Home / Lamongan / Warta

Kamis, 11 Februari 2021 - 14:24 WIB

Mewakili Perjuangan Warga Lamongan, Ini yang di Lakukan TNI di Tugu Mayangkara

Reporter : Adyad Ammy Iffansah

Bakti karya yang dilakukan Koramil 0812/09 Mantup bersama warga sekitar, Kamis (11/2). Foto: Ammy

Bakti karya yang dilakukan Koramil 0812/09 Mantup bersama warga sekitar, Kamis (11/2). Foto: Ammy

Lamongan, Progresnews.id — Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak akan melupakan sejarah. Sembonyan yang pas disisipkan pada jajaran Koramil 0812/09 Mantup saat menilik Tugu Mayangkara.

Dengan spirit besarnya para TNI yang bertugas di Kecamatan Mantup itu berinisiatif memugar dan membersikan sekitar Tugu Mayangkara dengan bakti karya bersama seluruh anggota dan warga masyarakat.

“Guna menjaga cagar budaya menjadi salah satu media untuk mengenal sejarah, Maka kami mengajak warga desa Mantup untuk mengadakan karya bakti pembersihan Tugu Pahlawan Mayangkara,” ungkap Danramil 0812/09 Mantup Kapten Arm Yudhi Kurniad, Kamis (11/2).

Baca Juga:  Usulan 3.636 Vaksin Sinovac Dinkes Tuban Belum Final

Selain menggagas bakti karya, Yudhi Kurniad juga tak luput menceritakan sejarah panjang yang diabadikan dalam wujud tugu dan warisan budaya yang terkandung didalamnya.

Tugu Mayangkara disebut sebagai ikon perlawanan para pasukan tentara pada masa zaman kolonialisme Belanda. Perlawanan tersebut berujung terusirnya para pasukan Belanda dari bumi Mantup pada waktu itu.

“Untuk mempertahankan daerah Mantup dari penjajah, dibentuklah sebuah gerakan dengan dinamakan Pasukan Kuda Putih Mayangkara yang dipimpin oleh P. Jarot,” ucapnya.

Konon katanya, kata mantup sendiri tercetus dari kalimat awal ‘Amantubillahi’ yang artinya percaya kepada Allah, dan kata ‘Amantubillahi’ ini menjadi semboyan para pasukan Mayangkara.

Baca Juga:  Museum Sunan Giri Gresik Semakin Sepi di Tengah Pandemi

“Jauh sebelum Pasukan Mayangkara terbentuk, Sunan Giri mengutus muridnya yang bernama Mbah Yai Sido Margi wilayah ini dan mengajarkan ‘Amantubillahi’ kepada masyarakat sebagai pedoman dalam berbuat,” kata Yudhi.

Patut diketahui, Tugu Mayangkara merupakan ikon di Satuan yang ada di wilayah Kabupaten Mojokerto yakni Yonif Para Raider 503/Mayangkara, yang berkedudukan atau Bermarkas di Mojosari Mojokerto Jawa Timur.

“Kata Mayangkara diabadikan sebagai nama satuan yang berada di Mojokerto, yang dulunya bernama Batalyon Infanteri Lintas Udara 503/Mayangkara,” jelasnya.

Share :

Baca Juga

COVID-19

Tiga Tersangka Pengambilan Jenazah Corona di Tuban Hanya Dikenai Wajib Lapor

Nasional

Gus Jazil Usulkan UU ITE Dirombak Total, Transaksi dan Informasi Elektronik Dipisah

Tuban

Yuk Ikut! UPT BLK Tuban Gelar Pelatihan Kerja Sebulan Penuh
Ketua Dewan Pers memberi sambutan pada Konvensi Nasional Media Masa "Pers Nasional Bangkit dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 & Tekanan Disrupsi Digital", pada sesi pertama, Senin (8/2).

Nasional

Tiga Pesan Penting M. Nuh Untuk Insan Pers Indonesia

COVID-19

Tekan Angka Positif Covid-19, Bupati Tuban Terbitkan Edaran Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Lamongan

Gubernur Jatim Minta Bupati Yuhronur Maksimalkan Tenun Ikat Lamongan.
Koordinator Pusat DEMA PTKIN se-Indonesia, Onky Fachrur Rozie berfoto bersama para tamu saat Rakorwil DEMA PTKIN se-Indonesia.

Nasional

DEMA PTKIN Se-Indonesia Komitmen Kuatkan Pendidikan Moderasi Beragama
Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih yang bertempat di Grand Javanilla, Tuban.

Pilkada 2020

KPU Tuban Tetapkan Lindra-Riyadi Jadi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih