Anjlok

Ekonomi

Dampak Covid-19, Pengunjung Tranz Cafe2 Menurun