Home / Gresik / Warta

Kamis, 19 Agustus 2021 - 13:41 WIB

Momen HUT RI, GP Ansor Bungah Ziarahi Makam Pahlawan dan Muassis NU

Reporter : Progresnews

Momen HUT RI, GP Ansor Bungah Ziarahi Makam Pahlawan dan Muassis NU

Momen HUT RI, GP Ansor Bungah Ziarahi Makam Pahlawan dan Muassis NU

GRESIK, Progresnews.id. – Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Bungah (PAC GP ANSOR Bungah) Kabupaten Gresik, melakukan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 76 tahun, dengan menggelar doa bersama dan tabur bunga di makam pahlawan wilayah setempat, selasa (17/08/2021) pagi.

Bersama beberapa stakeholder, jajaran PAC GP Ansor, Banser, dan Rijalul Ansor Bungah menggelar napak tilas dengan penuh khidmat. Dikemas dengan cara ziarah kubur di beberapa titik makam sesepuh, atau yang biasa disebut muassis Nahdlatul Ulama’, di beberapa desa yang tersebar di Kecamatan Bungah.

Ketua PAC GP Ansor Bungah, Abdul Rozaqi, mengatakan jika rute giat ziarah makam antara lain; Mbah Sayyid Khusaini, Mbah Mambang, Mbah Sayyid Makhdum yang ketiganya berada di Desa Bedanten. Lalu menuju Mbah Ngabar di Desa Sukorejo. Terakhir di makam Mbah Kiai Abdul Hamid dan Kiai Ismail di desa Melirang serta Taman Makam Pahlawan Bungah.

Baca Juga:  Kasus Berita Hoax Kasdim 0817 Meninggal Usai Divaksin, Polres Gresik Segera Usut Dalangnya

Sedangkan menurut Rozaqi, tujuan menggelar ziarah ini sangat penting bagi setiap personil GP Ansor Bungah, “Sebagai bentuk rasa syukur kita berkat para pahlawan serta spirit kiai, negeri kita Indonesia telah keluar dari penjajahan dan merdeka 76 tahun. Maka sebagai pemuda harus ingat jasa juga cita-cita kemerdekaan untuk selalu menjaga NKRI dari segala bentuk ancaman perpecahan dan kehancuran,” terangnya.

Kegiatan ini dihadiri garis keturunan dari Keluarga KH Abdul Hamid, yakni KH Mudhofar Usman. Adapun kisah heroik KH Abdul Hamid dan KH Ismail dikenang hingga kini atas jasanya dalam mempertahankan Kemerdekaan RI. Kedua tokoh tersebut ikut serta melakukan perlawanan pada Agresi Militer Belanda II yang terjadi 3 tahun pasca Presiden Soekarno memproklamirkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga:  KLB Demokrat, BMI Jawa Timur: Satu Komando

KH Abdul Hamid dan KH Ismail kini bersemayam di Dusun Nangka, Desa Melirang Bungah Gresik. Disinyalir sebagai pasukan Kemerdekaan RI berjuluk Sabilillah. Namun, keduanya wafat di Desa Bungah. Kendati Belanda terus memburu pejuang kemerdekaan baik mati ataupun hidup untuk dibawa ke markas sebagai bukti otentik, akan tetapi tidak berhasil menemukan sebab jenazah KH Abdul Hamid dan KH Ismail telah dibawa oleh para pendekar pencak silat secara sembunyi-sembunyi untuk dimakamkan di Desa Melirang.

Share :

Baca Juga

Vaksinasi dosis kedua kepada tenaga medis di Puskesmas Mantup. Foto: Ammy.

COVID-19

Vaksinasi Tahap Pertama di Lamongan Ternyata Menyisakan 1900 Tenaga Kesehatan

Nasional

Perpres Miras Dicabut, Gus Jazil Apresiasi Presiden Jokowi
Kepala Staff Kepresidenan RI, Moeldoko dalam Webinar Jurnalisme Berkualitas "Menguatkan Keberlangsungan Profesi Wartawan dan Penerbitan Pers Guna Menyehatkan Demokrasi di Tengah Gempuran Disrupsi Digital" pada Minggu, (7/2).

Nasional

Moeldoko Akui Lebih Takut Todongan Wartawan Daripada Senjata

Nasional

Demokrat Diguncang, BMI Jawa Timur Tetap Bergerak Perkuat Barisan Partai Demokrat
Poster promosi Aisha Weddings. Foto: Twitter/Sweta Kartika.

Nasional

Promosikan Pernikahan Anak, KPAI Laporkan Aisha Weddings
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Minggu (14/2). Foto: tangkapan layar kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Nasional

Hari Ini, Presiden Resmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan
NU Care Lazisnu Petiyintunggal Usung Proker Kembangkan Masyarakat.

Gresik

NU Care Lazisnu Petiyintunggal Usung Proker Kembangkan Masyarakat

Gresik

Gus Jazil Dorong Pemerintah Percepat Distribusi Vaksin ke Daerah