Home / Nasional / Warta

Kamis, 23 Desember 2021 - 23:47 WIB

Minta Jaga Marwah Pesantren, Ma’ruf Amien: Jangan Sampai Kepercayaan Masyarakat Berkurang

Wakil Presiden RI K. H. Ma'ruf Amien membuka acara Peresmian Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren Muhammadiyah Sabilul Muttaqien, Kamis (23/12). Foto: wapresri.go.id

Wakil Presiden RI K. H. Ma'ruf Amien membuka acara Peresmian Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren Muhammadiyah Sabilul Muttaqien, Kamis (23/12). Foto: wapresri.go.id

Jakarta, Progresnews.id – Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin meminta kepada seluruh pihak untuk menjaga marwah pesantren. Hal itu dimintanya supaya tidak ada catatan buruk dalam setiap aktivitas pengelolaan lembaga pendidikan Islam itu.

“Pesantren marwahnya harus dijaga. Kemarin hal ini sudah sedikit tercoreng, masa ada pesantren kok melakukan kekerasan seksual,” ujar dia, di Pondok Pesantren (Ponpes) Muhammadiyah Sabilil Muttaqien Lampung, dalam acara peresmian Bank Wakaf Mikro (BWM), seperti dilansir wapresri.go.id, Kamis 23 Desember 2021.

Baca Juga:  Susunan Kepengurusan PBNU 2021-2026, Panitia Muktamar: Dirumuskan Bersama 6 Midformatur

Kemudian, Ma’ruf juga meminta kepada seluruh pemerintah daerah beserta masyarakat supaya ikut menjaga dan memelihara keberlangsungan pondok pesantren. Selain itu, apabila ditemukan tindak pidana serta pelanggaran, harus segera dilaporkan.

“Pak Gubernur, hal ini harus dijaga, di tempat-tempat yang lain jangan sampai terjadi,” kata Ma’ruf sembari menginsinuasi Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi dalam sambutannya.

Ma’ruf berharap, seluruh pondok pesantren di berbagai daerah supaya bisa menjadi pusat pemberdayaan masyarakat. Pesantren yang sudah mempunyai Badan Wakaf Mikro (BWM), juga diharapkan agar bisa melakukan pengelolaan lembaga keuangan mikro syariah dengan maksimal, sehingga nantinya diharapkan bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Baca Juga:  Cuitannya Meninggalnya Ustaz Maher Dilaporkan, Ini Tanggapan Novel

“BWM ini saya harap dapat dikelola secara baik, ini amanat, jangan sampai muncul ketidakpercayaan pada pesantren. Diberi amanah, bukannya lebih berkembang, malah habis,” ujarnya. [irf]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Khofifah Indah Parawansa seusai menyaksikan vaksinasi tahap ke-2 untuk tenaga kesehatan di Puskesmas Mantup Lamongan.

Lamongan

Gubernur Jatim: Pedagang Pasar Tradisional Akan Jadi Penerima Vaksin Tahap Selanjutnya

Warta

Update, Persiapan Teknis Konfercab NU Gresik

Warta

Datang ke Gresik, Chef Juna Gebrak Event Perdana Gresik Bandeng Fest 2021
Kedua koordinator perwakilan dari dinas pertanian dan kesehatan saat keluhkan rumitnya P3K. Foto: Ammy.

Lamongan

Ironis! Di Akhir Masa Jabatanya, Bupati Fadeli Diprotes Pegawainya Sendiri Terkait Rumitnya P3K di Lamongan
Fandi Akhmad Yani, Aminatun Habibah, Moh. Qosim dan Asluchul Alif terlihat akrab makan di satu meja saat acara penetapan Bupati-Wakil Bupati, Jumat (22/1), di Aston INN Hotel, Gresik.

Gresik

Penetapan Bupati-Wabup Gresik: Tidak Ada Paslon 1 atau Paslon 2

Nasional

Deklarasi BMI Jombang, Diharapkan Menjadi Langkah Mendekatkan Anak Muda Pada Partai Demokrat

Nasional

Kader PMII Harus Punya Akar Kuat Agar Tak Mudah Tumbang
CERAMAH. Salah seorang peserta Festival Da'i Muda, Hikman Nabil Zifa tengah unjuk kebolehan di depan Dewan Juri, Rabu (27/10). Foto: Istimewa/Progresnews.id

Pendidikan

MUI Gresik, Wadahi Da’i Milenial Jawa Timur Beradu Bakat